6 Sikap Untuk Menunjukkan Rasa Khawatir Ke Pacar, Tanpa Harus Mengekang atau Melarang

Posted on


Perhatian memang diperlukan dalam sebuah hubungan. Bukan hanya perhatian secara fisik, seperti pelukan atau bergandengan tangan. Tapi juga perhatian ke psikis pasangan. Seperti rasa khawatir jika pacar tidak sedang dalam dekapan. Namun rasa khawatir yang berlebihan membuat seseorang jauh dari kata perhatian. Sebab rasa khawatir yang berlebih akan cenderung mengekang pasangan, hingga buatnya tak bebas bergerak. Padahal kekangan belum pasti menyudahi rasa khawatir, bisa jadi justru  membesar karena pacar diam-diam melakukan sesuatu di belakangmu.

Untukmu yang mengatasnamakan khawatir ke pacar, coba diresapi baik-baik, apakah kekangan itu justru tak menghancurkan hubungan pelan-pelan? Daripada nanti pacar tak tahan dan pergi meninggalkan, lebih baik ganti kekangan tersebut dengan hal-hal ini. Rasa khawatir bisa tersampaikan, pacar juga lebih bebas dalam melakukan kegiatan.

1. Ganti kata ‘Jangan’ dengan kalimat yang lebih nyaman didengar. Sebab ‘Jangan’ cenderung membuat pacar merasa dikendalikan

Pacarmu bukan boneka via www.unsplash.com

Tipikal orang sini adalah makin dilarang makin bikin penasaran. Hingga akhirnya banyak membuat orang jadi punya jiwa pemberontak. Hal ini nggak hanya berlaku untuk anak kecil yang dilarang main hujan-hujanan tapi juga sikapmu pada pacar. Saat kamu tak suka melihatnya lembur melulu, keluarkah kata jangan dari mulutmu. Kamu bahkan sampai tak mau lagi membalas pesannya kalau sampai dia coba-coba pergi lembur lagi.

Kata jangan yang keluar itu pelan-pelan akan mengendap di pikirannya. Dia akan memberontak dan merasa seperti boneka. Belum jadi apa-apa kok udah berani mengatur segala, mungkin inilah yang akan keluar jadi mulutnya kalau kamu tak lekas mengubah kebiasaanmu itu. Ada banyak tutur kata yang lebih enak didengar selain jangan. Misalnya kalau kamu tak mau dia lembur, katakan saja, kalau target bulan ini udah tercapai, lemburnya stop dulu ya. Kamu nggak kangen pacaran sama aku apa?

2. Daripada melarang ada baiknya kamu ikut dia sekalian. Biar kamu paham apa yang sebenarnya dia lakukan

Ikutan aja sekalian via www.unsplash.com

Karena saking cintanya, kamu jadi dikit-dikit merasa khawatir dengannya. Pacar mau dinas luar, kamu heboh karena nanti tak bisa ketemuan. Pacar meeting sama klien, kamu khawatir dia akan curi-curi pandang. Akhirnya kamu justru melarangnya melakukan banyak hal. Kalau pun kamu tak bisa mengendalikan rasa khawatirmu, coba sesekali ikut pacar melakukan kegiatannya. Bukannya bermaksud memecah konsentrasinya, tapi agar kamu paham apa yang sebenarnya dia lakukan saja. Daripada hanya paranoid dan mengekang kan lebih baik ikutan sekalian.

3. Kalau takut sesuatu terjadi, kamu bisa sesekali menghubungi di sela-sela kegiatannya. Bukan malah melarang dia pergi

Sesekali aja, tak perlu sering-sering juga via www.unsplash.com

Rasa khawatir sebenarnya bisa reda kalau sudah mendengar kabar. Mungkin inilah cara yang mulai sekarang perlu kamu terapkan. Kamu bisa melepas pacar melakukan kegiatan di luar, lalu sesekali menghubunginya saat rasa khawatir mulai muncul. Meski di awal akan sedikit repot karena harus nelepon-nelepon pacar, tapi pelan-pelan kamu akan terbiasa. Kamu juga tak akan jadi sosok pengekang pacar yang hanya bisa melarang.

4. Zaman makin berkembang. Kalau takut khawatir, ada media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk tahu bagaimana kabarnya

Cek di media sosial juga bisa via www.unsplash.com

Selain langsung menelepon pacar, ada satu lagi cara sederhana pengganti mengekang. Kamu bisa turn on notifications pada setiap media sosial yang pacarmu sering gunakan. Bukannya menyarankanmu untuk menjadi stalker, tapi ada kalanya memantau pacar lewat media sosial merupakan cara ampuh untuk meredakan rasa khawatir. Daripada sejak awal dilarang-larang dan menimbulkan pertengkaran, kenapa nggak diperbolehkan dia berkegiatan? Toh zaman udah makin berkembang, gerak geriknya selalu bisa dilihat dari media sosial.

5. Minta tolong ke teman dekat pacar untuk menjaganya juga bisa jadi alternatif. Daripada dilarang dan berakhir marahan

Nitip jagain ya via www.unsplash.com

Sob, nitip pacar gue ya. Telepon kalau ada apa-apa

Inilah salah satu manfaat mengenal lingkungan pertemanan pacar. Kamu jadi bisa minta tolong saat pacar berada di luar jangkauan. Daripada mengekang pacar hanya karena kamu khawatir, lebih baik minta tolong teman-teman terdekatnya untuk jagain. Namun satu hal yang harus kamu perhatikan, pilihlah teman yang benar-benar kamu percaya. Kalau sampai temannya justru bersekongkol buat membantu pacarmu ‘kabur’ darimu kan malah bahaya.

6. Sebab rasa khawatir tak harus ditunjukkan dalam bentuk kekangan. Kamu bisa menunjukkannya dengan mengingatkannya tentang sesuatu

Ngingetin makan, misalnya via www.unsplash.com

Rasa khawatir memang tak harus ditunjukkan dengan kekangan. Justru dengan mengekang, kamu berpotensi akan ditinggalkan. Sebab siapa sih yang mau pacaran tapi malah dibatasi ruang geraknya? Apalagi gaya pacaran zaman sekarang banyak yang mengamini ungkapan cinta yang produktif itu tidak posesif. Kalau maunya mengekang, ya harus siap hubungannya bubar jalan. Daripada mengekang, rasa khawatir bisa disampaikan dengan cara yang lebih halus dan buat pacar nyaman. Seperti mengingatkannya akan sesuatu, seperti udah makan?Waktu makan siang 10 menit lagi udahan lho~

Sebab khawatir dengan pacar itu manusiawi. Tapi kalau berlebihan dan jatuhnya mengekang gini, justru bikin hubunganmu nggak nyaman. Pacar bisa tumbuh menjadi seseorang yang takut padamu atau malah memberontak dan ingin lepas denganmu. Katanya cinta sama pacar, tapi kok malah dilarang-larang?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya