6 Tips Untuk Mulai Karier Jadi Travel Blogger. Ternyata Simpel

Posted on


Travel blogger merupakan salah satu profesi yang bikin iri banyak orang. Sudah jalan-jalan terus, terkenal pula. Mereka juga menginspirasi orang-orang melalui cerita perjalanannya. Siapa sih yang nggak pengen bisa seperti mereka?

Namun ternyata jadi travel blogger nggak semudah yang ada di bayanganmu. Sebelum kamu sahih menjadi seorang travel blogger, ada tahapan-tahapan yang perlu kamu lalui terlebih dahulu. Meski kedengarannya ribet, sebenarnya cara mereka sampai berhasil jalan-jalan melulu sambil bercerita ini simpel, lho. Asal tahu triknya, sih. Nah, kalau kamu pengen juga jadi travel blogger, lakukan tips-tips gampang berikut ini, yuk!

1. Terapkan aturan traveling produktif. Sekali jalan-jalan, ambil footage sebanyak-banyaknya buat bahan posting-an

ambil footage sebanyak-banyaknya via unsplash.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi travel blogger yaitu rajin ambil footage sebanyak-banyaknya. Karena masih awal, kamu belum tentu bisa jalan-jalan sesering para travel blogger ternama. Karena itu footage sangat penting biar kamu tetap bisa sesuka hati unggah cerita perjalanan ke blog maupun media sosial (medsos). Sebisa mungkin ambil beberapa angle untuk satu object. Selain itu, explore lagi detail-detail yang ada di tempat wisata yang kamu datangi, siapa tahu ada spot foto unik yang bisa kamu jepret. Biar saat kamu sedang berhalangan jalan-jalan, paling tidak kamu tetap bisa eksis dengan posting-an berupa video atau foto-foto keren.

2. Tampilkan satu ciri khas di tiap posting-an medsosmu. Biar orang ngeh kalau itu adalah gayamu

unik dengan pose hand stand, misalnya… via www.pexels.com

Di era serba digital kayak sekarang, profesi sebagai travel blogger banyak yang mengincar. Untuk itu, kamu harus punya ciri khas sendiri agar kamu cepat dikenal sama banyak orang. Semisal unggah posting-an di medsos dengan tone warna gambar tertentu. Atau kamu juga bisa punya ciri sendiri kayak tiap foto pakai gaya handstand atau punya angle tertentu. Siapa pun yang lihat fotonya, mereka pasti ngeh kalau itu kamu tanpa perlu lihat nama akunnya.

3. Bikin hashtag sendiri untuk tiap unggahanmu. Jadikan semacam campaign personal buat promoin akunmu

gunakan hashtag tertentu via unsplash.com

Bukan cuma soal foto atau video, kamu juga perlu bikin hashtag sendiri pada tiap posting-an. Tapi sebelumnya, kamu harus kepoin hashtag para travel blogger sebelumnya supaya ada referensi baru. Jadi, nggak ngikutin mereka atau hashtag-nya samaan. Lumayan, lho, jadi semacam campaign personal yang bisa promoin akunmu juga. Kalau sudah begini dijamin follower-mu bertambah dengan cepat.

4. In line dengan poin kedua, maksimalkan posting-an medsosmu dengan cerita yang engaging dan ngena!

buat cerita dan caption yang ngena via unsplash.com

Travel blogger itu juga dilihat dari cerita yang dituliskan pada setiap unggahannya. Buatlah cerita perjalanan dari liburanmu dengan versi yang engaging dan ngena. Yang penting nggak perlu dilebih-lebihkan atau ditambahkan sampai bohong segala. Kamu bisa tuliskan pengalaman unik, lucu atau menegangkan kalau memang selama perjalanan kamu mengalaminya. Semisal pengalaman berbincang dengan Ibu-Ibu saat kamu duduk dalam kereta atau mungkin pengalaman bertemu dan menyapa penduduk lokal saat kamu sedang berwisata.

5. Jangan ragu mengikuti kuis yang berhadiah tiket perjalanan. Kalau menang kan lumayan~

ikut kuis berhadiah tiket perjalanan via unsplash.com

Namanya juga masih pemula, kamu harus pintar-pintar cari kesempatan jalan-jalan gratis. Kalau nggak semuanya dibiayai, paling tidak tiket atau penginapannya lumayan kalau berhasil kamu menangkan. Untuk itu, coba dari sekarang ikutan kuis yang berhadiah tiket perjalanan atau diskon menginap di hotel. Kalau menang, kamu jadi punya banyak konten untuk mengisi blog dan medsos kamu.

Semisal ikutan MLDSPOT Content Hunt 2 yang memberi kamu kesempatan untuk bisa traveling ke Raja Ampat. MLDSPOT Content Hunt 2 ini merupakan sebuah ajang mengapresiasi karya-karya anak bangsa yang bisa menginpirasi banyak orang. Yuk ikutan, siapa tahu kamu menang dan dapat hadiah jalan-jalan! Ke Raja Ampat, lho… Yakin nggak pengen tuh? Hehe

6. Jangan malas ngobrol dengan masyarakat setempat. Informasi dari mereka bisa kamu sulap jadi konten yang menarik!

Jangan diem-diem bae. Yuk berinteraksi dengan warga lokal~ via pixabay.com

Perjalanan jauh kadang bikin mood kamu jelek untuk mengeksplor tempat liburan. Tapi Selelah atau semalas apapun kamu saat jalan-jalan, usahakan tetap berinteraksi dengan masyarakat setempat. Karena melalui merekalah kamu punya cerita dan informasi baru – yang bahkan di Internet saja belum tentu ada. Kalau kamu punya informasi unik dari penduduk setempat, kan bisa kamu jadikan konten biar unggahanmu semakin menarik dan beda dari kebanyakan travel blogger lainnya. Keren nggak tuh?

Jadi travel blogger memang menyenangkan. Untuk memulainya, kamu bisa coba ikutan kuis seperti MLDSPOT Content Hunt 2. Caranya gampang banget, tinggal upload minimal 2 foto atau video tentang sesuatu yang menurutmu sangat menginspirasi, dan buat caption yang menarik nan inspiratif. Objeknya bisa saja seperti sosok yang menginspirasi (#inspiringpeople), tempat yang menginspirasi (#inspiringplaces), barang yang menginspirasi (#inspiringproducts), ataupun komunitas yang menginspirasi (#inspiringcommunities).

Tambahkan pula hashtag #MLDSPOTContentHunt dan men-tag akun @MLDSPOT pada unggahanmu! Nantinya, posting-anmu bakal diseleksi oleh orang-orang sukses seperti William Utomo, Didi Diarsa, Marchella FP dan Marischka Prudence lho.

Oh iya, batas terakhir submission-nya Juni ini lho. Cepet ikutan gih! Siapa tahu kamu menang dan bisa jalan-jalan ke Raja Ampat gratis~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya