7 Hidangan otentik Sulawesi terlezat, bisa kamu nikmati di resto ini

Posted on

Brilio.net – Indonesia tak hanya kaya dengan destinasi dan budayanya saja. Tapi juga keberagaman kuliner dari setiap daerah yang memiliki keunikan tersendiri.

Berada di daerah yang dikelilingi oleh lautan, tentu hasil terbesar kekayaan alamnya adalah ikan dan makanan laut lainnya. Salah satu daerah yang memiliki keberagaman olahan makanan laut adalah Sulawesi Selatan, Makassar.

Meski banyak daerah yang juga memiliki makanan laut, namun Sulawesi memiliki keunikan. Tak perlu jauh-jauh untuk mencicipi menu hidangan laut khas Makassar, karena ada sebuah restoran di Jakarta, Restoran Makassar yang menyajikan makanan otentik khas Sulawesi.

Lantas apa saja yang menu favoritnya, berikut penjelasannya.

1. Ikan Rica Parape.

Menggunakan ikan sikang yang langsung diterbangkan dari laut Sulawesi, ikan ini disajikan dengan dua sambal, yaitu sambal parape dan sambal rica-rica. Sebenernya, pengunjung bisa memilih ikan ini disajikan dengan dua sambal atau tidak, namun untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda dengan perpaduan dua sambal, kebanyakan pengunjung restoran memiliki ikan sikang ini disajikan dengan dua sambal.

BACA Juga :   6 Alasan kenapa Gili Trawangan lebih diminati wisatawan ketimbang Bali

Tim brilio pun berkesempatan untuk mencicipi menu ini. Kalau biasanya ikan laut terasa sekali amisnya, berbeda dengan ikan ini. Ikan sikang ini rasanya cenderung gurih karena sebelum dibakar dilumuri menggunakan jeruk nipis. Rasa sambalnya sendiri menyatu menjadi pedas manis, pedas dari sambal rica dan manis dari sambal parapenya.

 

2. Ikan Bakar Kaneke Bakar Tradisonal

Kalau kita memesan ikan bakar satu ini memang terlihat biasa saja, karena disajikan hanya ikan bakar biasa dengan diberikan pilihan tiga sambal. Namun ketika mencicipi, rasanya sungguh luar biasa. Gurih dan tanpa ada rasa anyir sama sekali.

Menurut salah satu juru masak di restoran ini, Chef Yadi, ikan kaneke ini memang memiliki keunikan karena tidak memiliki bau dan rasa anyir sama sekali. Tim Brilio pun membuktikan dan benar saja, rasanya gurih dan tidak ada rasa anyir.

BACA Juga :   Jejak karier Hamzah Mamba Abu Tours, dari gemilang jadi pesakitan

Ikan kaneke ini disajikan dengan tiga sambal. Sambal dabu-dabu, sambal mangga camangi dan petis pedas, semua bisa dinikmati sesuai selera pengunjung.

Rupanya, kunci kelezatan ikan kaneke yang hanya dibakar dengan arang ini juga karena sebelumnya dilumuri dengan jeruk nipis dan dibakar menggunakan batok kelapa.

“Kita pakai batok kelapa agar lebih wangi dan dagingnya lebih lembut,” katanya saat ditemui media, Sabtu di Resturan [email protected], Minggu (25/3).

3. Tumis Bunga Pepaya

Tumis bunga pepaya juga jadi menu favorit di restoran ini. Menggunakan rempah-rempah pilihan, menu ini terasa sangat lezat. Uniknya, kalau biasanya olahan bunga pepaya terasa pahit, kali ini sama sekali tidak. Ada beberapa teknik rahasia yang dilakukan restoran ini sehingga menu ini sangat lezat dinikmati tanpa ada cita rasa pahit.