7+ Kalimat yang Nggak Akan Pernah Diucapkan Cewek Super Masa Kini. Apa Kamu Juga Begini?

Posted on


Tanda cewek super masa kini

Sebagai pahlawan Indonesia, mungkin R.A. Kartini nggak langsung memanggul senjata dan bertempur di medan perang. Namun dari pikirannya yang kritis dan penanya yang tajam, R.A. Kartini bisa menginspirasi jutaan perempuan Indonesia, untuk lepas dari segala sesuatu yang membuat kita bilang “nggak bisa”.

Saat kamu sekolah dulu, perayaan Hari Kartini mungkin ditandai dengan kostum kebaya dan rambut bersanggul. Di era modern, “Menjadi Kartini” nggak harus mengenakan kebaya dan bersanggul. Sebab yang lebih penting adalah pola pikir dan sikap keseharian. Kamu pun bisa menjadi perempuan kuat dan super seperti Kartini, asalkan kalimat-kalimat yang akan Hoopsbyjudy dan Fair & Lovely bahas kali ini, nggak pernah kamu ucapkan dalam menghadapi tantangan sehari-hari. Yuk disimak!

1. Sekali kamu bilang “nggak mungkin”, maka kamu sudah membatasi dirimu sendiri. Yuk buang jauh-jauh kalimat itu dari hidupmu

Prinsip pertama yang harus dipegang oleh cewek super masa kini adalah menganggap segalanya mungkin. Seperti kata lagu Westlife, “nothing is impossible”. Dengan begitu, sedikit rintangan nggak akan menyurutkan perjuangan.

2. Belajarlah dari sosok Kirana, yang sejak kecil sudah bisa mencintai dirinya sendiri dengan mengatakan “I love myself”

Mencintai diri sendiri adalah koentji. Karena dengan prinsip seperti ini, kamu sudah memberi jalan bagi dirimu untuk menemukan banyak potensi, dan melawan keras dominasi dari luar yang merugikan diri sendiri.

3. PMS memang terkadang sangat merepotkan. Tapi jangan jadikan itu excuse untuk bermalas-malasan

Kita sudah tahu bahwa PMS memang cukup merepotkan. Terkadang bikin emosi tak stabil dan malas ngapa-ngapain. Namun bagi cewek super, hal ini nggak diperbolehkan untuk menghalangi ruang gerak. PMS bukan masalah!

4. Sesempit apa pun ruang gerak, selalu ada pilihan yang kamu ambil. Keputusanmu adalah hakmu sendiri

Bahkan untuk menyerah atau bertahan dalam perjuangan itu juga pilihan. Semuanya situasi dan kesulitan, tergantung bagaimana kita menyikapinya ‘kan? Karena bagi cewek super “nggak ada yang nggak mungkin”, maka setiap situasi juga menawarkan beragam pilihan.

5. Sesama cewek tentu nggak perlu saling menjatuhkan. Justru setiap kesuksesan orang lain bisa dijadikan cambuk lecutan

Seorang cewek super akan berjuang memperoleh kesuksesannya sendiri, tanpa perlu menjatuhkan kesuksesan orang lain. Daripada nyinyir soal kesuksesan orang lain, mereka lebih suka introspeksi diri. Apa iya perjuangannya sudah maksimal?

Karena bagi cewek super, sesama cewek harus saling mendukung. Kalau ada yang sukses, harusnya jangan disinisin, tapi justru dijadikan inspirasi. Sama seperti Fair & Lovely, yang selalu berada di garis depan untuk mendukung langkah cewek-cewek super seperti kamu.

6. Kamu bukannya “nggak tahu”, tapi “belum tahu”. Setiap kesulitan pasti ada jalan keluar pemecahannya

Alih-alih bilang “Aku nggak tahu caranya”, cewek super akan langsung to the point bertanya “Gimana caranya?”. Karena maknanya pun berbeda. Kalimat pertama menandakan kondisi mutlak yang nggak bisa diapa-apain lagi, sementara kalimat kedua menandakan semangat untuk belajar dan jadi bisa!

7. Berhentilah menjadikan dirimu dalam standar orang lain. Ciptakan definisi suksesmu sendiri yuk~

Memang, merasa iri dengan kesuksesan orang lain adalah hal manusiawi. Kadang tanpa sadar kita pun menginginkan apa yang diraih orang lain. Namun seorang cewek super nggak akan begitu, karena dia nggak ingin menjadi “orang lain”. Dia punya definisi sukses sendiri, dan alih-alih menyesali kegagalan, dia menempuh cara lain untuk meraihnya.

8. Belajar mengabaikan omongan orang wajib hukumnya. Kecuali kalau kamu ingin jalan di tempat karena ragu dan tak maju-maju

Terlalu terpaku pada kata orang adalah salah satu ganjalan untuk meraih kesuksesan. Padahal hidupmu itu bukan orang lain yang tentukan, melainkan dirimu sendiri. Bukannya harus mengabaikan semua pendapat orang. Tapi perlu dipilah, mana yang membangun dan mana yang menjatuhkan.

9. Kamu memang harus minta maaf kalau bersalah. Namun minta maaf untuk segala hal yang bahkan nggak kamu lakukan malah akan jadi bumerang

Lho, apa salahnya minta maaf? Mungkin begitu kamu langsung bertanya. Minta maaf jelas perlu, terutama bila kita memang bersalah. Namun minta maaf atas segala sesuatu, yang bahkan bukan salah kita, itu merugikanmu sendiri. Menempatkan kata “maaf” dengan tepat, juga merupakan bentuk penghargaan terhadap diri sendiri.

10. Keyakinan adalah kunci utama dalam kesuksesan. Meragukan diri sendiri hanya membuat kita melangkah cepat tapi ke belakang

Terakhir dan yang terpenting, cewek super masa kini nggak akan membatasi dirinya sendiri dengan hukum “tapi aku kan cewek!”. Karena baginya, perbedaan gender nggak memengaruhi kemampuannya. Dia tetap bisa melakukan banyak hal sehebat kaum adam.

Memang menjadi seorang cewek kadang kita menghadapi banyak batasan-batasan. Baik yang berbentuk fisik seperti PMS, atau pun pandangan masyarakat yang sering kali mengkotak-kotakkan. Kamu juga pasti mempunyai “Kartini Figure” kamu sendiri, sosok yang bisa membuatmu terpacu untuk berusaha lebih keras lagi.

Bersamaan dengan Hari Kartini tanggal 21 April ini, Fair & Lovely mengajak kamu untuk mengapresiasi perempuan-perempuan Indonesia yang telah sukses melampaui segala keterbatasan dan menjadi sosok inspiratif bagi orang lain. Karena Fair & Lovely percaya, bahwa setiap orang bisa menjadi sosok Kartini, yang melawan segala tantangan dan berjuang untuk menggapai mimpinya. Caranya gimana? Yuk cek di sini untuk lebih lengkapnya!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk ikut juga ya! Supaya sosok #KartinikuInspirasiku semakin bersemangat dalam meneruskan perjuangannya dan menginspirasi semakin banyak orang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya