7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Usia Hidup Lebih Panjang, Mulai dari Hal-Hal Kecil

Posted on


Setiap manusia punya kebiasaan yang pasti berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan ini terjadi tanpa disengaja karena dilakukan mengikuti alam bawah sadar. Umumnya, apa yang kamu gemari akan menjadi sebuah rutinitas. Oleh karena itu, kalau kegiatan yang kamu lakukan setiap hari merupakan suatu perbuatan positif, maka hidupmu akan berlangsung baik juga.

Kebiasaan bangun pagi dan punya jam tidur yang cukup setiap hari dianggap positif karena dapat menunjang kesehatan. Selain tubuh yang lebih segar dan sehat, ada banyak aktivitas yang sudah bisa dilakukan. Dengan begitu, dirimu menjadi lebih produktif dari sebelumnya. Lalu, apa saja kebiasaan yang ternyata baik untuk tubuh dan membuat hidupmu menjadi lebih lama?

1. Miliki jam tidur yang cukup agar terhindar dari stres, sehingga otak tidak merasa berat

miliki jam tidur yang cukup via unsplash.com

Sebagai seseorang yang beraktivitas setiap hari, punya jam tidur yang cukup sangat penting bagi keberlangsungan hidup. Dengan rutinitasi membiasakan diri tidur dan bangun tepat waktu, maka kesehatan akan terjaga. Selain itu, segala macam kegiatan yang dilakukan juga berjalan lancar karena ditunjang dengan kondisi tubuh yang sehat. Apalagi punya jam tidur yang cukup bisa turut menjernihkan pikiran, sehingga kinerja otak tidak berat. Tubuh sehat, stres pun terhindarkan.

2. Main di tanah itu ternyata bikin kekebalan tubuh meningkat. Wah, kotor yang bermanfaat ya

main di tanah via unsplash.com

Ternyata, kebiasaan anak-anak main di tanah itu berpengaruh positif terhadap kesehatan. Cara bermain mereka dengan mengotori kaki dan tangan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang terpapar bakteri, virus, dan mikroba lainnya yang ada di tanah menurut penelitian memang bisa membangun kekebalan. Namun, bukan berarti kamu harus kotor-kotoran melulu karena sebaiknya tetap ada keseimbangan. Jadi nggak cuma bekerja di dalam ruangan terus, tapi juga sesekali menikmati santai sore sambil menunggu senja di halaman rumah saat weekend atau bermain di taman menemani ponakan.

3. Berjalan tanpa alas kaki di luar rumah itu bukan berarti kamu nggak waras. Hal satu ini punya manfaat yang bagus bagi kesehatan

berjalan tanpa alas kaki di atas ruput via dreamlandia.com

Selain bermain di tanah, kebiasaan lainnya yang bagus bagi kesehatan dan berkaitan dengan alam yaitu berjalan tanpa alas kaki. Hal ini bisa kamu lakukan di luar rumah, semisal saat akhir pekan berjalan-jalan di taman yang ada rumputnya di pagi dan sore hari. Kakimu dapat langsung menyentuh rumput, sehingga memungkinkan kamu untuk menyerap elektron bumi yang dapat membantu bagi kesehatan. Beberapa di antaranya pengurangan stres, tidur yang lebih baik, dan mengurangi rasa sakit.

4. Kamu bisa mulai coba makan ganggang karena merupakan makanan paling kuat di bumi

agar-agar terbuat dari ganggang via www.youtube.com

Kebiasaan lain yang membuat hidup lebih lama yaitu makan ganggang. Makanan kuno yang dianggap sebagai salah satu yang paling kuat di bumi ini mengandung lebih dari 40 vitamin dan mineral, termasuk semua asam amino dan antioksidan kuat. Ganggang juga mengandung klorofil yang dapat mengikat racun dalam tubuh dan menghilangkannya melalui buang air besar.

5. Menggigiti kuku katanya nggak baik, padahal bermanfaat juga untuk kesehatan

mengigiti kuku via www.huffingtonpost.com

Ketika sedang bosan atau nggak ada kesibukan, kamu kerap menggigiti kuku. Kata orang sih kebiasaan ini nggak baik karena kuku mengandung banyak kuman di dalamnya. Padahal, kuman yang ada di kuku itu bisa membantu kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan tangan sudah terlalu sering dicuci dengan sabun pembersih, sehingga bakteri jahat maupun baik akan hilang. Seperti yang dijelaskan tentang bermain di tanah tadi, maka keberadaan bakteri yang ada di kuku pun bisa bermanfaat bagi kesehatan karena membantu sistem kekebalan tubuh.

6. Ketika sedang beraktivitas dan mata terasa sangat mengantuk, silahkan tidur sebentar saja sekitar 18-26 menit

sempatkan tidur sekitar 18-26 menit via www.glamour.com

Kata siapa saat sedang beraktivitas kamu dilarang tidur sejenak? Mengambil kesempatan tidur sebentar saat sedang bekerja sah-sah saja. Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau tidur siang sekitar 18 hingga 26 menit akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Meski tidurnya singkat, tapi dapat meningkatkan keseluruhan kinerja, kewaspadaan, dan suasana hatimu. Kamu bisa coba tidur di kursi atau meja saat istirahat, lalu rasakan tubuh yang kembali segar setelahnya.

7. Minum air lemon hangat. Bukan cuma segar, tapi bikin sehat

minum air lemon hangat via babyologist.com

Selain air mineral, kamu perlu minum air lemon hangat setelah bangun tidur. Minuman ini bisa membantu mengurangi peradangan dan hati agar lebih sehat. Minum air lemon nggak hanya membuatmu terhindar dari dehidrasi, tapi kandungan vitamin C yang tinggi bisa juga sebagai antioksidan utama yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Dengan begitu, minum air lemon hangat bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan menurunkan tekanan darah.

Memiliki kebiasaan sehari-hari yang baik memang dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup. Nggak cuma dengan makan teratur, rutin berolahraga, dan sesekali bersantai sejenak untuk mengurangi stres, tapi kamu juga perlu punya jam tidur yang cukup. Dengan demikian, hidupmu menjadi lebih lama.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya