7 Kuliner olahan kentang dari berbagai negara, ada favoritmu?

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Selain nasi, salah satu makanan berkarbohidrat tinggi lainnya yang sering dijadikan sebagai makanan pokok adalah kentang. Meski bukan menjadi makanan pokok yang biasa disantap masyarakat Indonesia, kentang termasuk jenis makanan yang digemari banyak orang di Indonesia.

Kentang sendiri masuk ke dalam kategori umbi-umbian yang berasal dari tanaman herba dengan nama ilmiah Solanum tuberosum L. Kentang sebenarnya berasal dari Amerika Selatan namun tanamannya dibawa dan dikembangbiakkan di Eropa oleh para penjajah Spanyol serta Portugis.

Bukan hanya mengandung karbohidrat, kentang juga dikenal sebagai makanan yang sangat bernutrisi. Hal ini karena kentang juga mengandung vitamin A, B-kompleks, C, asam folat, protein, mineral, polifenol dan masih banyak lagi.

Jika di Indonesia kentang lebih banyak diolah menjadi salah satu bahan pelengkap dalam suatu hidangan, maka berbeda halnya dengan di luar negeri yang menjadikan kentang sebagai bahan utama sajiannya. Nah berikut 7 ragam kuliner olahan kentang dari berbagai negara di dunia yang Hoopsbyjudy lansir dari berbagai sumber, Senin (23/4).

1. Croquettes.

foto: taste.com.au

Namanya memang sedikit asing ya tapi kalau melihat bentuknya kamu pasti sudah nggak asing lagi dong sama makanan yang satu ini. Ya, croquettes adalah sebutan lain dari hidangan kroket. Kroket sendiri merupakan olahan kentang khas Belanda yang terbuat dari kentang yang sudah dihaluskan lalu diberi bumbu seperti merica, garam dan pala. Lalu dicampur bersama kuning telur dan diisi dengan wortel, buncis serta daging ayam cincang. Kemudian dicelup dalam telur dan digulingkan dalam taburan tepung panir, lalu digoreng hingga matang.

 

2. Mash potato.

foto: foodnetwork.com

Kuliner yang stau ini kerap ditemukan sebagai hidangan pelengkap pada menu-menu khas Eropa. Mash potato atau kentang tumbuk sendiri merupakan olahan kentang yang berasal dari Inggris. Pertama kali diperkenalkan oleh Hannah Glasse, seorang penulis buku masakan dalam buku resep miliknya yang berjudul The Art of Cookery pada tahun 1747. Mash potato terbuat dari kentang yang sudah direbus dan ditumbuk halus kemudian diberi krim juga mentega sehingga menciptakan tekstur yang lebih creamy.

3. Gnocchi.

foto: drweil.com

Kuliner dari olahan kentang lainnya berasal dari Italia yang terkenal akan pastanya. Gnocchi sendiri merupakan jenis pasta yang terbuat dari kentang rebus yang sudah dihaluskan dan diberi campuran tepung dan telur lalu dibentuk bulat kecil. Setelah itu direbus selama 3-5 menit dalam air yang sudah diberi garam. Sama seperti pasta lainnya, gnicchi juga dapat disantap menggunakan berbagai macam saus pasta mulai dari bolognaise hingga pesto.

 

4. Roschti.

foto: taste.com.au

Jika dari Italia ada pasta dari kentang, kali ini ada pancake dari kentang yang berasal dari negara Swiss. Biasanya roschti dinikmati bersama dengan sour cream atau mustard dan saus sambal. Roschti sendiri terbuat dari kentang yang dipotong tipis-tipis panjang lalu dimasukkan dalam adonan mentega dan susu yang sudah diberi garam dan mentega. Kemudian didiamkan dulu agar adonan menyerap pada kentang, baru digoreng hingga matang.

 

5. Pierogi.

foto: kraftrecipes.com

Mungkin kamu sudah pernah mencicipi dumpling ala China, tapi kalau dumpling dari Polandia kamu pernah mencobanya belum? Ya, pierogi ini merupakan dumpling ala Polandia yang berisi potongan kentang dan dicampur dengan cottage cheese, bawang bombay, minyak zaitun serta garam. Lalu dibentuk seperti pastel dan direbus atau digoreng. Selain kentang, isian pierogi juga dapat ditambah dengan daging cincang dan jamur.

 

6. Potato Gratin.

foto: fifteenspatulas.com

Masih dari negara Eropa, kali ini olahan kentang lainnya adalah potato gratin yang berasal dari Perancis. Hidangan yang biasa disajikan untuk perayaan Natal ini dibuat dari potongan kentang yang direbus setengah matang lalu disusun di atas loyang dan kemudian disiram dengan campuran krim, telurm keju parmesan, bawang putihm merica juga bubuk pala. Lalu dipanggang dalam oven selama 45 menit hingga matang.

 

7. Perkedel.

foto: dapurkobe.co.id

Nah yang ini pasti sudah tahu banget dong. Ya, perkedel yang berasal dari Indonesia ini sebenarnya makanan yang diadaptasi dari Belanda, yaitu frikadel. Perkedel terbuat dari potongan kentang yang sudah digoreng atau dikukus terlebih dahulu baru kemudian dihaluskan dan diberi bumbu rempah-rempah. Lalu dibentuk pipi dan dicelup dalam telur, setelah itu baru digoreng hingga matang.

RECOMMENDED