7 Makanan Pembuka Puasa dari Belahan Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on


Featured Image

Hey guys, kamu buka puasa hari ini? Bicara soal buka puasa erat kaitannya dengan kegiatan ngabuburit yang mana merupakan waktu berburu menu makanan sambil ngobrol atau jalan-jalan santai. Biasanya menu buka puasa orang Indonesia adalah kolak, bisa kolak pisang maupun ubi. Kurma juga menjadi menu buka puasa yang biasa dikonsumsi masyarakat dunia. Buah asal Arab ini merupakan makanan pembuka favorit Nabi Muhammad SAW, maka semua umat muslim mengikuti kebiasaan beliau makan kurma saat buka puasa.

FYI, bahwa dari belahan dunia ada beragam menu buka puasa yang menjadi primadona di setiap negara. Menu pembuka ini juga bisa dibilang sebagai tradisi warisan leluhur yang terus dibudidayakan hingga saat ini. Pasti kamu pensaran ‘kan apa saja menu buka puasa di berbagai negara selain Indonesia. Yuk, langsung aja kita simak ulasannya bersama Hoopsbyjudy News & Feature berikut ini!

1. Kita agak menyeberang sedikit ke Singapura. Di sana ada nasi Biryani yang porsinya lumayan banyak jika dimakan sendiri

Nasi Briyani ala Singapura via www.hungrygowhere.com

Dilansir dari Hungry Go Where Nasi Briyani ini nggak beda jauh sama nasi kebuli yaitu olahan nasi dengan rempah-rempah kari ditambah dengan potongan daging ayam sebagai pelengkap. Biasanya masyarakat muslim di Singapura melakukan buka bersama di Masjid Sultan daerah Arab Street yang mana pusat warga muslim Singapura.

2. Masih di tanah Asia, masyarakat India biasanya buka puasa dengan menu Hyderabadi Haleem

Hyderabadi Haleem di India via www.viva.co.id

Dilansir dari VIVA Hyderabadi Haleem merupakan sejenis bubur gandum yang memiliki dua variasi rasa yaitu mitthi (manis) dan khari (asin). Hyderabadi Haleem harus dimasak menggunakan tungku karena cita rasa aroma hadir dri cara pembuatannya. Sebagai pelengkap Hyderabadi Haleem dibubuhin suwiran daging domba atau ayam.

3. Dari Pakistan ada samosa yang mana makanan ringan yang selalu hadir saat bulan Ramadan

Samosa cemilan khas Pakistan via www.munatycooking.com

Samosa itu mirip banget sama pastel. Cemilan berbentuk segitiga ini berisi potongan daging cingcang, kentang pedas, bawang bobay cincang, dan kacang-kacangan. Untuk daging sendiri bisa menggunakan daging domba, sapi, atau ayam. Dilansir Royal Nawaab isi samosa bisa divariasi dengan sayuran seperti buncis, salad, dan ketumbar yang disebut dengan Kagazhi Samosa.

4. Berbeda dengan negeri piramida, Mesir, yang punya makanan khas yaitu Ful Medames

Ful Medames menu legendaris Mesir via herbivoracious.com

Orang Mesir sangat suka makanan yang berbahan kacang-kacangan. Setiap bulan Ramadan tiba makan akan mudah di jumpai menu khusus puasa yaitu Ful Medames. Ful Medames merupakan kacang fava tumbuk yang diolah dan disajikan dengan parsie, bawang putih, bawang bombay, perasan jeruk lemon dan potongan telur rebus sebagai penyempurna. Dilansir dari Tempo, Ful Medames sudah ditemukan pada zaman Firaun, lho.

5. Cemilan manis, Sawine, asal Trinidad & Tobago juga termasuk makanan unik saat bulan Ramadan

Sawine makanan pencuci mulut Trinidad &Tobago via cantik.tempo.co

Biasanya olahan bihun disajikan dengan rasa gurih. Berbeda dengan Sawine yang berbahan bihun dengan rasa manis berasal dari kuah susu beserta kacang-kacangan. Ditambah lagi potongan jahe dan kayu manis membuat Sawine makin kaya rasa. Dilansir dari Viva, Sawine jarang ditemui karena total pemeluk agama Islam di sana hanya sekitar 6 persen dari total penduduk.

6. Kembali dengan bahan daging-dagingan, di Persia ada menu buka puasa bernama Fesenjoon

Fesenjoon ala Persia via www.196flavors.com

Dilansir dari 196 Flavors, Fesenjoon adalah makanan berbahan ayam atau bebek yang dibentuk menjadi bola-bola dengan bumbu pedas. Makanan ini akan disajikan dengan nasi dengan sirup delima sebagai penyedap rasa. Biasanya Fesenjoon disajikan saat musim gugur dan pastinya saat bulan Ramadan tiba.

7. Roti Pide ala Turki bakalan membuat selera buka puasa makin besar. Potongan dagingnya bikin Roti Pide makin yummy di lidah

Roti Pide Turki via www.skyscanner.co.id

Pada bulan Ramadan seperti ini biasanya banyak restoran menawarkan paket buka bersama seperti Roti Pide. Roti ini sejenis dengan pizza yang dilengkapi dengan potongan daging lengkap dengan sayuran sebagai toping. Hanya saja cara makannya dibarengi dengan sup.

Nah, guys, itulah beberapa makanan buka puasa dari belahan dunia. Lezat-lezat bukan? Kalau mimin boleh tahu kamu tertarik untuk mencoba menu dari negara mana sih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya