7 Perkara sepele ini tanpa disadari bisa mengurangi pahala puasa

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Bulan suci Ramadan bukan hanya soal menahan lapar dan haus dari waktu imsak hingga adzan maghrib tiba. Lebih dari itu, bulan suci Ramadan juga dimaknai seluruh umat muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebab, di bulan Ramadan segala amal yang dilakukan akan mendapat pahala yang berlipat. Nggak salah deh kalau bulan Ramadan dijadikan umat muslim di seluruh penjuru dunia untuk menabung pahala sebanyak-banyaknya.

Selain makan dan minum yang dapat membatalkan puasa, ada beberapa perkara sepele yang bisa mengurangi pahala berpuasamu lho. Perkara-perkara tersebut dekat banget dengan kehidupan sehari-hari yang tanpa disadari justru bikin pahala berpuasa berkurang.

Apa saja perkara tersebut? Dilansir Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Selasa (22/5), yuk simak tujuh perkara sepele di bawah ini yang bisa mengurangi pahala berpuasa. Jadi harus kuat-kuat tahan iman ya biar pahala puasanya tetap utuh.

1. Bergosip.

Perkara yang satu ini harus kamu hindari selama bulan Ramadan nih. Ya, bergosip atau membicarakan orang lain bisa bikin pahala puasa kamu berkurang bahkan bisa hilang. Gosip atau ghibah termasuk perbuatan yang dilarang oleh Allah dan Nabi Muhammad SAW. Nggak hanya selama bulan Ramadan, bergosip juga sebaiknya tidak dilakukan.

2. Menangis.


Kamu pasti dengar kalau menangis bisa membatalkan puasa? Menangis sama sekali nggak membatalkan puasa apapun sebabnya. Tapi menangis bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala puasa kamu kalau disebabkan karena pertengkaran atau permusuhan yang bikin kamu nggak bisa mengendalikan diri.

Beda lagi halnya ketika kamu menangis karena teringat dosa-dosa atau disebabkan karena membaca ayat Al-quran yang menceritakan tentang siksaan Allah, maka tangisan tersebut nggak menghilangkan pahala.

3. Marah.

Marah termasuk perbuatan yang nggak disukai oleh Allah dan Nabi Muhammad, karena hal tersebut menandakan orang yang nggak bisa menahan hawa nafsunya. Akan tetapi terkadang marah diperbolehkan ketika melihat adanya kemaksiatan di sekitar kamu.

Tapi berbeda jika marah disebabkan hawa nafsu dan diikuti dengan mengucapkan kata-kata kasar maka hal tersebut dapat mengurangi pahala berpuasa. Oleh karena itu, berpuasa juga mengajarkan manusia untuk menahan amarah.

4. Berkata “Aku Lapar.”

Perkara sepele ini sering banget nih dilakukan sama orang-orang yang sedang berpuasa. Ya, berkata “aku lapar” atau “aku haus” bisa mengurangi pahala berpuasa lho. Hal tersebut sama saja dengan mengeluh dan nggak rela menjalankan ibadah puasa, padahal Rasulullah mengajarkan umatnya agar menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas.

5. Melihat lawan jenis dengan hawa nafsu.  

Hawa nafsu nggak cuma sekedar menahan amarah, tapi juga ketika melihat lawan jenis. Melihat lawan jenis dengan syahwat atau hawa nafsu dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan pahala berpuasa lho. Termasuk ketika melihat lawan jenis dalam bentuk gambar atau menonton film.

6. Tidur sepanjang hari.

Tidur memang tergolong ibadah di bulan Ramadan, tapi jangan salah mengartikan jika tidur sepanjang hari bisa menambah pahala dalam berpuasa. Tidur sepanjang hari bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala karena kamu tidak melakukan kegiatan apapun, termasuk beribadah yang wajib dilakukan selama Ramadan, seperti salat dan mengaji.

7. Berbohong.

Berbohong merupakan salah satu perkara yang diharamkan oleh Allah dalam kondisi ataupun tidak. Jika dilakukan saat berpuasa, bohong dengan alasan apapun bisa mengurangi bahkan menghilangkan pahala berpuasa, termasuk ketika memberikan kesaksian palsu.

(brl/guf)