7 Potret haru aksi soldaritas bom Surabaya dari berbagai kota

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Minggu pagi (13/5) kemarin menjadi hari yang menyedihkan bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga kota Surabaya. Pasalnya, ledakan bom terjadi di tiga gereja di Surabaya dengan selang waktu yang tidak jauh berbeda. Ketiga gereja tersebut adalah Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara, Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro 146 dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) di Jalan Arjuna.

Hingga kini pihak kepolisian masih melakukan penyisiran dan menelusuri dalang di balik aksi teror yang telah memakan korban jiwa sedikitnya 13 orang dan puluhan lainnya luka-luka. Para korban kebanyakan sampai saat ini masih dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo.

Peristiwa yang membawa luka bagi bangsa Indonesia ini telah mengundang simpati masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Mereka melakukan aksi solidaritas pada Minggu malam (13/5) kemarin dengan menyalakan lilin sebagai bentuk dukungan dan doa bagi para korban teror bom Surabaya.

Dilansir dari Antara, Senin (14/5), Hoopsbyjudy sudah menghimpun beberapa potret haru aksi solidaritas bom Surabaya dari berbagai kota di Indonesia.

1. Warga Surabaya berkumpul di Tugu Pahlawan dan melakukan aksi lilin kebersamaan Suroboyo Wani untuk mengecam aksi terorisme bom bunuh diri yang terjadi.


2. Tak hanya di Surabaya, masyarakat kota Bandung juga ikut menyalakan lilin dalam aksi 1000 lilin di Lapangan Gasibu, Bandung.


3. Aksi solidaritas ini juga dilakukan di luar pulau Jawa, para warga Batam, Kepulauan Riau ikut menyalakan lilin untuk menolak radikalisme dan terorisme.


4. Di Yogyakarta, aksi solidaritas dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat tidak mengenal perbedaan suku dan agama, semua menyatu mendoakan persatuan juga kesatuan bangsa Indonesia.


5. Masyarakat kota Solo, Jawa Tengah juga ikut melakukan hal yang sama dan berdoa bersama untuk para korban teror bom gereja di Surabaya.


6. Hal yang sama dilakukan sejumlah mahasiswa Kediri yang mengikuti aksi solidaritas di Monumen Simpang Loma Gumul, Kediri, Jawa Timur.


7. Masih dari wilayah yang sama, masyarakat Blitar juga ikut turun melakukan aksi solidaritas dengan menyalakan lilin dan mendoakan keselamatan bangsa Indonesia.

 

 

(brl/lin)