7 Tips ajarkan anak puasa untuk pertama kali, kuat sampai maghrib nih

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Kebiasaan seorang anak adalah meniru apa yang dikerjakan orang-orang dewasa, termasuk berpuasa. Ketika tahu orangtuanya tidak makan dan minum, sang anak pasti penasaran dan akan mencoba mengikuti berpuasa seperti orangtuanya. Tapi mau bagaimanapun, sebagai orangtua nantinya juga pasti akan mengajarkan puasa untuk anaknya.

Nah, mengajarkan berpuasa kepada anak yang baru pertama kali melakukannya memang bukan hal yang mudah. Sering terjadi sang anak mengeluh merasa haus dan lapar di tengah-tengah puasanya. Jika dipaksa, tentu akan berbahaya dan ada kecenderungan sang anak untuk membandel dengan cara makan atau juga minum secara diam-diam. Kalau kebiasaan bandel tersebut terbawa sampai dewasa, bisa bahaya.

Untuk itu, orangtua butuh cara yang tepat untuk mengajarkan puasa perdana bagi sang buah hati. Kalau cara yang dipakai kurang tepat tentu saja tak akan bisa membuat anak kuat berpuasa.

Berikut ini tips-tips untuk ajarkan anak puasa untuk pertama kali yang bisa diterapkan di rumah. Seperti Hoopsbyjudy lansir dari laman siakapkeli, Rabu (23/5).

1. Pastikan sang anak bersemangat dalam menyambut Ramadan. Bisa dengan menceritakan kisah-kisah indahnya bulan Ramadan dan mengajaknya salat tarawih pada malam pertama. Hal tersebut bisa membuat sang anak merasa Ramadan adalah bulan yang indah.

foto: Instagram/@queenarsy

 

2. Ajarkan anak berpuasa secara bertahap. Anak yang baru satu kali berpuasa akan susah jika menahan lapar dan minum full seharian. Maka dari itu, orangtua mulanya bisa ajarkan anak untuk berpuasa satu jam terlebih dahulu. Jika sudah dirasa kuat, makin hari makin ditambah jumlah jamnya. Dengan cara ini sang anak tidak akan merasa keberatan.

foto: Instagram/@inul.d

 

3. Pujilah sang kakak yang bisa berpuasa penuh di depan sang anak yang baru pertama kali puasa. Dengan cara ini, anak tersebut akan termotivasi untuk bisa mendapat pujian dari orangtua seperti kakaknya.

foto: Instagram/@iqbaal.e

 

4. Siapkan makanan favorit anak pada sahur dan berbuka puasa. Agar anak senang dan tak sabar untuk berpuasa kembali demi bisa memakan makanan favoritnya tersebut.

foto: Instagram/sarwendah29

 

5. Untuk sahur, diusahakan tersedia makanan yang bergizi dan mengenyangkan agar sang anak bisa tahan lapar lebih lama. Bisa berupa telur, sup sayur, ikan dan sayuran hijau.

foto: Instagram/@hanungbramantyo

 

6. Simpan carmilan dan makanan favoritnya di tempat tersembunyi. Jangan sampai sang anak melihat cemilan favoritnya saat sedang berpuasa. Bisa-bisa tergoda, tuh.

foto: Instagram/@raffinagita1717

 

7. Kurangi melihat tayangan televisi ataupun video di internet yang berbau masak-memasak dan kuliner. Orang dewasa saja bisa tergiur apalagi anak kecil yang baru pertama kali puasa.

foto: Instagram/@ayudiac

 

(brl/pep)