7 Varian minuman yang sering jadi takjil buka puasa, mana favoritmu?

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang dinanti-nantikan banyak orang, terutama bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang mengharuskan seluruh umat muslim untuk berpuasa selama satu bulan penuh itu memang dipenuhi oleh keberkahan bagi mereka yang menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Tidak hanya keberkahan saja, masih banyak hal lainnya yang bisa kamu dapatkan dan temukan di bulan suci tersebut. Satu di antaranya yang sangat identik dengan bulan puasa khususnya di negara Indonesia adalah hadirnya makanan dan minuman khas yang hanya hadir di bulan puasa.

Minuman atau makanan yang juga sering disebut dengan nama takjil ini menjadi hal yang paling dicari apalagi ketika menjelang adzan magrib. Diantara banyaknya pilihan takjil yang ditawarkan, ada beberapa varian minuman yang selalu ada dan sering dijadikan takjil oleh banyak orang. Mungkin salah satunya termasuk favorit kamu nih.

Apa sajakah itu? Berikut 7 varian minuman yang sering dijadikan takjil berbuka puasa seperti dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Minggu (20/5).

1. Es timun suri.

foto: bukuresep.xyz

Buah mentimun suri atau timun suri memang kerap jadi primadona saat bulan puasa tiba. Kesegaran buah ini tidak hanya bisa kamu nikmati dalam segelas es timun suri saja lho. Soalnya timun suri juga sering dijadikan bahan campuran dalam beberapa jenis minuman lain seperti es buah. Selain segar, timun suri juga mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh setelah berpuasa.

 

2. Es blewah.

foto: minumanstarbucks-blogger.com

Satu lagi minuman yang sering muncul ketika bulan puasa tiba adalah es blewah. Segarnya buah blewah ditambah dengan dingin dan manisnya kuah es blewah bakal seketika menghilangkan rasa hausmu. Nggak percaya? Coba aja sendiri! Eh tapi dicobanya setelah berbuka puasa lho ya….

 

3. Es buah.

foto: cicicookies.com

Minuman yang satu ini memang sering ditemukan di luar bulan puasa. Akan tetapi es buah merupakan salah satu minuman yang paling dicari saat bulan puasa tiba untuk dijadikan takjil ketika berbuka puasa. Tak mengherankan memang jika mengingat kesegaran yang akan dirasakan saat menyantap berbagai macam potongan buah dan dinginnya kuah es buah.

 

4. Es kelapa muda.

foto: stylecraze.com

Siapa sih yang bisa menolak segarnya satu porsi es kelapa muda? Apalagi kalau disajikan pada buah kelapanya langsung. Dijamin bakal langsung menyingkirkan haus dahagamu setelah seharian berpuasa. Selain segar, air kelapa muda memang diketahui mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat puasa.

 

5. Es campur.

foto: istimewa

Nikmatnya potongan buah alpukat, ditambah daging kelapa muda, potongan cincau hitam, mutiara merah, kolang kaling dan potongan buah nangka dalam satu porsi es campur tentunya akan memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya. Apalagi buat kamu yang telah berpuasa seharian penuh. Pastinya segar dan mengenyangkan.

 

6. Es rumput laut.

foto: socimage.com

Nah minuman satu ini juga nggak kalah terkenal dibanding minuman lainnya saat bulan puasa tiba. Biasanya es rumput laut tidak hanya berisi rumput laut saja, tetapi juga ditambah dengan beragam buah-buahan seperti pepaya, alpukat, melon dan kolang kaling atau cincau.

 

7. Es teh.

foto: evakitchen.net

Ini dia minuman yang selalu jadi andalan ketika bingung memilih takjil berbuka puasa. Kesegaran yang dimiliki es teh memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi deh. Walau hanya terdiri dari teh yang diberi es batu, tapi rasanya bakal memuaskan dahaga kamu yang sudah berpuasa seharian.

RECOMMENDED