7 Video editan pahlawan dalam uang Rupiah ini beberkan sejarahnya

Posted on



Hoopsbyhudy.com – Uang kertas masuk di Indonesia pertama kali pada tahun 1783. Uang kertas awalnya masih dikuasai Belanda dan Jepang. Setelah tahun 1946, pemerintah Indonesia menerbitkan uang yang dikenal sebagai Oeang Republik Indonesia (ORI).

Uang ORI yang memiliki 9 seri hanya bertahan hingga tahun 1950-an. Pada tahun 1952, Bank Indonesia mengeluarkan uang Rupiah. Uang tersebut memiliki gambar depan dan belakang yang berbeda. Gambar depan ialah potret tokoh pahlawan dan gambar belakang potret kekayaan Indonesia.

Uang Rupiah mengalami beberapa pergantian seri. Seri Rupiah di antaranya dihiasi potret Presiden Soekarno, I Gusti Ngurah Rai, Oto Iskandar Dinata, Sultan Mahmud Badaruddin II, Imam Bondjol, Antasari dan Pattimura. Tokoh tersebut sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia sehingga potretnya dipajang dalam Rupiah.

Seorang warganet yang kreatif mencoba membuat sejarah dalam Rupiah berbicara. Ia mengedit uang Rupiah menjadi video pidato pahlawan Indonesia yang menceritakan perjalan hidupnya. Editan tersebut sangat mencerahkan dan wajib disimak rakyat Indonesia. Yuk simak deretan videonya berikut dilansir Hoopsbyjudy dari akun berbagai sumber, Kamis (7/6).

1. Sejarah Presiden Soekarno nih, terungkap lewat Rupiah.

 

2. Jalan hidup haru I Gusti Ngurah Rai dalam duang Rp 50.000,00.

 

3. Pahlawan Oto Iskandar Dinata yang berjuang lewat pikirannya. Sejarahnya bisa disimak di uang Rp 20.000.

 

4. Sejarah pemimpin panutan, Sultan Mahmud Badaruddin II dalam uang Rp 10.000.

 

5. Imam Bondjol yang memimpin ulama dalam perang Padri, ungkapkan sejarah lewat uang Rp 5.000.

 

6. Cerita perjalanan hidup Antasari yang berjuang di perang Banjar. Ceritanya tertuang di uang Rp 2.000.

 

7. Pejuang tangguh Pattimura dan cerita hidupnya. Diungkapkan lewat uang Rp 1.000.

(brl/fen)