7+Faktor yang Pengaruhi Keakuratan Berat Badan Saat Menimbang. Yang Kamu Lakukan Sudah Benar Belum?

Posted on


Di dunia ini selain saldo tabungan, ada angka yang sangat dikhawatirkan banyak orang yaitu angka berat badan. Angka ini bisa jadi sangat horor, terutama bagi kaum hawa yang begitu memperhitungkan penampilan. Beberapa orang ada yang mengharapkan angka timbangan naik, banyak juga yang berharap turun. Akhirnya menimbang berat badan jadi sebuah momok yang terkadang bikin sebagian orang minder.

Tapi tentunya kita perlu mengukur berapa tepatnya berat badan kita. Agar di kemudian hari kita bisa wanti-wanti untuk menjaga pola makan. Baik berdiet, maupun lebih menggiatkan asupan gizi. Nah, kali ini Hoopsbyjudy bakal memberikan tips agar berat badan yang kamu dapatkan saat menimbang adalah angka yang akurat. Tentunya perbedaan satu kilo saja sangat berbeda dan kamu nggak ingin salah ukur ‘kan? Yuk simak!

1. Perhatikan waktu kapan kamu menimbang. Usahakan menimbang dengan teratur di waktu yang sama setiap harinya

Menimbang bisa jadi rutinitas pagimu kok. via www.huffingtonpost.ca

Menimbang di waktu yang sama setiap harinya akan membuat hasil timbangan lebih adil. Sehingga angka itu bisa kamu jadi patokan. Waktu yang paling tepat untuk menimbang adalah pagi hari sebelum sarapan.

2. Lebih baik kalau kamu hanya pakai baju dalaman saat menimbang. Celana jeans dan jaket tentu bisa menyumbang berat dan bikin nggak akurat

Pakaian yang kamu kenakan juga punya bobot lho. Apalagi kalau dari material yang tebal seperti jeans hingga jaket babyterry tebal. Buat mensiasatinya, lebih baik kamu pakai dalaman setiap menimbang, hasilnya bakal lebih akurat. Atau minimal kenakanlah kaos yang sama ringannya setiap mengecek angka berat badan.

3. Paling penting kamu perlu stabilkan posisi tubuh saat menimbang. Jangan pakai atraksi yoga segala dong, nggak akurat nanti

Sambil jongkok juga boleh, tapi jagan sambil menggerutu stres begini dong! via www.google.co.id

Nggak usah berpose aneh-aneh di atas timbangan, apalagi mengangkat satu kaki sambil pose yoga yang nggak perlu banget. Semakin kecil tekanan timbangan karena hanya diinjak satu kaki, makin berat badanmu turun. Jadi berdirilah tegak untuk dapat angka yang akurat.

4. Menurut penelitian, suhu juga mempengaruhi berat badan. Seringnya di suhu dingin, berat badan justru lebih susut, jangan menimbang saat suhu ekstrem ya!

Kalau waktu musim panas beratmu seakan naik juga. via www.shutterstock.com

Sebuah penelitian membuktikan kalau ketika di suhu dingin, dengan level resapan yang tinggi, dan angin yang cukup kencang bisa bikin berat badan menurun. Tapi jangan bahagia dulu, karena menurunnya berat itu hanya sementara waktu akibat efek penyusutan tubuh.

5. Letakkan timbangan di tempat datar dan keras. Akan lebih baik kalau nggak diletakkan di karpet lho

Ini contoh yang salah ya… via www.quora.com

Meski hanya berpengaruh sedikit, tapi meletakkan timbangan di tempat yang nggak datar dan mudah berubah bisa mempengaruhi angka timbangan. Karpet merupakan medan yang lembab dan nggak keras layaknya lantai, jadi kalau bisa hindari ya.

6. Jangan menimbang setelah olahraga, ini curang banget. Setelah olahraga kandungan air dalam tubuhmu turun drastis dan bisa bikin beratmu juga ‘kelihatan’ turun

Hayo masnya habis futsal kok nimbang? via ksi.uconn.edu

Olahraga akan memeras kandungan air dalam tubuhmu yang disekresikan jadi keringat. Dengan begitu, kandungan air dalam tubuh makin menipis karena proses sekresi dan pembakaran tadi. Waktu ini adalah waktu yang nggak tepat untuk cek berat badan, lebih baik kamu cek sebelum olahraga saja. Karena setelah nanti kandungan airmu tergantikan kembali, berat badanmu akan normal lagi lho.

7. Kalau kamu cewek, hati-hati kalau menimbang saat PMS. Hormon bisa berpengaruh ternyata

Jadi makin stres nantinya… via www.livestrong.com

Menimbang di saat-saat PMS dan kondisi hormon berlebihan ternyata juga menyumbang berat badan. Meski nanti pada akhirnya beratmu akan kembali normal seiring stabilnya produksi hormon kamu perlu tau hal ini. Daripada nanti kamu shock ketika menimbang dan langsung berubah nggak mood, kamu perlu menyadari fakta ini dulu nih.

8. Menimbang berat badan malam-malam setelah dinner atau makan besar itu nggak bijak. Percayalah, justru bikin beratmu membengkak dengan angka yang semu

Dinner yang penuh dosa. via www.manchestersfinest.com

Tujuan menimbang berat badan tentu ingin mengukur seberapa gemuk dan kurusnya kamu. amun kalau kamu nekat timbang berat setelah makan besar di malam hari, atau dinner di restoran cepat saja, maka siap-siap dapat angka semu. Seringnya setelah makan malam berat akan naik lalu proses pembakaran dalam tubuh saat kamu tidur membuat beratnya akan normal kembali.

Apakah kamu sudah menerapkan semua hal di atas? Hampir dipastikan berat badanmu akurat jika kamu sudah memperhatikan faktor di atas. Jadi nggak perlu ada keraguan lagi dan bilang “Kayaknya berat badanku segini deh…” Bukankah hal yang pasti-pasti itu lebih menenangkan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya