8 Hal yang Wajib Dilakukan Kamu Si Anak Baru di Kantor, Biar “Selamat” di Minggu Pertama Kerja

Posted on


Menjadi anak baru di kantor pasti muncul rasa deg-degan. Mulai dari bakal cocok atau nggak sama obrolan teman-teman di sana, sampai kesanggupan diri dengan ritme kerja. Hal ini wajar terjadi karena kamu bakal mulai bergabung di sana setiap hari. Lingkungan yang sama dan pekerjaan yang kemungkinan besar bertambah. Wah, kayak gimana ya biar kamu bisa selamat pada seminggu pertama?

Tentu saja kamu perlu lakukan berbagai cara agar seminggu pertamamu di kantor baru terasa aman dan damai. Nggak ada momen canggung sama rekan kerja atau atasan, cukup nyaman berada di sana, dan cepat adaptasi dengan pekerjaan. Untuk itu, kamu wajib lakukan beberapa hal ini agar bisa ‘selamat’ pada seminggu pertama.

1. Kalau lagi ada yang kesusahan, langsung tawarkan bantuan atau coba berikan solusi. Siapa sih yang nggak senang dibantu?

tawarkan bantuan via www.entrepreneur.com

Salah satu cara supaya kamu dianggap sebagai karyawan baik hati, yaitu bantu teman-teman yang lagi kesulitan. Nggak harus berupa bantuan pekerjaan, hal-hal simpel kayak menahan pintu ruangan saat ada yang mau lewat atau bantu menekan tombol lift lantai yang dituju. Yah, siapa sih yang nggak senang dibantu? Jangan sungkan untuk menawarkan bantuan kepada siapapun di kantor, ya!

2. Jangan terlalu banyak ngomong. Namanya juga anak baru, lebih baik kamu pelajari situasi kantor dulu

bicara seperlunya via www.score.org

Karena masih anak baru dan kamu belum tahu situasi pertemanan di sana seperti apa, lebih baik hindari terlalu banyak ngomong. Cukup ngobrol seperlunya dan kalau sudah menyinggung gossip-gosip kantor, kamu lebih baik dengarkan saja atau menghindar seperti ijin kabur ke kamar kecil. Namanya juga anak baru, mendingan cari amannya saja untuk pelajari situasi kantor dulu.

3. Coba datang beberapa menit lebih cepat dan pulang sedikit lebih lama dibanding teman-temanmu, demi pencitraan yang baik di tempat baru

berangkat pagi walau masih ngantuk via www.lifehack.org

Menjadi anak baru di kantor itu bikin kamu harus usaha yang baik-baik, biar citramu positif. Ini penting karena di kantor kamu belum punya teman akrab. Makanya, kamu harus menjaga citra positifmu dengan datang ke kantor lebih cepat dan pulang sedikit lebih lama dibanding teman-teman.

4. Nggak perlu sungkan bertanya ke teman atau atasan saat bingung sama pekerjaan. Dan pastikan pertanyaan yang diajukan itu penting dan to the point

biasakan bertanya via peerlab.community

Rasa bingung pasti melanda kamu saat seminggu di kantor. Selain tentang pekerjaan yang kamu bisa tanya ke atasan, hal-hal receh kayak letak pantry buat bikin kopi dan teh pun perlu kamu ketahui. Hal kayak gitu bisa kamu tanyakan ke teman-teman ya dan jangan sungkan untuk menanyakan. Yang penting, hal yang ingin kamu tanyakan itu jelas dan nggak bertele-tele.

5. Daripada mencatat pakai ponsel, lebih baik gunakan buku kecil agar lebih sopan dan profesional

pakai buku catatan kecil yang lebih lucu sampulnya via medium.com

Sebagai anak baru, kamu biasanya bakal diikutsertakan dalam meeting agar tahu situasi kantor seperti apa. Untuk itu, sebaiknya kamu pilih gunakan buku kecil agar terlihat lebih sopan dan profesional. Karena kalau pakai gadget terkadang kamu lupa silent nada tombolnya tombol, sehingga berisik dan mengganggu jalannya meeting.

6. Membaur sama teman kantor saat makan siang itu perlu. Tapi, biasakan selesai tepat waktu

jangan lama-lama kalau sudah makan via hg2.com

Anak baru itu saat makan siang akan sering diajak sama teman-teman kantor untuk makan siang bareng. Momen inilah yang ditunggu-tunggu mereka buat kepoin kamu. Tapi, karena megobrol saat makan siang itu serin bikin lupa waktu, kamu jangan ikuti. Mendingan segera balik lagi ke meja karena bisa berakibat buruk kalau atasan lihat. Hehe.

7. Kenakan baju sesuai peraturan kantor, dan jangan dulu terlalu  fashionable, biar nggak ada sebal dengan penampilanmu

simple, tapi menarik via www.work-outfits.com

Selain gimana caramu beriteraksi di kantor, anak baru biasanya bakal diperhatikan pakaiannya. Jadi, kamu dilarang terlalu fashionable kalau nggak mau disebelin sama temen-teman. Apalagi kalau kamu cewek karena cewek itu paling nggak bisa lihat ada saingan baru. Makanya, pakai baju yang sesuai aturan dengan warna-warna kalem saja dan jangan terlalu banyak aksesoris. Usahakan gayamu sederhana, sopan, dan menarik ya.

8. Wajib bawa makanan yang bisa dimakan rame-rame, biar kamu cepat dapat banyak teman baru

bawakan makanan via www.pinterest.com

Mau tahu cara supaya kamu bisa dapat teman banyak? Bawa makanan! Karena dengan makanan, seakan-akan semua orang di kantor bakal rebutan utuk jadi teman kamu, lho. Nggak percaya? Coba buktikan sendiri, hehe.

Sekarang kamu nggak perlu lagi pusing cari cara supaya bisa selamat pada seminggu pertama kerja. Cuma terapkan beberapa hal tadi, kamu bakal nyaman menghadapi lingkungan baru di tempat baru.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya