8 Kebiasaan Teman yang Meresahkanmu, Diiyakan Bikin Lelah, Ditolak Malah Dibilang ‘Pelit Lu!’

Posted on

kebiasaan minta-minta temen yang suka bikin jengkel

Manusia memang terlahir sebagai makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendirian. Tentu seseorang butuh satu atau dua orang teman bahkan lebih, agar hidupnya lebih berwarna dan ia mampu memenuhi kebutuhannya. Ya wajar sih, kalau kita meminta tolong bantuan teman saat sedang membutuhkan. Toh memang itu ‘kan gunanya teman yang berfaedah. Tapi yang nggak wajar itu kalau sikap ‘minta’ ini itu jadi berlebihan dan cenderung merugikan sampai mengarah ke sikap memanfaatkan. Waduh!

Bicara soal minta tolong, ada beberapa sikap yang sebaiknya nggak dilakukan kalau kamu  memang sungguh seorang teman sejati. Meski terkesan sepele, ada batasan-batasan tertentu yang sebaiknya nggak kita langgar agar teman nggak merasa risih. Utamanya saat kamu minta sesuatu yang tanpa sadar suka nggak kira-kira dan berulangkali, misalnya minta icip makanan atau minta tebengan pulang. Bukannya nggak boleh meminta sesuatu, cuma sebaiknya pastikan yang kamu lakukan itu nggak sampai taraf menyebalkan!

BACA Juga :   Cowok ini Niat Banget 'Menghias' Akun Tinder-nya. Kalau Ketemu, Kamu Bakal Swipe Kanan atau Kiri nih?

1. Suka minta icip makanan. Tiap teman-teman jajan, pasti minta jatah, tapi kalau diajak ikutan beli selalu menolak dengan alasan kenyang atau bokek

Icippp~~~ via www.sheknows.com

‘Ihhh, apaan tuuuh? Enak kayaknya, bagi dong, dikit ajah!’

Suka nggak asing dengan kalimat ini? Gaes, minta icip sesekali itu nggak dos. Tapi kalau sudah berulangkali, bahkan saat teman nggak ada gelagat nawarin, bisa jadi malah bikin temanmu risih dan nggak enak. Kamu mungkin bakal mikir, ‘Alah gitu dong, pelit!’ tapi ingat, kamu nggak tahu, mungkin saja si dia beli jajan dengan receh terakhir di dompetnya ditambah ada serbuan teman lain yang minta icip. Sepiring cuma 5000 perak, yang minta icip 5 orang, lah terus temanmu makan sisanya?

BACA Juga :   10 Foto editan seleb Hollywood bertema Kartini ini bikin ngakak

2. Suka minta tebengan pulang. Sekali dua kali, bolehlah. Lah, ini kadang sampai kirim pesan, minta jemput dari rumah atau kosan

Sekali-kali boleh lah ya… via www.sweetyhigh.com

‘Tong, kamu mau kemana? Aku nebeng ya, Tong. Kan searah!’

Boleh kok, nebeng sesekali. Atau beberapa kali, dengan catatan kamu menawarkan untuk traktir dia makan atau inisatif beliin bensin. Tapi kalau sudah berkali-kali, bahkan kadang ngelunjak sampai minta jemput segala tanpa inisiatif nawarin makan atau patungan bensin, ini sih namanya mau enak sendiri.

3. Suka minta pulsa, entah buat sms atau telepon. Alasannya selalu sama: Lupa beli pulsa!

Minta pulsa udah kayak minum obat, 3 kali sehari via www.pexels.com

‘Tong, pulsa aku habis nih, lupa beli pulsa tadi. Minta pulsa dong, sms sekali aja boleh?’ (padahal seminggu bisa lebih dari 5 kali begini)

Siapa sih yang nggak pernah ngalamin, lupa beli pulsa dan tiba-tiba harus menghubungi seseorang dalam keadaan darurat? Pasti nyaris semua orang pernah ya. Boleh sih, minta pulsa. Sesekali. Jangan sampai berkali-kali dan sampai saraf muka temanmu yang memberi ponsel datar tanpa ekspresi (saking seringnya). Gengges tauk!

4. Suka minta tethering internet, dengan alasan kuota habis dan nggak sempat beli paket

Dikasih hati minta jantung sekalian jeroan lainnya via www.pexels.com

‘Sis, boleh tethering nggak? Sebentar aja, ada yang penting nih…’

Dan ternyata si teman lucu ini malah asyik snapchat-an atau IG story-an. Parahnya lagi, asyik buka channel Youtube favoritnya. Ya, semoga kita senantiasa dijauhkan dari jenis teman yang kadang suka lupa diri begini, dan amit-amit jangan sampai dirimu melakukan hal ini.