8 Spot makan khas Indonesia di luar negeri ini bukti lezatnya mendunia

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Rasanya berbicara tentang kuliner Indonesia nggak akan ada habisnya ya? Coba deh kamu sebutin kuliner-kuliner asli Indonesia yang jadi favoritmu? Pasti lebih dari satu jenis bukan? Atau bahkan nggak bisa diitung lagi pakai jari?

Ya, kuliner khas Indonesia memang mempunyai ciri khasnya sendiri yang membekas di hati. Banyak yang dibuat kangen dengan cita rasa makanan Indonesia yang khas. Apalagi buat kamu yang sedang merantau di negeri orang. Rasanya dengan mencicipi sajian khas Indonesia bisa menjadi obat kangen selama merantau.

Sebagai obat kangen bagi perantau, ternyata kuliner Tanah Air kini sudah semakin mudah ditemukan di berbagai negara lho! Hal ini terbukti dari banyaknya tempat makan yang menjual berbagai kuliner khas Indonesia di kota-kota belahan dunia.

Seperti 8 spot makan khas Indonesia di luar negeri di bawah ini yang membuktikan bahwa kuliner Indonesia lezatnya mendunia. Beberapa di antaranya bahkan ada yang dibuka oleh warga lokal karena kecintaannya terhadap kuliner Indonesia lho! Yuk simak langsung penjelasannya seperti sudah dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Selasa (10/7).

1. Indonesian Restaurant Cabe Meguro, Tokyo.

foto: tabelog.com

Restoran yang berada di Negeri Sakura ini merupakan salah satu restoran khas Indonesia yang dibuka sama warga asli Jepang lho! Di restoran yang didirikan oleh Masaki Ohira ini kamu bisa menemukan masakan pakai cabe dan bumbu pedas lain khas Indonesia, seperti sambal goreng dan sambal petis. Selain itu, ada beberapa menu khas Indonesia yang menjadi favorit di restoran ini, yaitu ayam goreng bumbu rujak, gulai cumi dan kolak. Ditambah makanan yang ada di restoran ini juga sudah bersertifikat halal lho!

 

2. Sky Cafe, New York.

foto: ethnicepicurenyc.com

Di kafe satu ini kamu bisa mencicipi masakan-masakan khas Sumatra Utara dengan rasa yang otentik. Beberapa masakan rumahan yang ditawarkan oleh kafe ini seperti es sekoteng Medan dan lontong sayur. Kafe yang terletak di alamat 8620 Whitney Ave, Queens, NY 11373, USA ini juga menyajikan kue nastar dan kue lapis legit.

 

3. Nusantara Restaurant, Jerman.

foto: jejakkatumbiri.com

Buat kamu yang lagi Jerman atau ada rencana mau ke Jerman, Nusantara Restaurant bisa jadi obat kangen sama masakan rumah selama di tanah perantauan. Di restoran yang terletak di tengah kota Berlin ini kamu bisa menemukan tongseng kambing, tempe mendoan dan es cendol. Oh iya, menu mi ayam baso yang dijual di restoran ini merupakan menu favorit lho!

 

4. Betawi Restaurant, Spanyol.

foto: yelp.com

Meski namanya hanya menggunakan suku Betawi, namun restoran ini juga menyediakan ragam masakan Indonesia yang otentik. Di sini kamu bisa menikmati lamb satay with peanut sauce alias sate kambing berbumbu kacang dan juga dessert andalan mereka, yaitu sagu. Meski restoran yang terletak di area El Gotic, Barcelona ini tidak terlalu besar tapi tempatnya sangat nyaman lho!

 

5. Warung Jakarta, Polandia.

foto: explore.indonesiaexport.com

Kangen menikmati soto ayam khas Indonesia tapi kamu lagi berada di Polandia? Nggak usah khawatir, langsung kunjungi Warung Jakarta aja! Pasalnya restoran yang didirikan oleh Mateusz Rybinski ini menyajikan sajian soto ayam yang terkenal dan laris manis. Sang pendiri sendiri ternyata pernah kuliah di Universitas Airlangga pada tahun 2009, dan sejak itu dirinya jatuh cinta dengan kuliner Indonesia. Kemudian pada tahun 2015, dirinya membuka restoran Indonesia di Warsaw, Polandia.

 

6. Borobudur Restaurant, San Fransisco.

foto: yelp.com

Masih di negara Amerika Serikat, tepatnya di San Fransisco, terdapat sebuah restoran khas Indonesia bernama Borobudur Restaurant. Restoran yang dikelola oleh pasangan Soe Bin dan Yunita ini pernah diklaim sebagai restoran Indonesia terbaik yang ada di Bay Area, San Fransisco oleh majalah Asia Week dan acara televisi Check Please lho! Tidak mengherankan jika mengingat restoran yang dibuka pada tahun 1992 ini konsisten menyajikan masakan Indonesia kontemprer dan otentik dengan sentuhan modern.

 

7. Bali Bali, London.

foto: tripadvisor.co.uk

Restoran yang beralamatkan Seven Dials London, 150 Shaftesbury Ave, London WC2H 8HL, UK ini bisa banget jadi tempat untuk kamu yang lagi kangen masakan Tanah Air. Walau namanya Bali Bali, menu yang ditawarkan restoran ini beragam jenis masakan Indonesia, kayak rendang dan nasi uduk. Oh iya, restoran yang sudah lama berdiri ini tempatnya juga nyaman dan bisa bikin rileks lho!

 

8. Restaurant Blauw, Amsterdam.

foto: ad.nl

Sebagai salah satu negara terlama yang dijajah oleh Belanda, tentunya mencari masakan Indonesia bukanlah hal sulit di Negeri Kincir Angin. Bahkan bisa dibilang hampir semua kota di Belanda menawarkan sajian khas Indonesia yang identik. Namun di antara restoran Indonesia di Belanda, ada satu restoran yang diyakini sebagai restoran Indonesia terbaik di Amsterdam, yaitu Restaurant Blauw. Selain menyajikan beragam menu masakan nusantara, tempatnya juga didesain bergaya anak muda banget.

RECOMMENDED