9 Fitur mobil klasik era 70-an jadi buruan kolektor, harganya wow!

Posted on


Brilio.net – Sekarang ini tak banyak orang yang suka dengan mobil klasik. Bentuknya yang sudah ketinggalan zaman serta tak ada fitur canggih macam mobil zaman sekarang membuat sedikit orang yang melirik. Namun sebenarnya, mobil-mobil klasik ini mempunyai pesonanya tersendiri.

Mungkin tidak ada fitur canggih macam GPS, multimedia dan lain sebagainya. Meski demikian, banyak juga kok yang cinta dengan mobil jadul ini. Bukan kecanggihan, tapi ada fitur-fitur lawas, khususnya mobil tahun 70-an, yang bikin kangen dan bikin ingin memiliki mobil jadul lagi. Oleh karena itu, jangan heran kalau kolektor bisa mati-matian mencari mobil impiannya.

Tua bukan berarti harganya murah. Pasalnya, mobil klasik bisa saja harganya bahkan melebihi mobil baru. Bahkan kalau mobil tersebut sudah benar-benar langka, harganya bisa mencapai miliaran rupiah, lho. Pasti jadi buruan kolektor, deh.

Nah, berikut ini 9 fitur mobil klasik yang bikin kolektor kangen, seperti brilio.net lansir dari laman cheatsheet.com, Kamis (29/3).

1. Jendela yang hanya bisa dibuka seperempat bagian saja.

Zaman sekarang jika ingin membuka jendela mobil hanya tingkat pencet tombol. Fitur power window akan membuka kaca jendela secara otomatis hingga terbuka seluruhnya. Kalau zaman dulu, jendela mobil hanya bisa dibuka seperempat bagian saja.

 

2. Kaca spion dipasang di bagian depan.

Dulu, kaca spion mobil dipasang di bagian samping kap mobil. Hal ini berguna untuk menjaga pandangan pengemudi tetap ke arah depan walaupun saat sedang melihat kaca spion.

 

3. Jok kemudi dan sebelahnya menyatu.

Banyak orang mengetahui bahwa ada jarak antara jok sopir dan jok penumpang di sebelahnya. Sela-sela tersebut dipakai untuk menempatkan persneling dan juga rem tangan. Namun mobil zaman dulu tidak ada jarak antara jok kemudi dan jok penumpang di sebelahnya. Keduanya menyatu.

 

4. Bagian belakang terdapat sirip.

Ciri khas mobil zaman dulu adalah bentuk bagian belakangnya yang menyerupai sirip ikan hiu.

 

5. Kaca depan terbagi menjadi dua.

Tak menyatu, kaca depan mobil-mobil tua tahun 70an biasanya terbagi menjadi dua. Begitu juga dengan kaca belakangnya.

 

6. Persneling yang ada di dekat setir.

Ini juga menjadi ciri khas mobil-mobil tua. Yaitu letak persneling berada persis di sebelah setir.

 

7. Ornamen yang menarik.

Yang menjadi daya tarik para kolektor mobil antik adalah ornamen-ornamen yang ada di mobilnya. Pasalnya ornamen itu bentuknya sangat menarik. Bahkan ada, lho, orang yang khusus mengoleksi ornamen yang ada di mobil-mobil tua.

8. Lampu sein yang unik.

Tak seperti lampu sein kendaraan normal, beberapa mobil zaman dulu ada yang punya lampu sein unik. Letaknya tersembunyi. Lampu ini baru akan muncul ketika panel sein kiri atau kanannya digunakan.

9. Penghalang sinar matahari di kaca depan.

Tak perlu khawatir pandangan tersilaukan oleh cahaya matahari pada siang hari. Oleh karena mobil tahun 70-an ada yang memiliki fitur penghalang sinar matahari di kaca depannya.

(brl/del)