9 Hewan yang Diberi Nama Pakai Nama Orang Terkenal. Ternyata Kaidah Penamaan Hewan Udah Berubah

Posted on


Dalam klasifikasi makhluk hidup, terdapat sebuah aturan khusus yang perlu diperhatikan oleh para ilmuwan untuk menamai spesies baru. Aturan dalam penamaan tersebut pertama kali dicetuskan oleh seorang ilmuwan bernama Carolus Linnaeus, yang menyatakan bahwa penamaan spesies baru perlu mencantumkan genus dan spesiesnya. Namun seiring perkembangan zaman, para ilmuwan ternyata semakin kreatif dalam memberikan nama-nama pada hewan yang baru ditemukan. Dilansir dari laman Kompas (2/5), baru-baru ini di pulau Kalimantan, ditemukan seekor kumbang yang belum teridentifikasi. Lantas kumbang air asli Kalimantan tersebut diberi nama Grouvellinus leonardodicaprioi. Ketika diperhatikan sekilas, ada yang menarik dari nama kumbang tersebut. Nama spesiesnya menggunakan nama salah satu seleb Hollywood yaitu Leonardo Dicaprio.

Ternyata nggak hanya kumbang dari Kalimantan aja, tapi sebelumnya juga telah ada beberapa penemuan spesies baru yang menggunakan nama-nama orang terkenal. Nih, Hoopsbyjudy News & Features kumpulkan khusus kalian. Hitung-hitung nambah pengetahuan kan~

1. Grouvellinus leonardodicaprioi, kumbang air asal Kalimantan ini ditemukan oleh seorang entomolog Dr. Hendrik Freitag dan ahli biologi Dr. Iva Njunjic

Grouvellinus leonardodicaprioi via www.hipwee.com

Dilansir dari Kompas, penemuan kumbang air di Kalimantan ini merupakan bagian dari ekspedisi ke daerah-daerah terpencil yang dilakukan oleh Expedition Taxons, sekelompok peneliti alam dan sains yang berasal dari Belanda. Nggak hanya agar kumbang air ini semakin dikenal, tapi pemberian Leonardo Dicaprio tersebut juga terinspirasi dari upaya aktor tersebut dalam menjaga lingkungan.

2. Lain lagi dengan kumbang yang satu ini. Namanya terinspirasi dari seorang aktor Hollywood Arnold Schwarzenegger

Agra schwarzeneggeri via www.hipwee.com

Pemberian nama spesies kumbang ini memang unik, yaitu Agra schwarzeneggeri. Nama belakang aktor kawakan ini dicatut karena memiliki kemiripan dengan kaki depan kumbang ini. Coba perhatikan kaki bagian depan yang tampak seperti berorot ini. Mirip dengan kedua lengan Arnold Schwarzenegger ‘kan?

3. Gimana ya perasaan penyanyi Shakira sewaktu namanya digunakan ilmuwan untuk menamai jenis tawon yang termasuk parasit ini?

Aleiodes shakirae via www.hipwee.com

Nah kalau tawon yang satu ini dinamai pakai nama penyanyi Shakira, yaitu Aleiodes shakirae. Para ilmuwan menamai tawon yang parasit ini karena terinspirasi dari gerakan menari Shakira saat di panggung. Gerakan menari Shakira dinilai mirip dengan gerakan tawon ini saat memasukkan telurnya ke dalam tubuh inang. Duh, ada-ada aja ya~

4. Hewan yang satu ini juga pasti bangga deh. Soalnya dia diberi nama pakai nama seleb Hollywood sekaliber Angelina Jolie

Aptostichus angelinajolieae via www.hipwee.com

Kali ini dasar penamaan bukan karena gerakan hewan ini mirip atau bagian tubuhnya seperti seleb ternama. Namun karena dedikasi aktris satu ini untuk lingkungan dan aktif terlibat di kegiatan PBB, para ilmuwan sepakat memberi nama laba-laba berbulu satu ini dengan Aptostichus angelinajolieae.

5. Nama komedian legendaris, Charlie Chaplin, juga digunakan untuk menamai seekor lalat. Coba perhatikan apa yang kali ini sama dari keduanya!

Campsicnemus charliechaplini via www.hipwee.com

Jenis lalat yang satu ini diberi nama Campsicnemus charliechaplini. Nama komedian tersebut didedikasikan untuk lalat yang satu ini karena pada saat lalat ini mati, kaki depan dan kaki belakangnya seperti seseorang yang tengah menggunakan tongkat. Mirip banget dengan Charlie Chaplin saat tengah beraksi di atas panggung.

6. Antropoda satu ini pasti bangga banget. Soalnya hewan ini diberi nama pakai nama belakang pemeran Jack Sparrow, Johnny Depp

Ootenichela deppi via www.hipwee.com

Penamaan spesies yang satu ini juga sedikit unik. Para ilmuwan melihat cakar depan antropoda ini mirip dengan salah satu karakter terkenal yaitu Edward The Scissorhands. Makanya para ilmuwan sepakat memberi nama antropoda ini dengan pemeran Edward The Scissorhands yaitu Johnny Depp, Ootenichela deppi.

7. Nama belakang artis yang terkenal dengan bentuk tubuh hourglass ini juga didedikasikan untuk nama hewan langka ini

Norasaphus monroeae via www.hipwee.com

Hewan yang bentuk tubuhnya mirip kecoa ini memang tergolong hewan langka. Selain keberadaannya yang langka, jika dilihat dari atas, maka akan terlihat garis-garis yang membentuk hourglass. Dari sana, para ilmuwan teringat bentuk tubuh Marilyn Monroe yang juga seperti hourglass. Makanya hewan mirip kecoa ini diberi nama Norasaphus monroeae.

8. Coba tebak, siapakah aktor yang namanya digunakan untuk menamai spesies laba-laba langka Calponia harrisonfordi ini?

Calponia harrisonfordi via www.hipwee.com

Nggak mau kalah dengan seleb yang lainnya, nama salah satu pemain film Star Wars yang satu ini juga didedikasikan sebagai nama spesies laba-laba. Laba-laba yang satu ini diberi nama Calponia harrisonfordi karena kontribusinya dalam industri perfilman. Khususnya karena peran Ford dalam menarasikan beberapa film dokumenter untuk London Museum of Natural History.

9. Selain nama seleb serta pendiri perusahaan mobil, nama tokoh fiksi juga ada lho yang digunakan untuk menamai penemuan spesies baru. Seperti si pelahap kebahagiaan, Dementor!

Ampulex dementor via www.hipwee.com

Kamu yang penggila film Harry Potter pasti tahu dengan karakter yang satu ini. Meski dikenal suka mehalap kebahagiaan, tapi para ilmuwan akhirnya kepincut untuk menggunakan namanya sebagai nama lebah, Ampulex dementor. Alasan penggunaan nama Dementor karena lebah satu ini suka menyengat kecoak dengan ekornya. Mirip kan ya dengan Dementor saat menghirup kebahagiaan orang-orang di film Harry Potter.

Penggunaan nama-nama orang terkenal sebagai nama penemuan spesies baru tersebut merupakan makin fleksibelnya aturan di dunia ilmu pengetahuan. Memang sih agak menyimpang dari aturan di dunia zoologi, tapi menurut para zoologist dari University of Vermont di Amerika Serikat menyebutkan, pemberian nama menggunakan nama orang terkenal bertujuan agar spesies baru yang ditemukan lebih dikenal orang. Dari sekian banyak nama orang terkenal, mana nih yang jadi favoritmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya