9 Metode ini sudah terbukti bisa turunkan kolesterol dengan mudah

Posted on


Brilio.net – Kolesterol merupakan salah satu momok menakutkan bagi semua orang. Gaya hidup yang nggak sehat jadi salah satu faktor utama meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, junk food dan jarang berolahraga merupakan awal permasalahan yang bikin kolesterol jahat tertimbun dalam tubuh.

Nggak cuma menyerang para orang tua, anak-anak muda pun bisa terkena kolesterol kalau terus-terusan memelihara gaya hidup tak sehat. Kalau nggak segera dicegah, kolesterol jahat dalam tubuh bisa menimbulkan penyakit seperti stroke dan serangan jantung yang siap mengintai.

Dilansir brilio.net dari cheetsheet.com, yuk simak sembilan metode yang sudah terbukti bisa turunkan kolesterol dengan mudah, Minggu (7/4).

1. Minum teh.

Minum teh ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, terutama teh hitam yang dapat mengurangi tingkat LDL atau kolesterol jahat secara signifikan dalam tubuh.

 

2. Kurangi makan lemak jahat dan banyak makan lemak baik.

Mencegah kolesterol secara dini bukan berarti kamu harus menghindari makanan berlemak. Kamu hanya perlu menyingkirkan makanan-makanan yang mengandung lemak jahat seperti makanan berminyak, susu kaleng, makanan beku, daging giling dan lainnya. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat dan makanan lain yang mengandung omega-3 tambahan.

 

3. Terapkan pola makan nabati.

Diet nabati beberapa waktu lalu sempat menjadi trend dan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol setelah empat minggu seperti studi yang dilakukan oleh Standford University. Pola makan ini menuntut mu untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat tinggi serta banyak protein berkualitas baik seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

 

4. Olahraga.

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga menjadi kunci utama bagi kesehatan tubuh. Olahraga yang dilakukan setiap hari mampu menjaga berat badan dan terhindar dari kolesterol. Nggak perlu melakukan olahraga berat yang menyiksa diri, cukup dengan latihan cardio selama 30 menit setiap hari bisa membuat kadar kolesterol tetap seimbang.

 

5. Perbanyak mengonsumsi gandum.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin di atas bahwa biji-bijian merupakan jenis makanan yang bagus untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah gandum. Mengonsumsi gandum bagus untuk kamu yang sedang melakukan diet dan juga bisa menstabilkan kolesterol serta menyehatkan jantung. Sebut saja seperti roti panggang gandum dengan alpukat, sereal gandum dengan buah segar dan outmeal dengan pisang.

 

6. Mengonsumsi Statin.

Selain diet dan olahraga. Mengonsumsi Statin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Statin adalah salah satu jenis obat yang sering direkomendasikan oleh para dokter untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Obat ini juga satu-satunya kelas obat penurun kolesterol yang memiliki hubungan langsung dengan pengurangan serangan jantung dan risiko stroke. Namun obat ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit hati atau hepatitis.

 

7. Mengonsumsi obat yang mengandung inhibator.

Bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi statin, ada obat lain yang nggak kalah manjur. Minumlah obat kolesterol yang mengandung inhibator. Inhibator adalah zat yang menghambat atau menurunkan laju reaksi kimia sehingga dapat menurunkan jumlah kolesterol yang diserap tubuh. Mengonsumsi obat ini juga harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dan rajin olahraga ya.

 

8. Hindari stres.

Stres juga merupakan salah satu pangkal timbulnya penyakit, karena dapat membuat tubuh bertambah gemuk dan menganggu pola tidur yang berakibat pada naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Ada banyak cara untuk menghindari stres, memanfaatkan waktu libur untuk refreshing misalnya.

 

9. Berhenti merokok.

Merokok nggak cuma bisa menimbulkan penyakit yang menyerang paru-paru, tapi juga meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta berbahaya bagi kesehatan jantung. Berhenti merokok dapat membantu kamu dan mereka yang menghisap asap rokok untuk menjaga kadar kolesterol tetap seimbang.

(brl/del)