9 Metode ini sudah terbukti bisa turunkan kolesterol dengan mudah

Posted on

Brilio.net – Kolesterol merupakan salah satu momok menakutkan bagi semua orang. Gaya hidup yang nggak sehat jadi salah satu faktor utama meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, junk food dan jarang berolahraga merupakan awal permasalahan yang bikin kolesterol jahat tertimbun dalam tubuh.

Nggak cuma menyerang para orang tua, anak-anak muda pun bisa terkena kolesterol kalau terus-terusan memelihara gaya hidup tak sehat. Kalau nggak segera dicegah, kolesterol jahat dalam tubuh bisa menimbulkan penyakit seperti stroke dan serangan jantung yang siap mengintai.

Dilansir brilio.net dari cheetsheet.com, yuk simak sembilan metode yang sudah terbukti bisa turunkan kolesterol dengan mudah, Minggu (7/4).

BACA Juga :   5 Perbedaan Menua dan Tumbuh Dewasa. Cek Dulu, Siapa Tahu Selama Ini Kamu Hanya Menua

1. Minum teh.

Minum teh ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, terutama teh hitam yang dapat mengurangi tingkat LDL atau kolesterol jahat secara signifikan dalam tubuh.

 

2. Kurangi makan lemak jahat dan banyak makan lemak baik.

Mencegah kolesterol secara dini bukan berarti kamu harus menghindari makanan berlemak. Kamu hanya perlu menyingkirkan makanan-makanan yang mengandung lemak jahat seperti makanan berminyak, susu kaleng, makanan beku, daging giling dan lainnya. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung lemak baik seperti ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat dan makanan lain yang mengandung omega-3 tambahan.

 

3. Terapkan pola makan nabati.

Diet nabati beberapa waktu lalu sempat menjadi trend dan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol setelah empat minggu seperti studi yang dilakukan oleh Standford University. Pola makan ini menuntut mu untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung serat tinggi serta banyak protein berkualitas baik seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

BACA Juga :   Terekam CCTV acungkan jari tengah, pengendara ini dipenjara 8 bulan

 

4. Olahraga.

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga menjadi kunci utama bagi kesehatan tubuh. Olahraga yang dilakukan setiap hari mampu menjaga berat badan dan terhindar dari kolesterol. Nggak perlu melakukan olahraga berat yang menyiksa diri, cukup dengan latihan cardio selama 30 menit setiap hari bisa membuat kadar kolesterol tetap seimbang.

 

5. Perbanyak mengonsumsi gandum.