Ada sejak puluhan tahun, ini rahasia 5 kuliner legendaris Nusantara

Posted on

Brilio.net – Kuliner merupakan salah satu daya tarik saat sedang menjelajahi suatu tempat atau daerah. Masing-masing daerah memiliki identitas kuliner yang mereka tonjolkan. Di Indonesia contohnya, setiap kota atau daerah memiliki kuliner khas yang beraneka ragam. Baik dari segi rasa, bentuk, bahan hingga cara pengolahannya.

Bukan rahasia lagi jika Indonesia disebut sebagai surganya beragam makanan yang sayang banget buat dilewatkan. Bahkan masakan khas Nusantara tak hanya populer di negeri sendiri, tapi juga sudah menunjukkan taringnya hingga mancanegara.

Saking lezatnya cita rasa kuliner Nusantara, tahun ini salah satu masakan khas Indonesia, rendang, lagi-lagi masuk dalam ajang bergengsi CNN yang bertajuk “50 World’s Most Delicious Food”. Mengalahkan Lasagna khas Itali, rendang berada di urutan ke-11.

Dikenal sebagai surga kuliner, Indonesia memiliki kuliner legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun. Kelezatan dengan cita rasa khasnya berhasil eksis dan menjadi menu andalan di sejumlah warung makan di Tanah Air.

BACA Juga :   10 Pemotretan ini kampanyekan perbedaan fisik itu bukan masalah

Kamu pasti penasaran kan apa rahasia di balik kesuksesan kuliner legendaris Nusantara itu? Nah, berikut brilio.net, Rabu (4/4), ulas rahasia di balik eksistensi kuliner khas Nusantara yang sudah melegenda.

1. Mie Aceh Seulawah.

foto: Instagran/@mieacehseulawah

Nama Mie Aceh Seulawah terkenal sejak lama. Buktinya Mie Aceh yang sudah memiliki banyak cabang di Jakarta ini sudah berdiri lebih kurang 20 tahun lamanya.

Rahasia kelezatan Mie Aceh Seulawah yang berdiri sejak 1996 ini rupanya terletak pada bumbu dan mie yang diracik sendiri. Jadi tidak akan bisa ditemui dan dicontek di mana-mana.

Mie Aceh Seulawah memiliki 20 bumbu dan rempah. Tercatat bumbu-bumbu tersebut ada yang masih berasal dari Aceh. Tak heran, Mie Aceh Seulawah tak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan juga sudah sampai ke luar negeri.

BACA Juga :   10 Transformasi Super Junior ini jadi bukti kegantengannya konsisten

2. Konro Mamink Daeng Tata.

foto: Instagram/@yummyfoodsid

Berdiri sejak tahun 1996, warung H. Mamink Daeng Tata di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini sudah melegenda. Warung ini menyajikan kuliner khas Makassar seperti coto makassar, konro (bahasa Makassar untuk iga), dan es pisang ijo. Tapi yang menjadi menu andalan warung ini adalah iga bakar Daeng Tata (Tata Ribs). Menu ini berbahan dasar daging sapi panggang yang dilumuri campuran bumbu kacang dan kecap.

Daging pada iga bakarnya terasa sangat empuk. Rahasia kelezatan menu yang disajikan berasal dari racikan bumbu murni rempah-rempah Indonesia tanpa dicemari bumbu berbahan kimia. Bahkan, konon iga bakar di Mamink Daeng Tata inilah yang menjadi pelopor inovasi konro bakar yang belakangan muncul.

BACA Juga :   10 Potret pemberani ketika para wanita sipil ikut Perang Dunia II

3. Nasi Goreng Kebon Sirih.

foto: Instagram/@separuhakulemak

Nasi Goreng Kebon Sirih sudah ada sejak tahun 1958. Tak mengherankan jika melegenda di kalangan khalayak ramai. Lidah pun dimanjakan dengan rasa gurih yang berasal dari olahan rempah-rempah dengan tambahan minyak samin.

Sang inisiator di balik kuliner ini adalah almarhum Haji Nein. Resep nasi goreng ini telah bertahan secara turun menurun. Pilihan beras, bumbu, dan daging kambing dijaga secara ketat. Bumbu-bumbu yang digunakan terdiri dari rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, sereh, lada, dan beberapa jenis bumbu lain.