Antimainstream, pilot TNI AU ini dapat kejutan sertijab film pendek

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Prosesi serah terima jabatan (sertijab) seringnya berlangsung formal dan penuh haru. Setelah itu, ada sesi informal untuk berkenalan dengan pejabat baru dan pamitan dengan pejabat lama.

Hal itu pula yang dialami seorang pilot TNI Angkatan Udara (AU), yang selama kurang lebih 1 tahun belakangan menjabat Komandan Skadik 101 Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Letkol Pnb Humaidi Syarief Romas.

Pada akhir April lalu, Romas harus memindahkan tampuk kepemimpinannya di Skadik 101 kepada Letkol Pnb Frando ‘Fennec’ Marpaung yang sebelumnya tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT).

Romas dikenal sebagai pimpinan yang ramah, kocak, dan kreatif. Setidaknya seperti itulah yang terlihat dari interaksinya dengan rekan maupun fans TNI AU di media sosial pribadi. Lebih-lebih ketika dia menciptakan tokoh fiksi untuk pesawat Grob yang digunakan sebagai pesawat latih di Sekolah Penerbang TNI AU.

Beberapa waktu lalu Hoopsbyjudy berkesempatan mendapatkan bocoran tentang tokoh fiksi bernama Clara dan Lanang Rangga ciptaan pilot dengan call sign Condor tersebut. Menurut ayah dua putra tersebut, perlu adanya upaya memopulerkan TNI AU kepada masyarakat dengan cara yang unik.

Selama ini, masyarakat lebih mengenal pesawat-pesawat tempur jet TNI AU seperti Sukhoi, F-16, T50i, atau pesawat latih dasar KT-1B Wong Bee andalan JAT. Padahal TNI AU juga punya pesawat latih lain yakni Grob buatan Jerman yang nggak kalah keren.

Romas pun terdorong menciptakan nama Clara, singkatan Cantik Langsing Tiada Tara yang mengacu ke pesawat Grob dengan tampilan polos dan Lanang Rangga yang merupakan kependekan dari Lelaki Tenang Garang Menggoda, mengacu ke Grob yang bergambar muka mulut ikan buas.

Romas rutin membuat caption-caption menarik saat mengunggah foto atau video kebersamaannya dengan Clara dan Lanang Rangga di akun media sosial. Caption-caption dengan hashtag #KisahCintaSiClara tersebut berisi cerita layaknya FTV, lho.

Pilot yang pernah menjadi bagian JAT ini menyatakan bahwa kisah cinta Clara dan Lanang Rangga akan berakhir ketika dia tak lagi menjabat sebagai komandan. Romas menepati janjinya.

foto: Instagram/@romas_condor

Nggak berhenti sampai di situ. Para perwira penerbang di Skadik 101 turut andil dalam berakhirnya kisah cinta ciptaan sang komandan.

Bertepatan dengan pindah tugas Romas ke Pusat Kerjasama Internasional TNI di Mabes TNI Jakarta sebagai Kasubbid Multimiliter Kerjasama Internasional Non ASEAN, mereka menghadiahi Romas film pendek #IjinkanAkuMenyapamuSoreIniSaja. Film pendek ini merupakan perwujudan dari #KisahCintaSiClara yang selama ini diunggah Romas di Instagram.

“Syutingnya di Skadik 101 tanpa sepengetahuan saya… hehehe,” ujar Romas kepada Hoopsbyjudy lewat pesan singkat, Minggu (6/5).

Film pendek ini tak cuma mengejutkan Romas, melainkan juga penikmat kisah cinta Clara dan Lanang Rangga di Instagram Romas. Mereka lega dan gembira, Clara dan Lanang Rangga yang selama ini ditujukan untuk pesawat benar-benar dijadikan film pendek.

Nah, mau tahu gimana jalan cerita #KisahCintaSiClara versi filmnya? Berikut videonya sebagaimana dikutip Hoopsbyjudy dari akun YouTube Romas Condor. 

Part 1

 

Part 2

 

Part 3

 

(brl/tin)