Antimainstream, yuk coba bikin nastar crumble cake buat Lebaran

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Apa sih, kue kering favoritmu saat Lebaran? Kue kastengel? Kue putri salju? Atau malah kue nastar? Ketiga kue kering tersebut memang merupakan jenis kue kering yang paling digemari banyak orang dan biasanya wajib ada ketika Lebaran tiba.

Bagi kamu pecinta nanas, tentunya kue nastar akan menjadi favoritmu di antara ketiga kue kering tersebut. Nah, beberapa waktu belakangan ini sebuah toko kue terkenal di Jakarta membuat gebrakan baru dengan menciptakan kue kering nastar dalam bentuk chiffon cake yang diberi nama nastar crumble cake.

Kreasi baru dari kue nastar ini bakal memberi sensasi baru ketika menikmati kue yang biasanya berselai nanas tersebut. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis dan segar dari selai nanasnya dijamin bakal memanjakan lidahmu.

Selain itu, nastar crumble cake ini bisa banget menjadi hidangan antimainstream saat Lebaran nanti. Sebab dipastikan nggak banyak orang yang bisa bikin. Ya nggak?

Nah, berikut resep dan cara membuat nastar crumble cake yang dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Kamis (7/6).

Bahan A
1. 80 gr selai nanas homemade
2. 145 gr susu cair
3. 8 kuning telur

Bahan B
1. 150 gr minyak goreng
2. 1 sdt garam
3. 240 gr terigu protein rendah

Bahan C
1. 9 putih telur
2. 1/2 sdt ctt
3. 140-160 gr gula pasir

Bahan pelengkap
1. Cream cheese frosting atau buttercream secukupnya
2. Selai nanas secukupnya
3. Nastar crumble secukupnya
4. Kue nastar secukupnya

Cara membuat
1. Untuk membuat selai nanas homemade menggunakan breadmaker, bahan yang dibutuhkan yaitu 500 gr nanas blender halus tanpa air, 200-400 gr gula halus, 1 bungkus bubuk agar-agar rasa plain dan 1 sdm butter. Masukkan semua bahan ke dalam breadmaker kecuali butter. Lalu 5 menit sebelum matang, masukkan butter. Dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup.

2. Untuk membuat cream cheese frosting bahan yang dibutuhkan yaitu, 100 gr cream cheese, 250 gr butter, 200-300 gr gula halus. Mixer semua bahan sampai tekstur menjadi creamy dan cream pun siap digunakan. Sisihkan.

3. Blender semua bahan A kecuali kuning telur yang dipisahkan dalam satu wadah yang berbeda.

4. Masak bahan B, dimulai dengan memanaskan minyak dengan api kecil, kemudian masukkan garam. Aduk merata, lalu masukkan tepung terigu secara bertahap.

5. Aduk terus hingga tekstur adonan menjadi licin, lalu matikan api. Kemudian campur bahan A dan aduk hingga merata.

6. Setelah itu, tambahkan kuning telur satu per satu sambil diaduk.

7. Aduk terus hingga merata dengan whisker.

8. Dalam wadah lain, kocok semua bahan C. Dimulai dengan kecepatan rendah, masukkan ctt, kocok hingga berbusa. Naikkan kecepatan dan tambahkan gula secara bertahap, kocok lagi sampai habis. Kemudian naikkan kecepatan paling tinggi, kocok hingga tekstur menjadi kaku glossy.

9. Tambahkan adonan bahan C secara bertahap ke dalam adonan pasta kuning telur tadi. Aduk balik dengan spatula dan aduk hingga merata menggunakan whisker.

10. Setelah merata, tuang dalam loyang. Lalu panggang selama 90 menit, 30 menit pertama dengan suhu 170 derajat celcius dan 60 menit dengan 150 derajat celcius dengan metode au bain marie. Cek kematangan dengan melakukan tes tusuk.

11. Setelah matang, angkat dan segera dinginkan cake.

12. Potong cake menjadi beberapa bagian.

13. Oleskan selai nanas.

14. Oleskan cream cheese frosting.

15. Tumpuk potongan cake tadi dan susun.

16. Oleskan kembali cream cheese frosting hingga menutupi semua bagian cake.

17. Lalu hias cake sesuai selera, nastar crumble cake pun siap disajikan. Selamat mencoba!

 

 

 

RECOMMENDED