Apa Saja Sih Smartphone yang Digunakan Para Pemimpin Dunia? Lihat Sendiri Daftarnya

Posted on


Zaman terus berubah begitupun dengan teknologi komunikasi. Saat ini orang-orang sudah tak lagi menggunakan telepon rumah atau umum untuk berkomunikasi. Bentuk telepon sudah lebih praktis dan lebih canggih karena terapat beberapa fitur yang disematkan di dalamnya sehingga dapat menopang kegiatan kita sehari-hari. Yap, smartphone. Hari gini siapa sih yang nggak punya smartphone? Dari yang kaya sampai yang miskin, anak kecil hingga orang dewasa, hampir semua kalangan kini memiliki smartphone. Termasuk presiden dan pemimpin negara.

Bicara soal smartphone, kalian pernah kepo nggak sih presiden di dunia pakai smartphone apa saja? Entah itu mereknya, spesifikasinya, lalu digunakan untuk bekerja atau memang sekadar untuk hiburan saja. Nah kali ini Hoopsbyjudy News & Feature mau membahasnya satu per satu agar kalian nggak penasaran lagi. Langsung aja yuk kita simak bareng ulasannya!

1. Yang pertama dari dalam negeri, yaitu Presiden Jokowi. Seperti yang telah kita ketahui bapak negara yang satu ini hobi banget sama nge-vlog. Untuk mendapatkan hasil video yang baik Pak Jokowi pakai smartphone BlackBerry sampai Himax Pure 3

Smartphone Jokowi via kitanesia.id

Jika kamu subscribe akun Youtube Jokowi, kamu tahu betul kan kualitas gambar vlog beliau yang tajam alias full HD. Itu semua karena beliau menggunakan smartphone dengan sistem keamanan yang tinggi yaitu BlackBerry. Seperti yang dilansir dari Telset, setelah BlackBerry Jokowi juga pernah pakai smartpone Samsung Galaxy S9+, iPhone X, serta Himax Pure 3.

FYI, Himax Pure 3 pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2014. Smartphone ini memiliki keunggulan di kamera depan yaitu 14 MP. Daya tahan baterainya juga termasuk kuat karena menggunakan baterai berkapasitas 2.200 mAh dengan prosesor octa-core. Hm, pantas saja hasilm gambar vlog Jokowi sangat jernih.

2. Kita terbang ke negeri Paman Sam. Setelah dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meninggalkan Samsung Galaxy untuk kemudian menggunakan iPhone

Donald Trump iPhone used via www.businessinsider.sg

Berbeda dengan Jokowi, Presiden Donald Trump lebih senang nge-twit ketimbang vlog. Akhir-akhir ini beberapa cuitannya di ‘beranda burung biru’ menuai kontroversi. Tapi kita nggak akan membahas itu.

Seperti yang dilansir dari The Guardian sebelum ia dilantik menjadi presiden Amerika Serikat yang ke-45, Turmp menggunakan Samsung Galaxy S3. Demi keamanan, setelah Trump dilantik menjadi presiden Amerika Serikat, dirinya diwajibkan menggunakan iPhone karena android dinilai tidak aman digunakan di Gedung Putih. Karena iPhone dinilai sangat representatif untuk mengatasi masalah keamana tersebut.

3. Menuju ke negeri rudal, Korea Utara, Kim Jong Un tidak menggunakan smartphone yang sudah jamak digunakan orang banyak seperti, Samsung dan iPhone. Ia lebih memilih memakai buatan HTC asal Taiwan

Kim Jong Un HTC used via news.sky.com

Semenjak Korea Utara dipimpin oleh Kim Jong Un barang-barang mewah makin sulit didapat. Di mata dunia Korea Utara dinilai terlalu konservatif. Begitu juga dengan teknologi komunikasinya. Kim Jong Un sebagai pemimpinnya saja tidak menggunakan smartphone pasaran seperti Samsung dan iPhone.

Dilansir dari The Guardian, Kim Jong Un lebih memilih menggunakan produk HTC buatan Taiwan. Jaringan komunikasi di Korea Utara hanya berjalan di gelombang 3G. Penggunaan smartphone pun hanya diperuntukkan bagi pejabat dan keluarga besar Kim Jong Un. Tak heran jika warga Korea Utara ingin mengakses internat nggak bisa menggunakan smartphone melainkan melalui internet di komputer. Hm, miris ya.

4. Lagi-lagi masalah keamanan. Presiden Jerman, Angela Merkel, mengganti smartphone terdahulunya dengan BlackBerry Q10

Angela Merker BlackBerry Q10 used via crackberry.com

Wajib hukumnya bagi pemimpin suatu negara untuk mendapatkan sistem kemanan komunikasi. Hal ini untuk menjamin dari tindakan penyadapan telepon yang dapat mengundang ancaman bagi negara itu sendiri. Untuk pencegahan gangguan keamanan tersebut presiden Jerman, Angela Merkel, menggunakan smartphone BlackBerry Q10 yang dinilai memiliki sistem keamanan paling tinggi dibandingkan dengan sesama produk smartphone lainnya.

BlackBerry Q10 merupakan produk andalan BlackBerry yang berjalan pada prosesor dual-core 1.5GHz Snapdragon S4. Dengaan memori RAM 2GB, ROM 16GB, serta kapasitas baterai sebesar 2.100mAh memang dapat diandalkan untuk mengerjakan segala pekerjaan. Tidak heran jika smartphone ini banyak digunakan khalayak terlebih lagi pemimpin negara.

5.  Nah, pemimpin negara yang satu ini terbilang ‘woles’. Presiden Rusia, Vladimir Putin, nggak pakai smartphone sama sekali lho

Vladimir tidak menggunakan smartphone via www.hollywoodreporter.com

Mungkin ini terbilang langka di dunia. Bagaimana tidak, presiden Rusia, Vladimir Putin nggak menggunakan smartphone. Baginya penggunaan smartphone hanya akan mendatangkan bahaya. Vladimir paham betul akan penyadapan jaringan komunikasi telepon karena ia pernah bekerja sebagai agen intelejen di KGB Spy di Moscow, Rusia.

Dilansir dari The Guardian, Vladimir berkali-kali mengaku ia nggak punya smartphone serta gaptek (gagap teknologi) terhadap internet. Karenanya kinerja Valdimir terbilang lamban ditambah lagi ia tidak memiliki akun Instagram sehingga jadi kudate atau kurang update. Menurut kabar nih, Vladimir menggunakan smartphone buatan Rusia pertama yaitu MTS Glonass 945. Projek smartphone ini memang diinisiasi oleh Vladimir sendiri, jadi nggak heran sih jika dia menggunakannya.

Nah. itulah smartphone para pemimpin dunia. Mulai dari yang umum sampai yang khusus untuk menunjang kerja sehari-hari. Kalau menurut kamu, lebih canggih mana smartphone dari kelima pemimpin dunia ini?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya