Aplikasi live streaming ini luncurkan Cube TV, khusus buat gamers nih

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Sudah bukan rahasia lagi jika aplikasi live streaming saat ini bukan sekadar untuk hiburan semata. Tapi bisa juga dijadikan media untuk berkreasi dan tentunya mencari rezeki lho.

Dari sekian banyak platform live streaming di Indonesia, BIGO LIVE menjadi salah satu yang paling digemari. Nggak heran jika aplikasi live streaming yang berbasis di Singapura ini sekarang ini sudah memiliki lebih dari 200 juta pengguna di lebih dari 100 negara termasuk Jepang, India, dan Amerika Serikat.

Nah di Indonesia sendiri sudah ada lebih dari 30 juta pengguna. Sebagai gambaran nih. Tahun lalu aplikasi ini mampu meraup keuntungan sekitar USD300 juta atau sekitar Rp4,2 triliun.     

“Ini terjadi karena BIGO LIVE hanya membutuhkan 2-5% pengguna berbayar untuk mencapai titik impas (break even point) dan mendukung pengembangan lebih lanjut,” ujar Vice President BIGO James Wang saat peluncuran Cube TV, aplikasi yang berfokus pada mobile gaming live-stream, arena eSports, dan sebuah pusat perbelanjaan game dari BIGO LIVE dalam acara bertajuk BIGO Special Night Journey to Victory, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (21/5).

Nah Cube TV sebagai produk terbaru BIGO LIVE sengaja diluncurkan sebagai bentuk ekspansi aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang gila games. Tujuan peluncuran Cube TV agar para gamers bisa lebih profesional. Nggak cuma sekadar bermain saja lho.

Vice President BIGO James Wang

Kepala Pemasaran Global Cube TV Aswin Atonie menjelaskan, aplikasi Cube TV menawarkan teknologi canggih yang memungkinkan real-time video streaming berkualitas tinggi dengan latensi yang sangat singkat. Nggak cuma itu, Cube TV juga memungkinkan para pengguna menonton live-stream dan video dalam kualitas Blue-Ray. Kualitas 8M Blue Ray dan 20M Full HD untuk video dan live-streaming juga akan segera tersedia di aplikasi ini lho.

“Ide di balik aplikasi ini adalah untuk menciptakan sebuah ekosistem gaming yang dinamis di mana kami menyediakan kesempatan bagi para pengguna berinteraksi dan mengadu kehebatan mereka di arena permainan,” kata Aswin.  

Selain itu, aplikasi ini juga akan memungkinkan pengguna memperluas lingkaran pertemanan serta bertukar pikiran dengan para pengguna lain. Nah sedangkan fitur pusat perbelanjaan akan memuaskan kebutuhan para gamer yang mencari produk game dan bahkan memungkinkan mereka mendapatkan penghasilan lho.

Sekadar inormasi, Cube TV telah memiliki lebih dari 2 juta pengguna aktif setiap bulan sebelum peluncuran resminya di wilayah Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Selatan, dan Rusia. BIGO juga sedang mempertajam kerja sama strategis dalam membentuk industri internet bagi seluruh dunia melalui keahlian dalam teknologi Artificial Intelligent (AI). Saat ini Cube TV telah menjalin kerja sama dengan salah satu game seluler online terbesar di dunia, yakni Mobile Legends.

Dirjen Kementerian Kominfo Semuel Abirijani Pangerapan dan Indonesia Country Manager BIGO Technology Kelly Zhang saat peluncuran Cube TV dari BIGO di Jakarta, Senin (21/5).

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abirijani Pangerapan menjelaskan, BIGO LIVE saat ini menjadi salah satu platform live streaming yang cukup aman. Padahal aplikasi ini sempat ditutup pemerintah lho karena rawan konten negatif khususnya aksi pornografi di dalamnya. “Jadi BIGO sempat kita tutup dulu. Terus saya sempat lihat sistem mereka. Sekarang, sistem penyaringan konten gambar mereka lebih akurat,” kata Samuel.  

Malah saat ini Kominfo berencana bekerjasama dengan BIGO untuk sistem penyaringan. Maklum milik BIGO beda dengan mesin pengais (crawling) yang selama ini digunakan Kominfo. Kalau mesin pengais berdasarkan keyword sementara BIGO menggunakan algoritma canggih. “Jadi kalau ada orang buka baju langsung terdeteksi,” lanjut Samuel.

Saat ini, BIGO memiliki lebih dari 30 orang yang bertugas mengontrol konten streaming. Hal itu dilakukan sebagai komitmen untuk memerangi konten negatif di Indonesia.    

      

 

 

 

(brl/red)