Asida, dodol Ambon yang jadi menu khas saat Ramadan

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Asida sebetulnya merupakan kue khas Arab. Namun, bagi warga Ambon, makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi di lidah mereka. Bahkan, Asida sendiri telah menjadi camilan favorit di bulan Ramadan.

Sekilas, asida memiliki rasa seperti dodol, manis. Ia juga memiliki aroma kayu manis. Namun, teksturnya sekenyal dodol. Hal ini dikarenakan ia tidak terbuat dari tepung ketan, melainkan tepung terigu.

Tak hanya itu, di bagian atasnya, kue ini dilumuri dengan mentega cair yang rasanya gurih. Perpaduan antara manis dan gurih inilah yang membuat asida menjadi santapan yang unik.

Dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Senin (4/6), berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat Asida yang menjadi menu khas bulan Ramadan tiba. Yuk, dicoba! Biar menu berbukamu jadi lebih variatif.

Bahan-bahan:
1. 250 gr tepung terigu
2. 250 ml air
3. 150 gr gula merah sisir
4. 8-10 biji kapulaga
5. 2 lembar daun pandan
6. sejumput garam
7. 2-3 sdm mentega

Cara membuat:
1. Siapkan panci kecil, lalu tuangkan air. Masukkan kapulaga yang sudah ditumbuk, kayu manis, daun pandan, gula merah, dan garam. Panaskan hingga mendidih selama 3-5 menit. Selagi panas, masukkan mentega dan aduk hingga mencair. Dinginkan.

2. Setelah dingin, saring air tersebut dan campurkan dengan terigu. Aduk hingga rata.

3. Panaskan kuali atau panci, tuang adonan tersebut. Masaklah dengan api yang kecil. Aduk terus agar adonan tidak gosong sampai teksturnya menjadi kental seperti dodol. Agar memudahkan dalam mengaduk, baiknya gunakan sendok kayu.

4. Lalu bentuk adonan seperti gunung. Bagian tengahnya dibentuk menyerupai lubang. Kemudian tuangkan mentega cair ke dalam lubang tersebut.

5. Sekarang, asida pun siap disajikan. Tertarik? Yuk, dicoba!

(brl/red)

WHAT DO YOU THINK