Banyak Jadi Tren, Ternyata Ini 5 Fakta Penting Soal Filler Bibir. Pahami Dulu Sebelum Ikut-ikutan

Posted on


Tren filler bibir semakin mencuat setelah selebram fenomenal Karin Novilda atau Awkarin membuat bibirnya makin berisi pakai teknik tersebut. Nggak cuma bibir, dia pun kabarnya mem-filler bagian hidungnya juga biar lebih mancung. Sebelum Awkarin sebenarnya juga udah banyak selebriti yang memasang filler bibir, sebut aja Kylie Jenner, Megan Fox, atau Nicole Kidman. Sampai detik ini tren kecantikan satu itu masih banyak diminati mereka yang mendambakan bibir penuh dan seksi ala Angelina Jolie.

Karena sudah dianggap tren, nggak sedikit wanita muda yang tanpa keraguan langsung menghubungi dokter kecantikan buat mem-filler bibirnya. Yang lebih memprihatinkan, banyak juga dari mereka yang membahayakan diri sendiri demi mengikuti tren dengan memilih klinik-klinik murah yang belum punya sertifikasi resmi. Sebelum kamu ikut gaya-gayaan, mending simak fakta-fakta penting soal filler bibir bareng Hoopsbyjudy News & Feature berikut ini yuk!

1. Filler bibir itu macam-macam jenisnya, ada yang pakai silikon, kolagen, lemak, atau Hyaluronic Acid (HA)

Filler bibir via www.harpersbazaar.com

Kalau sekarang yang paling populer adalah filler pakai HA seperti Volbella or Restylane. HA ini sebenarnya suatu enzim yang dihasilkan secara alami oleh tubuh. Dengan menyuntikkan enzim hyaluronic ini ke bibir, yang mana prosesnya cuma sekitar 10-15 menitan, bibirmu akan jadi lebih padat dan berisi. Filler juga katanya bisa menyamarkan semacam kerutan-kerutan nggak diinginkan di area bibir.

Kalau kolagen, itu sebenarnya zat yang juga dihasilkan tubuh manusia dan hewan. Kolagen untuk filler bibir ini bisa diekstrak dari sapi atau manusia. Bedanya cuma di lama bertahannya aja, kalau kolagen sapi katanya sih lebih awet dari kolagen manusia. Tapi untuk beberapa orang biasanya kolagen ini malah menimbulkan alergi.

2. Khusus buat yang silikon sebenarnya udah nggak direkomendasikan lagi lho, karena katanya lebih riskan gitu

Silikon via joy105.com

Nah khusus yang silikon, sebenarnya udah nggak direkomendasikan sama dokter-dokter kecantikan. Cuma praktiknya, masih banyak klinik murahan yang pakai cara ini karena relatif lebih murah. Filler silikon ini biasa disebut juga dengan implan. Implan dianggap lebih riskan dibanding filler jenis lain, soalnya ada kemungkinan implan bergerak atau membuat area sekitar bibir benjol.

3. Udah banyak banget lho kasus implan silikon yang malah gagal dan bikin bibir pasiennya bengkak. Ngeri lah pokoknya

Implan silikon gagal via www.ranker.com

Dilansir ABC News, silikon cair yang disuntikkan pada bagian tubuh tertentu seperti bibir, justru bisa menimbulkan petaka ketika tubuh si pasien “menolak”nya. Paul Rosenberg, ahli bedah di New Jersey mengatakan, kalau tubuh manusia menolak, ia akan berusaha mengeluarkan material apa saja yang mengganggu, dengan cara apapun. Kalau sudah begini, efeknya biasanya bengkak. Karena dianggap membahayakan, The Food and Drug Administration AS sampai nggak mengizinkan penjualan silikon cair untuk filler atau injeksi.

4. Terus soal durasi penggunaan lip filler juga beda-beda nih, biasanya rentang waktunya antara 6-12 bulan

Durasinya beda-beda via anexamarket.com

HA lip filler banyak disukai karena selain ‘pemasangan’nya cepat, risiko bahayanya juga lebih sedikit. Filler ini bukan permanen, biasanya akan bertahan 6 bulan. Setelah itu hyaluronic acid-nya bakal menghilang dengan sendirinya! Bibir pun bakal kembali ke sediakala. Kalau kolagen lip filler biasanya bertahan 6-12 bulan. Nah, kalau silikon sering dipilih mereka yang pengen filler bibir permanen. Tapi ya itu tadi, risiko bahayanya lebih besar.

5. Lucunya, makin sering orang bicara, berciuman, atau aktivitas lain yang melibatkan bibir, maka lip filler-nya akan semakin cepat hilang!

Duck face via www.lifeandstylemag.com

Agak aneh sih, tapi katanya ini terbukti lho. Kalau pengen lip filler-nya awet, jangan jadi cerewet 😀 Bahkan gaya duck face pas lagi selfie juga bisa berpengaruh ke awet nggaknya filler lho. Nggak cuma itu, semakin sistem imun baik, nggak pernah sakit, maka lip fillermu akan semakin cepat hilang. Soalnya tubuh jadi makin kuat melawan enzim HA tadi. Jadinya cepat hilang deh.

Yah, semua hal di dunia ini memang ada plus minusnya sih ya, termasuk tren filler bibir yang lagi banyak digandrungi kaum muda urban. Terlepas dari itu semua, ada baiknya kita bersyukur aja deh sama apa yang udah dikasih. Daripada salah-salah dan bikin bentuknya makin amburadul, mendingan percaya dan jadi diri sendiri aja~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya