Batu-batu hitam di pantai ini ternyata jejak lava gunung api purba lho

Posted on

Brilio.net – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang paling rawan. Tapi, jangan berpikir negatif dulu ya. Rawan di sini bukan dalam hal keamanan lho. Tapi secara geografis, Indonesia adalah salah satu negara yang hampir seluruh wilayahnya berada di jalur cincin api (ring of fire).

Artinya, Indonesia berada di jalur gempa paling aktif di dunia. Kondisi ini membuat wilayah Nusantara selalu berada dalam bencana akibat letusan gunung api, gempa bumi, dan tsunami.

Lava bantal berbentuk bongkahan besar yang sering dijadikan spot berfoto

Sudah bukan rahasia lagi jika dari Sabang hingga Merauke, terdapat sejumlah gunung api aktif. Menurut beberapa penelitian, jutaan tahun lalu di Indonesia banyak terdapat gunung api purba. Malah nggak jarang gunung api purba itu berada di dasar laut (submarine-volkano).  

BACA Juga :   Cukur Bulu Kaki Biar Nggak Tumbuh Lagi Ada Triknya. 6 Langkah Sederhana Ini Layak Dicoba

Salah satu buktinya bisa dilihat di pantai Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Di wilayah pesisir selatan pulau eksotis ini terdapat beberapa batu hitam. Saat Brilio.net mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu, ada lava berupa bongkahan besar yang teronggok di tepi pantai. Tapi banyak juga yang berserakan.

Lava bantal yang dipercaya berasal dari gunung api purba

Rupanya batu-batu hitam itu bukanlah karang, melainkan sisa-sisa lava gunung api purba. Batu-batu itu disebut lava bantal (pillow lava). Keberadaan lava bantal ini menjadi kunci sejarah geologi terbentuknya tiga gili (Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno). Malah diyakini berjuta-juta tahun lalu Gili Trawangan dan sebagian Lombok pernah menjadi dasar laut.

BACA Juga :   Begini kehebohan final liga game mobile terbesar di Asia Tenggara

Oh iya, lava bantal ini terbentuk akibat lelehan lava yang masuk ke air laut berjuta-juta tahun lalu. Disebut lava bantal karena sisa aliran lava yang bersentuhan dengan air laut yang bersuhu lebih dingin itu membentuk bongkahan bulat menyerupai bantal.