Bayangkan pagimu dengan sunrise di 7 spot exceptional, amboy asyiknya

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Momen matahari terbit (sunrise) selalu jadi daya tarik bagi siapa pun. Semburat warna oranye memberi sensasi hangat sekaligus memicu semangat mengawali hari. Lebih-lebih kalau kamu menikmatinya di alam bebas yang menyuguhkan pesona memikat. Spontan bisa ngusir penat gara-gara kesibukan yang padat. Setuju nggak, guys?

Udah banyak bukti panorama selepas dini hari ini jadi buruan banyak orang di titik-titik wisata terkenal. Salah satu contohnya sunrise di puncak Gunung Bromo, Jawa Timur. Banyak turis dari dalam maupun luar negeri hunting keelokan sunrise di sini.

Nah, ternyata Indonesia nggak cuma punya Bromo untuk nikmatin sunrise. Kira-kira di mana aja kamu bisa dapetin momen sunrise yang breathtaking?

Berikut ulasan Hoopsbyjudy disarikan dari berbagai sumber, Jumat (11/5), tujuh lokasi yang manjain kamu dengan pesona golden hours pagi.

1. Spot Riyadi, Yogyakarta.

foto: Sad Agus

Nama spot satu ini udah nggak asing lagi kan, buatmu? Tempat wisata yang dikelola pemiliknya bernama Riyadi sejak tahun 2000 ini terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Untuk mencapai ke sini, kamu butuh waktu sekitar 45 menit berkendara dari pusat kota, Jalan Malioboro ke Spot Riyadi. Tepatnya menuju ke arah Candi Prambanan lalu belok kanan menuju Dusun Dawangsari yang nggak jauh lagi dari restoran dengan pesona alam, Abhayagiri.

Meski lokasi Spot Riyadi butuh sedikit blusukan ke perbukitan Prambanan, keinginanmu lihat sunrise akan terbayar impas. Selagi sunrise saat cuaca cerah, matamu bakal disuguhi pemandangan Candi Prambanan, Gunung Lawu, Gunung Merapi, dan Gunung Sumbing. Dijamin nggak akan nyesel deh, kalau masukin Spot Riyadi di bucket listmu.

Soal tiket masuk ke Spot Riyadi, nggak usah khawatir. Gratis! Tapi kalau kamu mau wisata kuliner di kedai milik Riyadi, bisa banget. Jangan lupa bayar ya, guys.

2. Bukit Selong, Lombok.

foto: wisnusjourney.blogspot.co.id

Bukit yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini menyuguhkan pesona Gunung Rinjani dengan ‘karpet’ hijau petak-petak sawah yang terhampar luas.

Nuansa tenang dan keasrian Bukit Selong membuatmu betah berlama-lama di sini. Apalagi kamu cukup keluar kocek sekitar Rp 5.000 per orang sebagai biaya retribusi. Sudah termasuk biaya parkir juga lho.

Perjalanan ke bukit yang masuk wilayah Taman Wisata Pusuk Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini agaknya butuh effort. Butuh waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Mataram. Rute yang dilewati berupa jalan berkelok dengan tikungan tajam berhiaskan rerimbunan pohon. Belum lagi jalanan dengan tanjakan dan turunan tajam.

Selain rute yang bikin deg-degan, pastikan kamu sudah melakukan persiapan mendaki. Minimal kamu kudu pakai alas kaki khusus naik gunung, seperti sandal gunung atau sepatu berkaret keras. Lokasinya yang tinggi, harus melewati anak tangga atau tanjakan yang terjal, dan bisa berisiko terpeleset, membuatmu harus mempersiapkan diri demi keamanan dan keselamatan.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi.

foto: shutterstock.com

Kawah Ijen yang terletak di kabupaten paling ujung timur Pulau Jawa ini nggak cuma menawarkan keajaiban api biru (blue fire), tapi juga sunrise yang aduhai.

Butuh waktu sekitar 1 jam 47 menit berkendara dari pusat Kota Banyuwangi menuju Kawah Ijen yang masuk wilayah Taman Nasional Baluran di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

Sebagai persiapan menikmati sunrise di Kawah Ijen, pastikan kamu pakai jaket, kupluk atau penutup kepala, dan sarung tangan karena udaranya sangat dingin. Biasanya persiapan dimulai sekitar pukul 02.00 dini hari.

Untuk sampai ke puncak Ijen, kamu butuh waktu jalan kaki kurang lebih 3 kilometer dari tempat parkir, melalui beberapa pos seperti pos Paltuding dan pos Bunder. Mengingat jalan kaki yang jauh, berpasir, lalu ada kontur jalan menanjak, kamu butuh sesekali istirahat sejenak untuk minum dan melepas lelah.

Semua kelelahanmu bakal nggak berasa lagi saat sampai di puncak. Selain keindahan blue fire di kawah, rona matahari juga mulai menampakkan diri dari balik dinding-dinding kawah. Lama-lama matahari naik dan memaparkan keindahan alam Gunung Ijen yang bikin kamu nggak mau beranjak segera dari sana.

Budget yang perlu kamu keluarkan di tempat wisata yang buka 24 jam ini adalah Rp 5.000 (weekday) dan Rp 7.500 (weekend) untuk wisatawan lokal, sedangkan wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 100.000 (weekday) dan Rp 150.000 (weekend).

4. Puncak Sikunir, Dieng.

foto: shutterstock.com

Pengen lihat sunrise terbaik di desa tertinggi di Pulau Jawa? Puncak Sikunir jawabannya. Terletak di Desa Sembungan, kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Puncak Sikunir menawarkan pemandangan pagi hari yang membuat mata terbelalak saking takjubnya.

Untuk mencapai Puncak Sikunir, kamu perlu menempuh jarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Wonosobo menuju Desa Sembungan, atau memakan waktu sekitar 1 jam lebih beberapa menit berkendara. Kalau dari Kawasan Wisata Dieng hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit berkendara.

Umumnya, wisatawan terlebih dulu camping di kawasan Telaga Cebong yang nggak jauh dari Puncak Sikunir atau bermalam di penginapan di kawasan Desa Sembungan.

Sebelum lihat golden sunrise di sini, kamu perlu mendaki selama kurang lebih 1 jam. Sesampainya di puncak, kamu bisa nikmatin pesona pegunungan Dieng beserta puncak tujuh gunung sekaligus yakni Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu, Puncak Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Prau. Surga dunia banget, kan?

Kamu nggak perlu takut kelaparan saat menunggu sunrise tiba, karena banyak sekali pedagang makanan dan minuman di kawasan Telaga Cebong. Nggak perlu pusing juga mikirin tarif mendakinya. Menikmati keindahan sunrise di tempat yang terletak di ketinggian 2.263 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini nggak dikenakan tarif alias gratis. Tapi kamu tetap harus bayar biaya parkir sekitar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 mobil.

5. Punthuk Setumbu, Magelang.

foto: shutterstock.com

Bergeser dari Puncak Sikunir ke arah tenggara, kamu bisa dapetin golden time sunrise di Punthuk Setumbu yang ada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang. Kalau dari Yogyakarta, bisa kamu tempuh sekitar 1 jam perjalanan berkendara menuju Taman Wisata Candi Borobudur.

Sesampainya di Taman Wisata Candi Borobudur, kamu bisa langsung melaju ke arah Hotel Manohara, berlanjut ke arah perbukitan Gunung Menoreh. Saat kamu menemukan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise, kamu belok ke kanan mengikuti petunjuk arah untuk sampai ke area Punthuk Setumbu.

Eksotisme sunrise di Punthuk Setumbu menyuguhkan tiga pesona sekaligus, yakni kegagahan Gunung Merapi dan Merbabu dalam siluet menakjubkan dan Candi Borobudur di tengah lautan kabut. Nggak heran dong, banyak turis lokal maupun asing yang berburu sunrise di sini?

Demi dapetin momen terbitnya fajar di bukit ini, kamu perlu trekking sekitar 15 menit dari parkiran menuju puncak. Rute berupa jalan makadam dan tanah semakin menantang untuk ditaklukkan demi pemandangan yang bikin nggak habis pikir menawannya ciptaan Tuhan.

Nggak perlu mahal untuk menikmati sunrise di sini. Cuma butuh Rp 15.000 per orang untuk wisatawan lokal, dan Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per orang untuk wisatawan asing. Kamu bisa ke sini hari apa pun. Kalau Senin sampai Jumat dibuka pukul 04.00-17.00, sementara saat Sabtu-Minggu dibuka 24 jam.

6. Danau Toba, Sumatera Utara.

foto: Instagram/@gambaratoba

Puas dengan sunrise di dataran tinggi atau pegunungan, jangan lewatkan golden time pagi hari di kawasan Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Ada beberapa spot menikmati sunrise di kawasan Danau Toba. Salah satunya di Menara Pandang Tele, yang terletak di pertengahan jalan antara Pangururan menuju Sidikalang.

Untuk sampai ke sini, kamu perlu menempuh waktu sekitar 1 jam 56 menit dari Bandar Udara Internasional Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara atau sekitar 5 jam 29 menit dari Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang.

Dari Menara Pandang Tele kamu bisa menikmati hamparan Danau Toba, sebagian daratan Pulau Samosir, rumah penduduk di kaki Gunung Pusuk Buhit, dan deretan dataran tinggi.

Pemandangan alam Danau Toba nggak cuma menarik ketika langit oranye. Saat matahari mulai menampakkan diri utuh, kamu bakal semakin terpana dengan pesona sekitar. Bisa puas berfoto selfie dan memotret lanskap Danau Toba untuk feed Instagram yang worth it, deh.

7. Gunung Batur, Bali.

foto: shutterstock.com

Belum puas nikmatin alam Bali dengan pantainya? Kamu kudu ke Gunung Batur demi melihat sang surya terbit.

Untuk menikmati sunrise di gunung yang terletak di kawasan Kintamani, Kabupaten Bangli ini, kamu harus mempersiapkan diri mendaki dengan memakai baju tebal, topi penutup kepala, syal, sarung tangan, dan senter. Nggak lupa juga bekal makanan, minuman, dan obat-obatan pribadi.

Butuh waktu kurang lebih 1,5 hingga 2 jam mendaki. Kamu bisa memanfaatkan jasa guide mendaki atau kalau punya teman profesional mendaki juga lebih untung karena nggak perlu keluar kocek jasa guide yang terbilang mahal, bisa mencapai Rp 300.000 hingga 500.000 bahkan lebih per guide.

Umumnya wisata pendakian di Gunung Batur disuguhkan dalam paket-paket perjalanan. Harganya pun bervariasi. Tapi yang jelas, demi bisa melihat eksotisme sunrise di sini, semua pengorbanan akan dilakukan dong?

Keindahan alam kala sunrise di ketinggian 1.717 mdpl ini bakal bikin pikiranmu fresh dan nggak berhenti takjub karena seakan berada di atas awan. Rekomendasi banget untuk kamu yang mau khidmat menyatu dengan alam ditemani segelas teh hangat yang dijual di puncak gunung.

Nah, gimana, Sobat Brilio? Siap-siap lihat sunrise di mana, nih? Atau kamu punya rekomendasi spot exceptional lihat golden sunrise yang asyik dinikmatin bareng temen se-geng? Bisa nih kamu share spot favorit buat nikmatin sunrise di Together Whatever melalui Brilio Creator. Tulisanmu nantinya bakal nongol di togetherwhatever.id lho. Eits, tak cuma itu aja, dengan ikutan kirim tulisan, kamu juga berkesempatan dapat hadiah menarik. Langsung klik di sini, yuk!

Penasaran apa itu Together Whatever? Kamu bisa langsung cek ke togetherwhatever.id dan temukan konten-konten keren seputar destinasi wisata atau tempat hangout lainnya yang asyik buat quality time bareng sahabat.

 

 

 

 

(brl/tin)