Berkat Didikan Orang Tua, Bocah ini Sudah Hafal Puluhan Surat Alquran. Padahal Baru Dua Tahun Lho!

Posted on


Featured Image

Akhir-akhir ini, media sosial, khususnya di Tanah Air dihebohkan dengan video seorang bayi dua tahun yang sudah andal menghafal ayat Alquran. Video-video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Shahida Lukman yang bukan lain adalah ibu dari sang anak. Dalam video-video tersebut terlihat sang anak sudah bisa melantunkan ayat suci Alquran meski pelafalannya belum jelas.

Karena saking bikin warganet kagum dan terharu, video-video anak yang sedang membaca ayat Alquran ini pun dibagikan ribuan kali. Rata-rata para warganet juga berharap memiliki penerus alias keturunan yang juga telah diajarkan ilmu agama sejak dini. Nggak sedikit di antara mereka yang penasaran dengan bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak sehingga bisa jadi penghafal Alquran di usia yang sangat dini.

Ahmad Ziyyad Mohd Zahir, bocah inspiratif yang masih berusia 2 tahun namun sudah hafal puluhan surat Alquran

diajarkan sejak dalam kandungan via www.facebook.com

Ahmad Ziyyad Mohd Zahir atau akrab dipanggil Ziyyad ini masih berusia 2 tahun 8 bulan. Perawakannya pun sama seperti balita lainnya. Kita nggak bakal bisa melihat perbedaannya sampai ketika Ziyyad mulai melantunkan ayat suci Alquran. Ya, di usianya yang masih sangat muda, bocah asal Kota Bharu, Malaysia ini sudah jadi penghafal Alquran. Bahkan hingga kini sudah 42 surat yang dia hafal di luar kepala, meski pelafalannya masih kurang bersih, seperti anak-anak seusianya.

Sejak usia 11 bulan, Ziyyad udah menunjukkan ketertarikannya untuk menghafal ayat Alquran

Sudah hapal 42 surat. Kamu berapa? via www.facebook.com

Sang ibu, Nurul Syahidah Lukman, adalah wanita hebat di balik hafalan sang anak. Dilansir dari laman siakapkeli.my, orang tua Ziyyad bilang kalau sang anak sudah mulai menunjukkan minatnya membaca Alquran sejak usia 11 bulan. Saat itu Ziyyad sudah mulai komat-kamit menirukan ayat Alquran yang diperdengarkan, meski belum jelas. Lantas bagaimana caranya orang tua Ziyyad mengajarkan anaknya untuk hafal ayat Alquran di usia sedini itu?

Ternyata, bocah lucu ini sudah dibiasakan mendengar bacaan ayat Alquran sejak dalam kandungan

Surah Al-Waqiah…surah ni umi yadd psg dlm sminggu lebih ms yadd nk tdo..nk tau bpe ayat die dh hafal tgk video ni..hehe#ahmadziyyad#2y8m#alquransahabatku

Posted by Shahida Lukman on Tuesday, 26 December 2017

Ternyata, Ziyyad sudah dibiasakan untuk mendengarkan ayat Alquran sejak ia masih berada di dalam kandungan. Pun ketika dia lahir ke dunia ini. Sejak hari pertama, Ziyyad sudah mendengar lantunan ayat suci Alquran. Di mana pun dan kapan pun, kedua orangtuanya selalu menyetel bacaan ayat Alquran. Apakah itu di rumah atau saat di dalam mobil. Mulai dari pagi, siang, hingga menjelang Ziyyad tidur. Nggak ada lagi musik yang diperdengarkan selain bacaan ayat Alquran. Orangtuanya juga sering membaca ayat Alquran dengan suara yang cukup keras, karena sang anak akan meniru apa yang disebutkan oleh ayah dan ibunya.

Selain membiasakan Ziyyad dengan lantunan ayat Alquran, makanan Ziyyad juga dijaga lho. Sang ibu bilang, sebelum dia berusia dua tahun, Ziyyad nggak dikasih makanan yang mengandung gula atau garam. Orangtuanya juga mencegah anaknya untuk mengonsumsi makanan ringan karena ditakutkan bisa melemahkan otak. Dan sejak lahir hingga usianya 2 tahun 7 bulan, Ziyyad nggak pernah lepas dari ASI.

Nah, bagi kamu yang juga pengen punya anak pintar ngaji sejak bayi kayak Ziyyad mungkin bisa mencontoh cara ibunya dalam mendidik sang anak sehari-hari. Dan yang paling penting, seperti kata ibunya Ziyyad, lebih baik jauhkan anak-anak dari ketergantungan gawai. Karena sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang sang anak. Semoga kita juga dikarunia anak seperti Ziyyad, ya. Aamiin. 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya