Bila 5 Konflik Ini Sudah Dilalui, Berarti Persahabatan Kalian Sudah Level Aman

Posted on


Menjaga persahabatan itu nggak kalah sulit dari menjaga hubungan sama pacar lho. Nggak selamanya kamu dan sahabatmu asyik terus. Pasti ada kalanya juga kalian berantem atau diam-diaman karena masalah ini dan itu. Mulai dari perbedaan karakter, kadang saling iri, atau mungkin malah karena naksir orang yang sama.

Tapi nggak selamanya konflik ini jelek lho, guys. Malahan sebenarnya konflik ini bisa jadi tolok ukur persahabatan kalian? Apa kalian memang sudah best friend beneran atau cuma teman gitu doang. Bahkan semakin banyak berantem tapi kalian tetep bertahan, artinya pertemanan squad kalian sudah level dewa banget. Nah, persahabatanmu bisa diuji oleh beberapa masalah ini. Kalau bisa survive, berarti benar-benar sahabat sejati.

1. Sama-sama sibuk bikin salah seorang ngerasa dilupain. Untung sekarang media komunikasi semakin gampang

tetep bisa rumpi via www.123rf.com

Namanya masa muda, pasti kesibukan kalian banyak banget. Dan meski bersahabat, kalian tetap punya rutinitas yang beda-beda. Kamu ikut ekskul pramuka, teman-temanmu ada yang ikut ekskul mading atau jurnalistik. Mau ketemu susah, main bareng apalagi. Gampang untuk terpecah di sini, apalagi kalau salah satu merasa yang lain udah punya teman lain dan dilupain. Tapi ternyata ini nggak mempengaruhi kalian tuh. Meski sama-sama sibuk ngembangin diri, kalian tetep aktif ngobrol dan rumpi di grup WA.

2. Salah satu teman lebih sukses kadang bisa bikin minder. Tapi lama-lama malah bisa jadi penyemangat

Belajar makeup bareng via www.123rf.com

Bukan rahasia lagi di balik kesuksesan seseorang, ada sahabat yang nggak pede. Bukannya nggak senang sahabat sendiri sukses sih, tapi lebih ke perasaan minder karena kamu nggak se-wow mereka. Sahabatmu ada yang cantik banget, pintar banget, atau bahkan ada yang jadi influencer dan punya banyak fans. Sementara kamu masih gini-gini aja, kurang wangi, terlalu chubby, nggak pintar bergaul, dan banyak lagi hal yang bikin ngggak pede. Kadang kamu merasa bagai itik buruk rupa kalau lagi jalan sama mereka.

Yah, awalnya kamu emang minder berat. Tapi untungnya, mereka itu nggak pernah capek nyemangatin. Mereka nggak pernah mempermasalahin perbedaan kalian dan terus dukung kamu ngatasin segala kesulitan dan rasa nggak pede. Mereka bahkan ngajarin kamu makeup, supaya bisa tampil lebih cetar. Lama-lama kamu jadi terpacu untuk bisa sesukses mereka. Kalau mereka bisa, kenapa kamu enggak?

3. Munculnya kenalan baru identik dianggap udah nggak butuh teman lama. Buat kalian itu malah seru karena bisa sharing soal lingkungan baru

Lingkungan baru, kenalan baru via www.123rf.com

Kesibukan baru, komunitas baru, dan pastinya kenalan baru. Nah, hal yang satu ini sering jadi sandungan persahabatan lho. Karena kalau ada yang punya kenalan baru dan kebetulan banyak menghabiskan waktu dengannya, sering dianggap lupa sama teman yang lama. Kalian? Nggak lah. Kenalan baru atau lingkungan baru setiap anggota squad justru bisa jadi bahan obrolan seru. Sharing tentang pengalaman berbeda, bisa jadi pengetahuan baru yang berguna lho.

4. Pamer barang baru bukan lagi perkara. Malah jadi momen pinjam barang saat ada yang memerlukan

Pamer gadget baru via www.123rf.com

“Pinjam HP kamu harganya 10 juta itu dong beb. Kali jerawatku nggak kelihatan kalau foto pakai itu hahahaha”

Punya barang baru belum sah kalau nggak pamer ke sahabat. Apalagi kalau barangnya mahal dan sudah kamu idam-idamkan sejak lama. Kalau sama orang lain, mungkin kamu dituduh tukang pamer. Tapi kalau sama sahabatmu itu, mereka malah seneng karena mereka bisa ikutan pake.

5. Nggak disangka kalian naksir orang yang sama. Awalnya awkward sih, tapi lama-lama malah diketawain saja

Naksir orang yang sama via www.123rf.com

Persahabatan itu terjalin salah satunya karena ada kesamaan. Mulai dari hobi sama, selera baju sama, film kesukaan yang sama, sampai bahkan gebetan yang sama. Yah, awalnya pasti terasa aneh kalau ketahuan kamu dan sahabatmu naksir orang yang sama. Mungkin juga kalian sempat diem-dieman. Tapi seiring berjalannnya waktu, kalian malah bisa ngetawain. Yah gimana, sampai urusan hati aja kalian kompak banget! Hehe

Sahabat adalah orang yang mengerti dan mau jadi pendengarmu dalam segala kondisi. Meski kadang ucapan dan perilakunya ada yang nyebelin, percayalah kalau itu juga buat kebaikan kamu. Menemukan sahabat baik nggak kalah susah dari menemukan pasangan hidup kok. Dan kalau kamu sudah ketemu yang klik, jangan disia-siain.  Biar makin kompak, yuk yuk ikutan #StrongerTogether dari Eskulin. Kamu bisa share cerita tentang squadmu yang nggak selalu setuju atas segala hal dan sering juga berantem, tapi tetap kompak dan mendukung satu sama lain.

Cara ikutannya gampang banget. Kamu cuma perlu follow Instagram @eskulin_id dan Twitter @EskulinID serta like Fanpage Eskulin. Upload  multiple foto bersama satu squad terdiri dari 3-5 orang. Berikut ini ketentuannya:

Untuk Facebook: Posting 2-3 foto squad kamu di kolom komentar postingan activity, ceritakan hal yang sering bikin kalian ngerasa nggak pede dan gimana cara squad kamu membantu mengatasinya.

Untuk Twitter: Posting 2-3 foto squad kamu, ceritakan hal yang sering bikin kalian ngerasa nggak pede dan gimana cara squad kamu membantu mengatasinya, mention @EskulinID dan hashtag #StrongerTogether.

Untuk Instagram: Posting 2-3 foto squad kamu, ceritakan hal yang sering bikin kalian ngerasa nggak pede dan gimana cara squad kamu membantu mengatasinya, tag @eskulin_id dan hashtag #StrongerTogether. Tag member squad kamu untuk mengajak mereka ikutan. Setelah submit, kamu wajib klik Like dan Share / Retweet / Regram posting-an Activity #StrongerTogether. Masing-masing member squad boleh submit lebih dari satu kali di Facebook, Twitter dan Instagram.

Nah, gampang ‘kan? Yuk, ikutan #StrongerTogether dari Eskulin agar kisah persahabatan kalian menginspirasi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya