Bingung bikin hobi fotomu jadi duit? 5 Cara ini patut kamu coba

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Pada zaman perkembangan teknologi seperti sekarang, mendapatkan foto kece badai nggak harus mengandalkan kamera DSLR. Pakai kamera smartphone pun jadi. Nggak heran, makin banyak orang yang menyukai fotografi.

Bukan hanya fotografer profesional yang suka membidik objek dengan lensa kamera, orang umum pun banyak yang menjadikan fotografi sebagai hobi. Apalagi anak muda yang digital savvy plus suka banget jepret sana-sini, pasti antusias sama fotografi. Bukti sederhananya, banyak foto apik bertebaran di Instagram karya orang-orang dari berbagai latar belakang, baik pakai kamera profesional maupun smartphone.

Namun sayangnya, mayoritas orang hanya sebatas mengambil gambar saja tanpa mengetahui keuntungan finansial di balik hobi jepret-jepret itu. Padahal dengan adanya teknologi internet seperti sekarang, orang-orang bisa mendapatkan uang dari hobi, termasuk hobi fotografimu. Yup, nggak cuma biar punya feed Instagram yang kece, hobi foto juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang lho.

Nah, jika kamu salah satu orang yang punya hobi fotografi, nggak ada salahnya memanfaatkan hobi tersebut sebagai cara menambah pemasukan. Nah, berikut ini Hoopsbyjudy ulas tips mudah buat menambah pemasukan dari hobi motret, Kamis (12/7).

1. Memotret atas request klien.

foto: shutterstock.com

Hampir semua event pasti membutuhkan dokumentasi. Mulai dari acara reunian, pernikahan, maternity shoot, dan masih banyak lainnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan hobimu untuk menjadi fotografer acara nih. Kamu bisa menawarkan skill memotretmu pada orang-orang, instansi, atau perusahaan yang sekiranya membutuhkan.

2. Share tips fotografi.

foto: shutterstock.com

Tak cuma menjual hasil jepretan, kamu juga bisa memanfaatkan bakat dan pengetahuanmu di bidang fotografi dengan berbagi tips dan trik. Nggak melulu bisa sharing lewat acara talkshow atau semacamnya, kamu juga bisa berbagi pengetahuan fotografimu dengan nulis di blog atau media massa sehingga bisa mendapatkan pemasukan lho. Bahkan kalau kamu mau nulis soal teknologi terkait fotografi sekaligus berkesempatan dapet hadiah menarik, bisa banget!

Caranya dengan ikutan nulis sebanyak-banyaknya di Together Whatever lewat Brilio Creator! Selain tentang fotografi, kamu juga bisa nulis topik lain. Buat kamu yang suka mengupas musik, fashion, film, sampai video games, bisa banget pilih kategori Popcult. Kamu yang suka nongkrong, bisa tuh nulis di kategori Hipspotters tentang spot-spot nongkrong hits.

Kamu pencinta traveling bareng teman-teman, bisa lho nulis di kategori Daytripper. Para techno geek bisa juga nih bikin artikel untuk kategori Technohack. Banyak banget kan, yang bisa kamu tulis?

Makanya, yuk buruan nulis di Together Whatever lewat Brilio Creator. Hadiah yang nungguin kamu ada kamera, LCD TV, sampai movie card. Sip banget, kan?

Kerennya lagi, nanti artikelmu bakal tayang di togetherwhatever.id lho. Di togetherwhatever.id kamu juga bisa dapetin inspirasi terkini yang lagi hits nih. Jadi, tunggu apa lagi? Klik di sini sekarang juga!

3. Jual hasil jepretan ke situs fotografi.

foto: wix.com

Punya banyak koleksi foto ciamik yang nganggur? Masukin aja ke situs-situs penyedia gambar. Kamu bisa menjual karya fotografimu ke beberapa situs seperti Shutterstock, Bigstock, Fotolia, iStock dan lainnya. Biasanya untuk pembayarannya menggunakan sistem royalti. Artinya, kamu akan mendapatkan uang dari setiap fotomu yang didownload orang-orang. Lumayan banget nggak tuh?

4. Freelancer.

foto: shutterstock.com

Tahu nggak sih, meski memiliki fotografer sendiri, banyak media yang masih membutuhkan jasa fotografer freelance untuk mencari foto-foto yang bermuatan berita. Nah, kamu bisa menggunakan kesempatan ini buat ikutan nyetor foto hasil jepretanmu ke media nih, guys.

Tapi pastikan foto-fotomu sesuai dengan konsep media tersebut. Jika kamu memotret salah seorang selebriti, misalnya, kamu bisa menjualnya ke media infotainment, dan sebagainya.

5. Ikutan kontes foto.

foto: shutterstock.com

Punya skill fotografi yang mumpuni? Coba aja daftar ke kontes fotografi. Ada banyak kontes foto yang bisa kamu ikuti. Mulai dari lomba tingkat kota, nasional maupun internasional. Bahkan info kontes ini bertebaran di media sosial. Makin tinggi level kontes foto tersebut, tentu saja hadiahnya juga makin besar. Pastikan foto yang kamu ikut sertakan sesuai dengan tema kontesnya, ya.

Mengikuti lomba foto memang nggak menjanjikan kepastian kamu mendapat uang atau hadiah lainnya. Namun nggak ada salahnya mencoba. Hitung-hitung bisa dijadikan sebagai ajang pembuktian diri, seberapa hebat sih skill memotretmu.

Nah, gimana, Sobat Brilio? Masih mau nganggurin skill memotretmu dan membiarkan karyamu teronggok di media sosial aja atau bahkan folder komputer? Yuk, asah terus skill-mu dan jangan ragu mengomersialkan karyamu. Rezeki mah bisa datang dari mana saja, kan? Asal kamu terus berusaha.

 

(brl/tin)