Bocoran dari Mantan Intelijen Amerika: 10 Formula Tingkatkan ‘Daya Tarik’ di Mata Orang Lain

Posted on


Kamu naksir cowok? Pengen memersuasi orang lain? Atau memenangkan hati calon mertua?

Banyak orang yang nggak ngerti gimana caranya menarik perhatian, memengaruhi, atau bahkan memersuasi orang lain. Selain karena nggak pede dengan penampilan yang dimiliki, mereka juga nggak punya cukup trik yang ampuh untuk mendongkrak daya tarik diri. Dr. Jack Schafer, seorang mantan agen FBI, menulis tentang formula persahabatan dan aturan-aturan mengenai daya tarik seseorang dalam bukunya yang berjudul The Like Switch: An Ex-FBI Agent’s Guide to Influencing, Attracting and Winning People Over. Metodenya ini telah berhasil digunakan oleh dinas intelijen Amerika selama 20 tahun lho! Nah, buku tersebut kini telah diperjualbelikan untuk umum.

Dari sekian banyak formula yang dibocorkan, berikut beberapa teknik paling sederhana tapi efektif yang bisa kamu praktikkan dalam interaksi sehari-hari untuk meningkatkan ‘daya tarik’ di mata orang lain.

1. Mulailah dengan menekuk sedikit kepalamu ke samping ketika berkomunikasi dengan orang lain

memiringkan kepala via brightside.me

Disadari atau nggak, kebanyakan cewek sering menekuk kepalanya ke samping terutama saat berfoto. Sebaliknya, cowok biasa melakukan cara ini untuk menekankan dominasi ketika berkomunikasi dengan rekan bisnisnya. Dalam komunikasi informal, kecenderungan memiringkan kepala adalah tanda kepercayaan. Bahkan di dunia hewan, kecenderungan ini hanya diperlihatkan pada hewan-hewan yang nggak berbahaya.

Jangan dongakkan kepalamu ke belakang dengan lirikan mata yang mengintimidasi karena akan dianggap sebagai lawan. Miringkan saja sedikit sambil tetap menghadap ke lawan bicara.

2. Mainkan ekspresi wajah misalnya dengan mengeksplorasi bagian alis mata

mainin alis via brightside.me

Menaikkan alis mata saat bertemu dengan orang lain dimaksudkan untuk memberi sinyal bahwa kamu pribadi yang bersahabat dan nggak menyerang. Otak akan mengenali sinyal ini dari jarak hingga 2 meter dan menganggap bahwa mereka yang memainkan alisnya adalah orang yang menyenangkan dalam berkomunikasi. Nah, kalau kamu naksir seseorang yang nggak kamu kenal, coba deh beri mereka sinyal jarak jauh dengan mengangkat alis.

Jangan lakukan saat kamu tengah berkontak mata dalam waktu yang lama, apalagi dengan mengernyitkan dahi, suram, atau permainan alis tanda mengintimidasi.

3. Belajarlah untuk tersenyum simpul dengan mata, bukan dengan menyeringai

tersenyum simpul tanpa menyeringai via www.youtube.com

Ketika orang lain melihat lawan bicaranya tersenyum tulus dengan ‘matanya’, maka orang tersebut secara nggak langsung akan ikut tersenyum, merasa bahagia dan tertarik untuk melanjutkan percakapan. Belajarlah untuk tersenyum tulus dengan mata yang juga ikut tersenyum (sedikit kerutan di mata) serta tulang pipi dan sudut mulut yang bergerak ke atas. Untuk memudahkan agar senyummu ini nggak terlihat palsu, coba pikirkan hal-hal yang lucu dan menyenangkan.

Hindari senyum berlebihan atau menyeringai yang disertai dengan tatapan dingin (mata nggak ikut bicara).

4. Ganti frasa ‘sama-sama’ dengan ‘kurasa kamu bakal ngelakuin hal yang sama kalau ada di posisiku’ saat orang lain mengucapkan terima kasih padamu

ganti frasa untuk mengganti ‘sama-sama’ via www.graymatterblog.com

Memang terlihat arogan saat mengucapkan ‘kurasa kamu bakal ngelakuin hal yang sama kalau ada di posisiku’ untuk membalas ucapan terima kasih. Tapi pernyataan ini akan menimbulkan timbal balik dari lawan bicara. Mereka akan merasa harus melakukan sesuatu sebagai imbalan rasa terima kasih padamu.

Jangan lakukan ini semata-mata untuk meminta imbalan atas apa yang kamu lakukan ke orang lain. Teruslah menawarkan bantuan sekecil apapun itu, orang lain akan menganggapmu seseorang yang berarti bagi mereka.

5. Sesekali bisikkan frasa-frasa tertentu ke arah lawan bicara tanpa terkesan menggoda

sesekali berbisik via www.guibingzhuche.com

Nah, untuk menghindari rasa canggung saat ngobrol, cobalah untuk sesekali melemparkan bisikkan yang berupa pernyataan ringan. Cara ini ampuh untuk menciptakan suasana santai dan menyatukan kalian dalam percakapan. Sebagai bentuk komunikasi yang intim, ucapkan frasa tertentu dengan berbisik dan sedikit mencondongkan badan ke arah lawan bicara, seolah-olah kamu sedang berbagi rahasia. Mereka akan condong ke arahmu juga untuk mendengarkan dengan lebih baik.

Hindari untuk berbicara dengan nada yang keras, menyandarkan badanmu ke kursi atau mundur menjauh dari lawan bicara.

6. Biarkan lawan bicara memuji diri mereka sendiri, jangan kamu yang terus-terusan memuji karena bakal dianggap merayu

biarkan lawan bicara memuji dirinya sendiri via www.theshout.com.au

Menurut buku yang ditulis oleh Dr, Jack Schafer, cara terbaik memberikan pujian ke orang lain adalah mendorong mereka untuk memuji dirinya sendiri. Saat mengobrol, cobalah untuk mendesak lawan bicara membicarakan tentang pencapaian-pencapaian  mereka. Balas dengan mengatakan misalnya, “Kamu sendiri yang ngelakuin itu?”, pertanyaan ini akan memancing lawan bicara untuk memuji dirinya sendiri. Atau, kamu juga bisa mendorong orang ketiga yang memberikan pujian dengan menceritakan prestasi-prestasi si orang kedua yang kamu ajak bicara.

Jangan memuji penampilan atau kemampuan yang nggak terlihat, orang lain lebih suka jika dipuji atas sesuatu yang telah mereka capai dengan kerja keras.

7. Buat kesalahan yang disengaja selama percakapan hingga lawan bicaramu memperhatikan

buat kesalahan yang disengaja via www.videoblocks.com

Kalau kamu ingin PDKT, jangan berusaha untuk terlihat sempurna di depan lawan bicara. Justru kamu perlu membuat kesalahan yang disengaja dengan menunjukkan keraguan dan biarkan lawan bicaramu mengoreksinya. Mereka akan merasa lebih percaya diri dan beranggapan bahwa kamu juga akan memaklumi dan mengoreksi kesalahan yang mungkin mereka buat nantinya.

Di sinilah hukum kesamaan bekerja. Semakin kalian memiliki kesamaan, semakin sering lawan bicara akan merasa lebih dekat denganmu.

8. Manfaatkan perabot makan di tengah percakapan saat makan bersama

berbagi makan via www.drweil.com

Fakta lain yang perlu kamu tahu adalah: 70% informasi penting dibagikan saat makan. Sikap mereka saat ini mencerminkan emosi, perasaan dan simpati. Perabot yang digunakan saat makan atau minum kopi bersama bisa jadi alat untuk menunjukkan keinginan berdekatan. Misalnya, kamu bisa mencoba meminjam sendok teh untuk mengaduk minumanmu, atau piring tatakan kopi untuk meletakkan sesuatu.

Nggak semua orang mau berbagi alat makan atau minum, tapi jika mereka mau berbagi makanan atau peralatan makanannya untukmu, maka kamu sudah selangkah lebih dekat dengan mereka.

9. Perhatikan bibir lawan ketika ia merasa malu, tunjukkan bahwa kamu tertarik dan bersimpati mendengar ceritanya

memainkan bibir dan mata via brightside.me

Beberapa orang sering memainkan bibir dengan tangan atau menutupinya dengan benda lain saat merasa malu atau nggak nyaman dengan topik pembicaraan. Nah, manfaatkan peluang ini untuk memerhatikan bibirnya yang ‘salting’ saat malu. Di saat ini, cobalah untuk memasang perhatian besar agar pupil matamu juga berubah membesar. Otak menyukai sinyal pupil yang lebih besar saat bercakap-cakap karena menunjukkan minat dan simpati dari lawan bicara. Biar lebih ‘ngena’ lagi, ajaklah ia untuk makan malam di tempat dengan pencahayaan yang redup, lalu tataplah lawan bicaramu dengan tatapan yang fokus di mana pupil akan membesar, lebih gelap, hitam dan otomatis bikin mereka lebih atraktif untuk mengobrol denganmu.

Hindari untuk memicingkan mata, menekan bibir, mengerutkan hidung atau sering menguap.

10. Kalau situasinya nggak mulus, ingatlah film drama yang ending-nya bahagia

bayangin sinetron aja via brightside.me

Ketika kamu tengah PDKT dan merasa kalau jalanmu buntu, jangan nyerah dulu. Ingatlah bahwa nggak semua hubungan berjalan lancar dari awal sampai akhirnya. Terkadang kamu butuh bumbu-bumbu ketidaknyamanan untuk menuju situasi yang lebih baik. Mulanya mungkin kalian akan berlawanan karakter dengan lawan bicara, tapi secara bertahap akan mengenali satu sama lain.

Gimana, sudah siap praktikkin formula dari agen rahasia untuk meningkatkan daya tarikmu?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya