Bosan bubur sumsum? Yuk bikin bubur ganepo untuk takjil buka puasa

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Berbuka puasa dengan takjil yang manis dan bertekstur lembut selalu menjadi pilihan banyak orang. Selain nikmat, mengonsumsi takjil dengan tekstur lembut dan manis seperti bubur sumsum memang dianjurkan karena baik bagi tubuh khususnya sistem pencernaan agar tidak kaget setelah berpuasa seharian.

Di pertengahan bulan puasa seperti ini, pasti ada rasa kejenuhan tersendiri dengan hidangan takjil yang itu-itu saja. Beberapa makanan takjil yang biasanya disajikan antara lain kolak pisang, bubur candil dan bubur sumsum.

Nah untuk memberikan variasi menu berbuka puasamu di bulan Ramadan ini, kamu bisa mencoba membuat bubur ganepo. Bubur ganepo sendiri merupakan bubur yang terbuat dari singkong yang sudah diparut sebelumnya. Rasanya yang manis dan lembut cocok banget deh buat takjil berbuka puasa.

Berikut resep dan cara mudah membuat bubur ganepo yang dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Selasa (5/6).

Bahan bubur :
1. 600 gr singkong, parut
2. 1 liter santan encer
3. 200 gr gula merah
4. 7 sdm gula pasir atau bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing
5. 1 sdt garam

Bahan kuah :
1. 200 ml santan kental
2. 1 sdt garam
3. 1/2 sdt gula pasir
4. 1 lembar daun pandan

Cara membuat :
1. Dalam panci, masukkan santan encer, gula merah, gula pasir dan garam. Didihkan hingga gula larut, cek rasa manisnya, lalu saring.
2. Didihkan kembali, masukkan singkong parut. Aduk rata hingga singkong mengental. Masak hingga matang, tekstur adonan menjadi sangat kental, meletup-letup dan manisnya pas. Matikan api. Sisihkan.

3. Untuk membuat kuahnya, pertama campur dan masak semua bahan-bahan dalam panci. Didihkan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Angkat.

4. Dalam mangkuk, masukkan bubur singkong, lalu siram dengan kuah santan. Bubur ganepo pun siap disajikan. Selamat mencoba!

 

(brl/red)

WHAT DO YOU THINK