Bosan Kolak Terus? Inilah 5 Resep Takjil Antimainstream untuk Berbuka Puasa. Spesial dan Dijamin Jarang yang Jual

Posted on


Featured Image

Sebentar lagi puasa, semua umat Muslim bersuka cita dalam menyambutnya. Bulan Ramadan yang penuh limpahan pahala ini tentu saja sangat ditunggu-tunggu kehadirannya, maklum setahun cuma sekali.

Bicara soal Ramadan, satu hal yang paling ditunggu-tunggu kala berpuasa adalah bedug maghrib. Nah waktu yang ditunggu-tunggu itu nggak lengkap rasanya kalau nggak disambut dengan makanan atau minuman yang nggak biasa. Maka dari itu, Hoopsbyjudy Tips kali akan memberikanmu resep cemilan takjil berbuka yang spesial agar ibadah yang kamu jalani nanti juga terasa spesial.

1. Menu buka baiknya nggak terlalu mengenyangkan sebab ada ibadah tarawih setelahnya. Singkong goreng crispy sepertinya cocok melunaskan lapar di perut tanpa efek kekenyangan

Hmm lezat via jatim.tribunnews.com

Bosan dengan olahan singkong yang langsung digoreng? Boleh jadi karena kurang renyah akibat tekstur dari singkong itu sendiri.  Nah berikut ini menu gorengan dari singkong dengan kerenyahan tiada tara, simak bahan dan proses pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 400 gr singkong rebus, potong memanjang
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung beras
  • Garam dan gula secukupnya
  • 150 ml air
  • minyak secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung, garam, gula, lalu masukkan air perlahan – sedikit demi sedikit. Aduk merata sampai adonan mengental.
  2. Panaskan minyak
  3. Sembari menunggu minyak siap, masukkan singkong ke dalam adonan tepung.
  4. Jika minyak sudah siap, cemplungkan singkong – goreng sampai matang hingga berwarna coklat keemasan.
  5. Jika sudah jangan lupa angkat dan sajikan selagi masih hangat.

Teksturnya yang Crispy akan lebih mantap jika ditemani dengan secangkir es buah. Gurih dan seger jadi satu, bikin kamu ketagihan pengen buka pakai singkong goreng terus.

2. Selain singkong, kentang juga bisa dijadikan cemilan pelunas lapar. Kalau bosan dengan sajian kentang yang itu-itu saja, coba deh resep kentang bakar kali ini

Aromanya menggoda lidah via jatim.tribunnews.com

  • 4 buah kentang
  • Aluminium foil 25 cm x 30 cm
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Mentega secukupnya
  • Saus tomat dan mayones (pelengkap rasa)
  1. Kukus kentang hingga matang. Kemudian angkat lalu tiriskan.
  2. Bungkus dengan aluminium foil hingga rapat, kemudian bakar di atas panggangan hingga pembungkus berubah kehitaman.
  3. Belah silang permukaan kentang hingga kedalaman ⅓ bagian dan tekan bagian bawahnya. Bentuk seperti kue bolu mekar dan taburi bagian atas kentang dengan merica, garam, dan mentega.
  4. Tempatkan kentang bakar di piring saji, lengkapi dengan saus tomat dan mayones.

Silakan mencoba dan rasakan sensasinya berbuka tak biasa.

3. Kalau singkong atau kentang terlalu mengenyangkan sementara masih banyak takjil lainnya. Jajanan yang ini kamu pasti suka; cireng dengan variasi isi. Cocol sambel enak nih

Dijamin nggak bisa berhenti. via cookpad.com

Jajanan kali ini biasa ditemui di depan SD atau di resto ternama. Siapa sih yang nggak tahu cireng? Hapir semuanya pasti suka. Nah lain halnya dengan cireng yang biasanya dijual di jalanan, resep cireng kali ini sedikit lebih spesial. Mau tahu? Simak bareng-bareng yuk

Bahan-bahan:

  • 300 gr tepung aci
  • 150 gr tepung terigu
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • Isian cireng; keju, daging, tahu, dan lain-lain (sesuai selera)
  • Gula pasir secukupnya
  • Air mendidih secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung aci, tepung terigu, merica bubuk, gula pasir, garam dan bawang putih, aduk hingga merata
  2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung, uleni adonan hingga kalis.
  3. Ambil adonan lalu isi dengan keju, daging, tahu, dan lain-lain
  4. Sebagai langkah alternatif bentuk adonan sesuai selera
  5. Panaskan minyak diatas api sedang lalu goreng cireng hingga matang.

Cireng isi ini sebenarnya dilahap pakai cabe rawit saja sudah enak, namun kalau mau lebih spesial bisa disajikan dengan saus atau sambal kacang.

 4. Selain gorengan jajanan berupa kue juga patut dicoba. Salah satunya yang bisa kamu coba adalah kue dorayaki khas Doraemon

Buruan beli teflon! 😀 via style.tribunnews.com

Hanya karena kamu belum pernah mencobanya kamu malas membuatnya. Terbukti nggak susah kok, cuma modal teflon dan bahan-bahan yang bisa dengan mudah kita cari di pasar.

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm madu
  • 8 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm baking powder
  • 50 ml air

Cara membuat:

  1. Masukkan telur, gula pasir dan madu ke dalam mangkuk kemudian aduk merata.
  2. Masukkan sedikit demi sedikit tepung sampai habis dan merata.
  3. Masukkan baking powder, aduk lagi hingga rata.
  4. Terakhir masukkan air, aduk sampai rata.
  5. Diamkan adonan sebentar sambil nunggu teflon panas.
  6. Setelah teflon panas, kecilkan api, masukkan adonan.
  7. Kalau sudah terlihat ada gelembung-gelembung meski masih terlihat tidak pecah atau lubang-lubang dipermukaan adonan, segera tutup teflon, tunggu hingga matang.
  8. Isi dengan topping sesuai selera, bisa selai atau meses.
  9. Tutup atasnya dengan adonan yang lain.

Jangan mau kalah sama ibunya Nobita, kamu juga bisa bikin sendiri sekarang

5. Kalau kamu lebih suka yang manis-manis, resep Pisang Nugget ini patut kamu coba di rumah

Pisang Nugget dengan  berbagai topping rasa via style.tribunnews.com

Pisang Nugget adalah salah satu makanan yang sangat digemari banyak orang. Apalagi kalau ditambah dengan berbagai topping rasa, hmm.. kelezatannya berlipat ganda.

Bahan-bahan: 

  • Pisang
  • Tepung Terigu
  • Tepung Roti
  • 2 butir Telur
  • sedikit garam
  • Topping; keju, coklat, red velvet, tiramisu, green tea dan lain-lain (optional)

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan pada mangkok/wadah
  2. Iris pisang menjadi tiga bagian
  3. Beri tepung terigu dengan sedikit garam, lalu kocok telur
  4. Baluri pisang dengan telur lalu tepung terigu, kemudian baluri lagi dengan telur, selanjutnya baluri dengan tepung roti
  5. Setelah itu goreng di minyak yang banyak
  6. Tiriskan. Beri topping sesuai selera

Seperti kata iklan sirup, berbukalah dengan yang manis, yap! pisang nugget sudah siap

Itulah tadi beberapa resep cemilan takjil untuk berbuka. Ramadhan adalah bulan yang spesial, maka nggak ada salahnya dong berbuka dengan cemilan-cemilan yang spesial juga. Selamat mencoba.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya