Bosen kue kering, 7 jenis kue basah ini bisa buat sajian Lebaran

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Selain ayam opor, sambal kentang goreng dan ketupat, hidangan lainnya yang selalu hadir saat Lebaran tiba adalah kue Lebaran. Aneka jenis kue biasanya disajikan sebagai sajian untuk tamu dan sanak saudara yang bersilahturahmi.

Umumnya jenis kue yang disajikan adalah beraneka ragam kue kering. Beberapa jenis kue kering yang selalu hadir saat Lebaran tiba, antara lain seperti kue kastangel atau kue keju, kue nastar dan kue putri salju.

Namun terkadang pernah nggak sih kamu merasa bosan dengan sajian kue kering yang itu-itu saja saat Lebaran? Yuk coba bikin suasana baru dengan mengganti kue kering dengan beberapa jenis kue basah yang nggak kalah enak.

Untuk referensi kamu, berikut 7 jenis kue basah yang bisa jadi alternatif saat Lebaran yang Hoopsbyjudy himpun dari berbagai sumber.

1. Kue lapis.

foto: mommyasia.id

Kuliner tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan dikukus sampai matang ini merupakan salah satu kuliner yang digemari banyak orang. Rasanya yang manis dengan tekstur yang kenyal, nggak heran deh kalau kue berlapis-lapis aneka warna ini memang disukai banyak orang dan cocok banget buat jadi sajian saat Lebaran.

2. Prol tape.

foto: sashylittlekitchen.com

Kalau kamu bosan sama hidangan tape ketan saat Lebaran, kue yang juga berbahan dasar tape ini bisa banget jadi alternatif kamu nih. Rasanya yang legit, padat dan lembut tentunya bakal memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya. Apalagi kalau diberi tambahan toping keju parut, kismis atau kecang kenari.

3. Karamel cake.

foto: makramos.wordpress.com

Karamel cake atau yang juga dikenal dengan nama kue sarang semut ini memang mempunyai tampilan yang sesuai dengan namanya, yaitu sarang semut. Kue berongga dan berwarna gelap cokelat ini berasal dari gula pasir yang dipanaskan dan menciptkan warna, aroma serta rasa yang khas.

4. Bolu gulung.

foto: cookpad.com

Bolu gulung menjadi salah satu sajian yang wajib ada saat Lebaran tiba bagi sebagian orang. Bolu yang juga dikenal dengan sebutan swiss roll ini merupakan bolu panggang tipis yang dioles selai atau krim dan kemudian digulung.

5. Chiffon cake.

foto: marthastewart.com

Teksturnya yang sangat lembut, halus dan ringan seperti spons membuatnya menjadi alternatif kue basah yang cocok banget buat disajikan saat Lebaran. Rahasia di balik lembut dan ringannya tekstur cake satu ini adalah bahan pembuatnya yang terdiri dari tepung terigu protein rendah, gula, telur, santan dan lainnya.

6. Tiramisu.

foto: taste.com.au

Buat kamu penggemar kopi, kue basah yang berasal dari Italia ini wajib ada saat Lebaran. Ciri khas tiramisu yang memiliki tekstur sangat lembut dengan perpaduan cita rasa kopi dan krim keju bisa bikin kamu ketagihan lho.

7. Brownies kukus.

foto: taste.com.au

Siapa sih yang bisa menolak nikmatnya kue brownies kukus? Tekstur kuenya yang lembut dan cita rasa cokelat yang begitu terasa membuat kue ini digemari banyak orang oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Pastinya pas banget deh buat disajikan saat Lebaran.

 

RECOMMENDED