Buat Kamu yang Penasaran, Ini Lho 5 Alasan Kenapa Hantu Lebih Sering Muncul di Malam Hari

Posted on

Alasan Ilmiah Hantu Muncul Malam Hari

Nggak perlu jadi penyuka horor buat tahu kalau hantu itu identik dengan suasana yang gelap dan mistis. Jarang banget ‘kan kita temui film, sinetron, video, atau tontonan apapun yang memunculkan hantu di siang bolong. Rasanya esensi seramnya jadi kurang greget! Niatnya aja buat bikin orang takut, lha kalau suasana ramai, gagal dong si setannya… 🙁

Nah ternyata penampakan hantu di malam hari itu bukan mitos atau scene film horor yang dilebih-lebihkan saja lho. Di balik fenomena tersebut, ternyata ada teorinya yang nggak asal. Buat kamu yang penasaran, tenang, Hipwee sudah merangkum 5 alasan ilmiahnya kenapa hantu lebih banyak muncul saat hari sudah gelap. Yang jelas bukan karena dia takut matahari ya. Kuy, simak~

BACA Juga :   5 Potret Jessica Iskandar berpose dengan gajah, tetep sensual

1. Saat kecil, orang tua sering melarang kita buat keluar rumah kalau hari mulai petang. Ini bukannya tanpa alasan…

Setan muncul waktu magrib. Benarkah? via hype.idntimes.com

Orang tua zaman dulu memang kebanyakan percaya kalau setan akan berkeliaran di waktu magrib. Makanya mereka akan menyuruh anak-anaknya pulang sebelum petang dan melarangnya keluar rumah saat magrib tiba. Ternyata ini bukan bukannya tanpa alasan. Jadi sebetulnya waktu menjelang petang itu waktu di mana alam berubah warna menjadi merah dan spektrum cahayanya punya resonansi yang sama dengan setan dan jin. Jadi ya sedikit masuk akal sih kalau saat-saat ini setan dan jin memang sedang kuat-kuatnya sehingga bisa sampai mengganggu kita.

BACA Juga :   Galau Putus Cinta Tingkatkan Risiko Kematian. Banyak Ahli Bilang Sindrom Patah Hati Itu Beneran Ada

2. Banyak yang percaya kalau jam 12 malam adalah waktu terbaik untuk hantu muncul dan menakut-nakuti manusia. Padahal…

Jam 12 waktu favorit setan via theghosthuntuk.com

Saat masih terjaga dan waktu sudah menunjukkan pukul 00.00, kita sering merinding sendiri dan otomatis berpikiran yang nggak-nggak. Ternyata itu hal yang wajar lho. Karena waktu tengah malam ini merupakan waktu sugesti semata. Saat itu, emosi manusia memang sedang berada di titik ‘nol’. Emosi yang rendah akan membangun sugesti-sugesti menyeramkan yang kemudian membuat manusia sering berhalusinasi. Kadang melihat bayangan benda aja sudah dikira hantu.

3. Secara logika, kondisi malam yang sunyi dan sepi bisa membuat orang lebih peka sama suara-suara sekitar

Lebih peka via www.shutterstock.com

Coba bandingkan manakah yang lebih jelas, suara serangga di siang hari atau malam hari? Tentu saja malam hari. Karena saat terang benderang, orang masih banyak yang beraktivitas, jadi kita juga masih banyak distraksi. Lain halnya ketika hari mulai sepi, gelap, dan sunyi. Suara sedikit aja bisa terdengar. Belum lagi orang kadang sudah parno duluan kalau jalan sendiri malam-malam. Ya, wajar kalau ada “Srek..srek..” sedikit mereka langsung ngibrit.