Bukan Sulap Bukan Sihir, 3 Trik Rahasia Ini Bisa Menyembunyikan Data di Smartphone-mu Tanpa Aplikasi

Posted on


“After all, everybody has secrets and there are something that nobody knows about you but only you, right?” Halle Berry

Setiap orang punya rahasia yang ingin ia simpan. Memiliki rahasia yang tidak ingin diketahui oleh orang lain bukanlah hal yang salah kok. Bahkan bisa dibilang wajar untuk setiap manusia. Terkadang kita memerlukan privasi dan waktu untuk diri sendiri tanpa orang lain, tanpa seorang pun perlu tahu. Apalagi kalau kamu bekerja sebagai agen rahasia layaknya Tom Cruise, wah, perlu banyak banget rahasia yang perlu dijaga! Hehe

Teknologi juga memberikanmu fasilitas buat menjaga rahasia. Layaknya kotak brangkas, kamu juga bisa menguncinya dengan kata sandi yang hanya diketahui oleh diri sendiri. Ada trik ajaib yang aman yang bisa kamu terapkan. Semua file di ponsel android kamu bisa disembunyikan. Hal ini sekaligus bikin tampilan tumbnailnya hilang. Misalnya kamu ingin menyembunyikan file foto, maka fotonya juga nggak akan muncul di galeri lho. Canggih kan? Kamu bisa memilih diantara trik berikut ini.

1. Gunakan tanda titik di depan nama file. Ini akan diartikan oleh sistem sebagai folder yang perlu disembunyikan/hidden

Nasib kerja jadi agen rahasia. via www.newscientist.com

Pertama kamu harus pilih folder mana yang ingin kamu sembunyikan. Tinggal buka file manager atau pengaturan file di pengaturan androidmu. Lalu tambahkan tanda titik di dalam folder yang ingin kamu sembunyikan. Misal .agenrahasia atau .mysecret. Masukkan semua file yang ingin kamu sembunyikan dari khalayak ramai. Baik itu file foto, video, maupun musik. Secara otomatis file-file dalam folder rahasiamu nggak akan muncul di galeri, nggak pula muncul di pemutar musik atau video. Nah, kalau ingin memunculkannya lagi kamu tinggal keluarkan file tersebut dari folder .agenrahasia.

Folder rahasia ini hanya bisa diakses melalui pengaturan file. Biasanya folder ini berwarna transparan, yang artinya folder ini memang disembunyikan. Jika di androidmu ada pengaturan untuk memperlihatkan atau menyembunyikan file tersembunyi tersebut, hal itu bakal memudahkanmu.

Pakai trik file .nomedia dan buat semua folder di dalamnya tersembunyi. Cuma satu langkah mudah saja

Sembunyikan! via 123rf.com

Trik lain adalah dengan membuat file .nomedia. File ini adalah sebuah ekstensi yang akan bekerja menyembunyikan seluruh file dalam satu folder. Sebenarnya kamu bisa kok membuat file ekstensi sendiri, tapi biar mudah  kamu bisa unduh file .nomedia yang sudah jadi di sini. Setelah mengunduhnya, kamu tinggal meng-extract file tersebut di folder berisi file-file yang ingin kamu sembunyikan. Secara otomatis file foto nggak akan terlihat di galeri, begitu pula dengan file lainnya.

Kalau sudah bosan dan nggak ingin lagi merahasiakan sesuatu, kamu bisa mengembalikannya lagi kok. Cukup hapus saja file ekstensi .nomedia atau pindahkan ke folder lain. Simpel banget ‘kan?

Trik terakhir ini paling rahasia dan aman. Kecanggihan fitur privacy system memungkinkan kamu punya ruang rahasia yang dilengkapi sandi

Sekali langkah mudah. via www.Hoopsbyjudy

Nggak akan ketahuan jika androidmu punya fitur privacy systemFitur ini layaknya bilik di dalam ponselmu yang bisa kamu kunci tanpa ada seorang pun tau kecuali kamu. Data rahasiamu seperti kontak, file pribadi, foto, video, hingga panggilan bisa disembunyikan di ‘bilik’ lain dalam memori ponsel. Cara aksesnya pun lewat dialer plate dengan sandi yang bisa kamu atur loh. Kamu akan otomatis dibawa ke bilik rahasia dalam ponselmu. Sudah mirip ruang rahasia di film-film action Hollywood ‘kan?

Sayangnya kecanggihan Privacy System ini nggak dimiliki oleh semua smartphone, melainkan hanya Advan i6 yang punya. Seri terbaru Advan ini punya sederetan fitur security lain yang bikin ponselmu makin aman. Mulai dari Super Applock, yaitu pengunci aplikasi yang akan mengirimkan live report ketika ada orang asing yang mencoba membuka paksa aplikasi yang kamu simpan. Metodenya macam-macam, ada PIN, Pattern ID, dan bahkan Gesture Unlock, yaitu goresan-goresan signature dari kamu yang bisa berupa apa saja. Nggak Cuma itu, Advan i6 juga punya Anti theft yang bikin kamu nggak cemas data-data penting terbongkar saat ponselmu dicuri orang. Mending memikirkan gimana beli ponsel baru saja. Hehe

Dengan ponsel seharga 1,4 jutaan ini, kamu bisa mengamankan file-file dan pekerjaan rahasia (kalau kamu memang bekerja sebagai agen rahasia kayak Tom Cruise) yang nggak boleh diketahui orang lain. Tanpa aplikasi lho! Yuk kepoin info lengkapnya di sini.

Cus deh praktikkan trik di atas biar filemu aman. Tentunya kamu nggak mau kan hal-hal privasi yang bersifat pribadi nggak sengaja dilihat orang lain saat iseng bermain ponselmu. Hmmm… semoga bermanfaat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya