Cara Mudah Bikin Saus Telur Asin yang Kental dan Nggak Amis. Rasanya Pun Seenak Restoran Cepat Saji!

Posted on


Menyusul hadirnya menu baru dari restoran cepat saji yang bertajuk ayam goreng tepung disiram salted egg sauce alias saus telur asin, berbagai macam hidangan kini disajikan dengan siraman saus ini. Teksturnya yang creamy dan rasa gurihnya yang unik cocok dipadukan dengan aneka hidangan. Nggak jarang kalau banyak orang yang ketagihan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Hey, kamu nggak perlu repot-repot datang ke restoran untuk bisa menikmati enaknya siraman saus telur asin di makananmu. Hoopsbyjudy bakal memandu kamu untuk bikin sendiri saus telur asin yang creamy, nggak amis, dan tentunya dengan rasa yang seenak buatan restoran. Mudah dan murah sekali!

1. Siapkan dulu bahan-bahannya, untuk takarannya bisa menyesuaikan tergantung kebutuhan

siapkan bahannya via www.timeout.com

  • 4 butir kuning telur asin
  • 2 sdm susu full cream
  • 2 sdm mentega tawar
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdt lada atau cabai bubuk (kalau suka pedas)
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 5 lembar daun kari (daun salam koja)
  • Air secukupnya

2. Pilih kuning telur asin matang untuk memudahkan pengolahan. Usahakan jangan sampai terambil bagian putih telurnya, ya!

pilih yang sudah matang via www.the350degreeoven.com

Kamu bisa sih, pilih kuning telur baik yang mentah ataupun matang. Hanya saja, pakai kuning telur asin yang sudah matang akan lebih praktis dan mempersingkat waktu memasak. Gunakan kuning telurnya saja ya, bagian inilah yang bertekstur creamy dan rasa asinnya nggak terlalu kuat ketimbang putih telur. Jadi, pastikan saat mengorek kuning telur, bagian putih telurnya jangan sampai terbawa biar hasil akhir saus telur asin ini tetap lembut dan seimbang rasanya.

3. Haluskan kuning telur dengan sendok atau garpu sampai nggak ada lagi bagian yang menggumpal

haluskan dengan sendok atau garpu via www.timeout.com

Sebenarnya, akan lebih bagus hasilnya kalau kuning telur asin dilumatkan dengan mixer. Tapi kalau kamu nggak punya, gunakan sendok atau garpu juga nggak dilarang asal bisa melumatkan kuning telur ini sampai halus betul agar tekstur sausnya juga lembut.

4. Daripada minyak goreng, penggunaan mentega tawar akan menghasilkan aroma saus yang lebih sedap

pakai mentega tawar via www.southernliving.com

Agar aroma saus kuning telur lebih sedap dengan rasa yang lezat, gunakan mentega tawar untuk menumisnya. Kamu bisa mengganti mentega tawar ini dengan margarin dengan takaran yang lebih sedikit agar saus nggak terlalu asin nantinya. Rasa gurih dari kuning telur asin bikin saus ini nggak perlu terlalu banyak bumbu.

5. Mulailah menumis saus dengan api kecil hingga harum dan berbusa. Hati-hati, rawan gosong!

tumis sambil terus diaduk via thedomesticgoddesswannabe.com

Pertama-tama, lelehkan mentega tawar atau margarin, lalu masukkan bawang putih dan daun kari terlebih dulu, kalau sudah harum baru masukkan kuning telur asin yang sudah lumat. Saus telur asin ini mudah gosong, makanya gunakan api kecil dan terus diaduk hingga mendidih dan berbusa. Harus sampai berbusa lho ya!

6. Tambahkan susu full cream untuk menambah tekstur creamy dalam saus telur asinnya

tambahkan susu full cream via www.timeout.com

Setelah berbusa, tambahkan susu full cream dan aduk-aduk hingga rata, nggak perlu sampai mendidih. Di sini, kamu bisa menyesuaikan kekentalan teksturnya. Kalau ingin lebih creamy, bisa ditambahkan susu full cream lagi. Kalau terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air sambil terus diaduk. Cicipi dulu sausnya, kuning telur asin punya kadar asin yang berbeda-beda. Kalau masih kurang asin, bisa tambahkan garam. Campurkan juga gula pasir dan lada atau cabai bubuknya.

7. Kalau sudah matang, kamu bisa langsung masukkan makanan yang ingin dicampurkan, atau ditiriskan saja sebagai cocolan

langsung dicocol bisa via explodingbelly.com

Setelah sausnya kental, kamu bisa langsung masukkan makanan yang ingin dicampurkan, misal ayam goreng. Aduk rata baru tiriskan. Atau, kalau sausnya ingin kamu jadikan cocolan, matikan api dan tiriskan. Taburkan irisan daun bawang ke atas saus telur asin agar aroma dan citarasa khas dari saus jadi lebih spesial. Kamu bisa mengaduknya hingga tercampur ke dalam saus atau membiarkannya saja sebagai topping. Sama saja kok sedapnya!

8. Kamu juga bisa simpan saus telur asin ini ki wadah kedap udara atau di freezer dan dipanaskan kembali nanti

bisa disimpan dan dipanaskan lagi via hipwee.com

Simpan pasta ini dalam wadah kedap udara dan taruh di dalam freezer. Saat akan digunakan, panaskan mentega tawar secukupnya agar nggak lengket, masukkan saus telur asin, lalu aduk sampai berbusa banyak. Mudah, bukan?

Nah, saus telur asin yang sudah jadi ini bisa kamu sajikan dengan berbagai bahan makanan, mulai dari ayam, udang, cumi, hingga tahu sutra jepang. Disantap bareng nasi hangat juga nggak kalah enak sedap. Yuk, buruan bikin!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya