Cegah asam lambung naik, 4 menu buka puasa cocok untuk penderita maag

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Di bulan Ramadan ini seluruh umat Muslim di dunia wajib hukumnya menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Tidak terkecuali bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung atau maag.

Tentunya menjalani puasa menjadi tantangan tersendiri bagi para penderita maag. Bagaimana tidak? Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman selama hampir seharian penuh sehingga dapat menaikkan asam lambung di perut.

Selain itu, ada cukup banyak pantangan makanan yang perlu dipatuhi oleh penderita maag saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini tentunya untuk mengurangi rasa perih dan mencegah kambuhnya penyakit maag saat menjalankan ibadah puasa.

Lalu sebenarnya menu buka puasa yang seperti apa yang baik dikonsumsi oleh penderita maag? Berikut menu buka puasa yang pas dikonsumsi penderita maag seperti dirangkum Hoopsbyjudy dari hellosehat.com, Rabu (30/5).

1. Kurma.

foto: healthbeckon.com

Buah kecil yang satu ini memang dikenal baik sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Termasuk bagi penderita maag. Banyak yang menganjurkan untuk berbuka puasa bagi penderita maag karena kandungan serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, kurma juga dapat mengendalikan keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Dengan kata lain, organ lambung kamu kana terlindungi dari kadar keasaman berlebih yang bisa meningkatkan gejala asam lambung.

2. Sayur bayam bening.

foto: messywitchen.com

Tidak semua jenis sayur dapat dikonsumsi oleh penderita maag. Beberapa jenis sayur seperti sawi, kol, lobak dan nangka muda justru dpaat memicu asam lambung naik. Namun berbeda halnya dengan bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang aman dikonsumsi karena tidak mengandung gas.

Selain itu, bayam juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan asam lambung pun akan lebih mudah untuk dikendalikan. Bayam juga mengandung mineral penting yang bermanfaat bagi kesehatan lambung, yaitu selenium dan zinc. Zinc diketahui dapat menghambat sekresi asam lambung sehingga gejala asam lambung bisa dicegah.

3. Nasi tim.

foto: dapurkobe.co.id

Makanan bertekstur lembut dan lunak memang akan lebih baik jika dikonsumsi oleh penderita maag. Hal ini bertujuan adar lambung dapat lebih mudah mencerna makanan sehingga tidak terlalu memforsir kerja sistem pencernaan. Nasi tim merupakan salah satu jenis hidangan yang pas untuk dijadikan menu berbuka puasa bagi penderita maag karena tekstur yang dimilikinya.

4. Kentang tumbuk.

foto: giemesomeoven.com

Kentang tumbuk atau mashed potato merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita maag. Pasalnya kentang mengandung alkalin yang dapat membantu menetralkan asam lambung sehingga bisa mencegah kambuhnya penyakit maag. Cara penyajian kentang yang paling tepat bagi penderita maag adalah dengan direbus atau dikukus. Kalau kamu bosan, mashed potato bisa menjadi pilihan menu berbuka puasa kamu.

RECOMMENDED