Detik-detik Indonesia jadi anggota tidak tetap DK PBB, bikin bangga

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Nama Indonesia di kancah Internasional semakin terlihat dengan terpilihnya Indonesia sebagai salah satu anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB) periode 2019-2020. Pada tanggal 8 Juni 2018 jam 09.00 waktu New York, Amerika Serikat, Indonesia memperoleh suara 144 dari total 190 perwakilan negara yang hadir.

Prestasi ini patut dibanggakan karena sudah keempat kalinya Indonesia menduduki posisi ini. Sebelumnya, Indonesia pernah terpilih pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Syarat menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB) juga tak main-main. Sebuah negara kandidat harus mengumpulkan 2/3 suara dari anggota tetap PBB atau 127 suara negara. Indonesia sendiri mengalahkan Maladewa yang hanya mendapat 46 suara.

Selama menjalankan tugas ke depan, Indonesia akan bekerja sama dengan anggota tidak tetap DK PBB lainnya seperti Jerman, Belgia, Afrika Selatan, dan Republik Dominika. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global.

Dilansir Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Sabtu (9/6), berikut ini detik-detik Indonesia saat dipilih jadi anggota tidak tetap DK PBB melalui perwakilan Menlu Retno Marsudi.

1. Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi sudah bertemu dengan perwakilan berbagai negara untuk mencari dukungan pencalonan Indonesia jadi anggota tidak tetap DK PBB.

foto:Twitter/@Menlu_RI

2. Tak hanya tatap muka, Retno juga bercakap dengan Menlu negara lain lewat telepon.

foto:Twitter/@Menlu_RI

3. Retno langsung bersyukur setelah Indonesia terpilih jadi anggota tidak tetap DK PBB.

foto:Twitter/@DGMultilateral

4. Delegasi dari berbagai negara terlihat sedang memasuki ruangan rapat DK PBB.


5. Inilah momen saat Indonesia dinyatakan jadi anggota tidak tetap DK PBB.


6. Ini potret suasana ruang rapat PBB setelah nama anggota tidak tetap DK PBB diumumkan.

7. Lima negara, Jerman, Belgia, Afrika Selatan, Indonesia, dan Republik Dominika akan mengemban tugas sebagai anggota tidak tetap DK PBB selama 2019-2020.

foto: Instagram/@retno_marsudi

 

(brl/tin)