Dianggap Picu Perilaku Agresif, Musik Heavy Metal Ternyata Punya 5 Manfaat Positif Bagi Kesehatan

Posted on

Musik Heavy Metal Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Kalau dengerin musik cadas, pasti orangnya nggak bener…

Entah sejak kapan atau kenapa, hobi mendengarkan musik cadas tampaknya selalu melekat pada perilaku anak-anak bandel yang hanya suka bikin rusuh dan nggak pernah mau mendengarkan orangtua. Berbanding terbalik dengan image pendengar musik klasik yang seringkali dipandang sebagai pribadi yang tenang, cerdas, dan berpendidikan. Meski sudah sangat melekat di pikiran kita, tapi apakah stereotip soal musik itu benar adanya?

Sebuah penelitian psikologi di Australia yang dilaksanakan pada tahun 2015 lalu, malah menunjukkan kesimpulan yang berbeda. Berdasarkan penelitian tersebut, sebagaimana dilaporkan ABC News, musik-musik ‘cadas’ seperti heavy metal justru disebut sebagai cara yang sehat untuk memproses amarah. Berbeda dengan anggapan umum, musik heavy metal yang keras dan ‘jedag-jedug‘ itu bahkan disebut-sebut baik untuk kesehatan mental. Wah berarti selama ini kita salah sangka ya guys, yuk lihat info selengkapnya bareng Hipwee News & Feature!

BACA Juga :   7 Tipe Cowok yang Paling Bikin Cewek Lelah Jiwa. Semoga Cowokmu Bukan Salah Satunya

1. Berdasarkan penelitian seorang psikolog, Stuart Cadwallader, 5 % dari 1000 remaja mengaku bahwa musik cadas dapat menghilangkan stres

Musik metal pengusir stres via www.elpaisdelosjovenes.com

Dari penelitiannya, biasanya para remaja setelah lelah bergelut dengan pelajaran mereka memilih untuk mendengar musik cadas seperti, Iron Maiden, AC/DC dan lainnya.

“Kami melihat kelompok dengan harga diri lebih rendah dari rata-rata yang tidak merasa cukup disesuaikan. Mereka merasa lebih tertekan dan beralih ke heavy metal sebagai cara menghilangkan stres itu,” jelas Cadwallader.

2. Mereka juga mengatakan dengan mendegar musik metal dapat membantu memperbaiki kesehatan mental seperti hubungan dengan keluarga dan persahabatan

Musik metal merubah mindset untuk semangat via dailyhealthpost.com

Bagi sebagian orang musik digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang nggak bisa diwakili dengan kata-kata. Jenis musik yang kita dengar itulah bentuk ekspresi diri kita. Menurut Cadwallader, mereka menjadikan musik metal sebagai media keterbukaan. Dengan begini kesehatan mental baik hubungan keluarga, kerabat, maupun sahabat akan berjalan baik.

“Dengan berbicara berulang kali secara langsung dengan para penggemar heavy metal muda, ditemukan bahwa identitas metal membantu mereka menghadapi tantangan lingkungan dan membangun identitas serta komunitas yang kuat dan berkelanjutan, sehingga merngurangi potensi masalah kesehatan mental,” ungkap Leah Sharman dan Dr Genevieve Dingle, lansiran Kompas.

 3. Cadwallader menambahkan bahwa para remaja tersebut menggunakan musik cadas sebagai moodbooster

Moodbooster dari musik bertempo cepat via www.waouhmag.com

Genre musik ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menaikkan mood. Energi yang dihasilkan dari musik metal memberi dorongan semangat.