Dua pemimpin Korea akhirnya bertemu, ini harapan Kim Jong-un

Posted on



Korea Selatan dan Korea Utara, dua negara serumpun beda ideologi politik ini punya sejarah konflik yang lumayan panjang. Selama ini keduanya saling kecam dan saling ancam satu sama lain. Kedua negara bahkan seolah siap berperang dengan menyiapkan angkatan bersenjata berkekuatan mumpuni.

Kekhawatiran akan pecahnya perang dua negara tetangga tersebut makin besar di masa kepeminpinan Kim Jong-un. Sikap keras nan kontroversial cucu dari pendiri Korea Utara tersebut menjadi alasannya. Ia kerap mengancam negara-negara tetangganya dengan proyek uji coba rudal jarak jauhnya. Ia juga sering mengeluarkan ancaman kepada Korea Selatan dan sekutunya.

Namun apa yang dikhawatirkan sepertinya tak akan terjadi. Jumat (27/4) Kim mendatangi Korea Selatan untuk membahas perdamaian dua Korea dengan koleganya, Moon Jae-in. Pertemuan keduanya berlangsung hangat dan cair. Kim yang sering terlihat galak bahkan sempat melempar canda kepada Moon. Ia meminta maaf karena sering membuat rakyat Korea Selatan cemas dengan program uji coba peluru kendali jarak jauhnya.

Kim berharap dapat mewujudkan perdamaian kedua negara yang punya sejarah konflik panjang. Lebih lanjut ia berharap dapat sering mengunjungi Korea Selatan di masa yang akan datang.

(brl/red)