Fungsi tak terduga angka ketinggian di plang stasiun kereta api

Posted on



Jika kamu perhatikan, di setiap papan stasiun selalu ada angka. Bukan sekadar angka, karena itu adalah penunjuk tinggi wilayah stasiun dari permukaan laut. Ternyata, keberadaan angka itu sudah ada sejak tonggak pertama pembangunan stasiun tersebut.

Menurut Humas Kerete Api Indonesia Daop VI, Eko Budiyanto, setiap stasiun baik besar maupun stasiun kecil di mana pun stasiun itu berada pasti ada tulisan sekian meter dari permukaan laut. “Jadi ini memang sejak zaman Belanda dulu sudah ada,” katanya.

Bagi orang awam, mungkin terlihat tak ada yang penting dari info angka ketinggian tersebut. Banyak dari kamu yang berpikir itu hanya untuk informasi ketinggian tempat saja. Di balik angka itu, ada fungsi penting khususnya bagi para masinis.

“Kalau fungsi dari kenapa harus ditunjukkan stasiun itu sekian meter dari permukaan laut itu menunjukkan lereng/kemiringan. Jadi masinis harus perhatian pada posisi stasiun mana dia berada,” terangnya.

Lebih lanjut, menurut Eko, ada fungsi edukasi bagi masyarakat yang tercantum di angka itu terutama untuk penumpang. Bagi KAI sendiri, keberadaan angka itu sangat penting. “Karena yang paling penting itu tadi jika dihubungkan dengan teknik dalam mengoperasikan kereta api dan posisi kereta ketika dia berada. Kalau di posisi cukup tinggi masinis harus menyesuaikan diri bagaimana harus mengendalikan kereta api,” terangnya.

Jadi sudah paham kan? Ternyata angka bukan sekadar angka.

(brl/nng)