Gara-gara Bom di Surabaya, Banyak Negara Keluarkan Travel Advice ke Indonesia. Miris Banget Deh

Posted on


Hari Minggu lalu jadi hari yang kelam bagi bangsa Indonesia. Betapa tidak, nuansa kerukunan beragama dikoyak oleh serangan teroris di 3 gereja di Surabaya. Kejadian luar biasa ini tentu jadi perhatian semua orang, tak terkecuali dunia internasional. Keamanan nasional yang dengan mudahnya diobok-obok teroris ini pasti jadi preseden buruk jelang digelarnya hajatan akbar, Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Efek dari kejadian Minggu kemarin, sudah banyak negara yang mengeluarkan travel advice ke Indonesia. Banyak negara pun kini was-was menyaksikan keamanan negeri ini yang dinilai cukup rawan. Mana saja negara yang memberikan travel advice? Yuk simak ulasan Hoopsbyjudy Travel kali ini.

Inggris pertama kali mengeluarkan travel advice kepada warganya yang sedang atau berencana berlibur ke Indonesia. Hal ini kemudian diikuti oleh Amerika dan Australia yang mengeluarkan rilis serupa

bom di surabaya via www.express.co.uk

“On 13 May 2018 there were explosions at three churches in Surabaya in East Java causing a number of deaths and casualties. The Embassy are in contact with the local authorities. If you’re in the area, you should monitor local media, exercise caution and follow the advice of local authorities.”

“Pada 13 Mei 2018 terjadi ledakan di 3 gereja di Surabaya, Jawa Timur, yang menyebabkan adanya korban jiwa maupun terluka. Kedutaan telah mengontak pihak yang berwenang. Jika Anda berada di dekat lokasi, Anda harus memantau berita di media lokal, berhati-hati, dan mengikuti arahan pihak yang berwenang,” begitu pernyataan pemerintah Inggris melalui The Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Beberapa negara yang warganya sering traveling ke Indonesia, satu persatu mengeluarkan travel advice setelah kejadian ledakan bom di 3 gereja di Surabaya, Minggu (13/5). Inggris jadi negara pertama yang mengeluarkan himbauan agar warganya hati-hati ketika berkunjung ke Indonesia. Menyusul Inggris, Amerika dan Australia juga mengeluarkan travel advice kepada warga negaranya. Amerika juga mengeluarkan himbauan untuk berhati-hati dan memonitor perkembangan terbaru. Sementara Australia menekankan agar warga negaranya berhati-hati jika berada di Bali dan Surabaya. Secara eksplisit, pemerintah Australia memperingatkan warganya akan meningkatnya resiko keamanan jelang bulan Ramadan.

Negara Asia pun ikut mengeluarkan travel advice ke Indonesia. Hong Kong dan Singapura menghimbau agar warga negaranya memantau situasi dan menjaga keselamatan diri

travel advice via travel.dream.co.id

Tak ketinggalan dengan Inggris, Amerika dan Australia, Hong Kong dan Singapura juga ikut memberikan travel advice. Intinya sih sama, menghimbau warga negaranya untuk memantau situasi, monitor perkembangan yang terjadi dan hati-hati di manapun berada. Mudah-mudahan sih nggak bertambah ya negara yang memberi travel advice, atau malah travel warning. Jangan sampai deh.

Apa sih bedanya travel advice dan travel warning? Seberapa besar dampaknya untuk pariwisata Indonesia?

turis asing di indonesia via lifestyle.okezone.com

Travel advice adalah atau saran bepergian adalah rilisan resmi pemerintah pusat kepada warga negaranya yang sedang atau ingin bepergian ke suatu negara. Travel advice sekadar berupa saran mengenai keamanan di suatu negara atau daerah, nomor penting untuk dihubungi, dan informasi terbaru. Sementara itu, travel warning adalah larangan bepergian yang dikeluarkan oleh suatu negara kepada warganya untuk berkunjung ke negara tertentu. Dua-duanya tentu berdampak pada kunjungan wisatawan karena keselamatan adalah hal yang paling utama dalam dunia pariwisata. Banyak turis yang takut untuk berkunjung jika negaranya sudah mengeluarkan travel advice bahkan travel warning. 

Gara-gara teroris, pariwisata Indonesia bisa tidak diminati oleh dunia internasional karena faktor keamanannya. Teroris sukses melakukan dua hal, membunuh manusia tak berdosa dan menakut-nakuti banyak orang termasuk turis yang ingin liburan ke Indonesia. Apalagi isu keamanan adalah isu yang paling penting dalam penyelenggaraan Asian Games, 3 bulan lagi. Mudah-mudahan pihak kepolisian bisa segera menangkap dalang di balik kejadian memilukan ini.

Betapa besar efek kerusakan yang telah mereka buat. Semoga mereka dihukum setimpal, kalau tidak di dunia ya di akhirat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya