Gunung Merapi alami letupan freatik, warga diimbau untuk tenang

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan asap tebal Jumat (11/5), sekitar pukul 07.40 WIB. Terdengar suara gemuruh di sekitar lereng Merapi. Asap tebal yang melambung tampak jelas hingga daerah Klaten dan Boyolali.

Dilansir Hoopsbyjudy dari Instagram @bpbdkabmagelang, tinggi kolom asap mencapai 5.500 m dari puncak. Hal ini menyebabkan hujan abu pada wilayah selatan tenggara.

Menurut BPBD Magelang, letupan yang terjadi pada Merapi ialah letusan freatik. Terjadinya letupan freatik dianggap normal pada sebuah gunung berapi. Oleh karena itu BPBD Magelang menegaskan kondisi Merapi aman dan normal.

Letupan freatik adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi karena pengaruh uap yang disebabkan sentuhan air dengan magma baik secara langsung ataupun tidak langsung. Letusan dari Erupsi Freatik mengeluarkan material padat yang terlempar akibat tekanan dari uap tadi. Gunung Merapi sendiri terakhir mengalami letupan freatik pada tahun 2013.

Meski demikian, BPBD Magelang mengimbau masyarakat menjauhi radius 5 km dari Merapi. Kini statusnya Level 1 Merapi Aktif Normal. Berikut beberapa fotonya.

foto: Instagram/@bpbdkabmagelang

foto: Hoopsbyjudy

foto: Hoopsbyjudy

foto: Hoopsbyjudy

foto: Hoopsbyjudy

foto: Hoopsbyjudy

 

(brl/tin)