Heboh cacing di sarden kalengan, ini 3 fakta yang wajib kamu tahu

Posted on

Brilio.net – Beberapa waktu lalu, media sosial sempat dihebohkan oleh sebuah video yang menunjukkan adanya cacing di dalam produk ikan sarden kalengan. Video yang diposting oleh pemilik akun Facebook, Lillian Luis pada Kamis 15 Maret 2018 ini pun menjadi viral dan diperbincangkan banyak orang.

Dalam status unggahan yang sudah dibagikan lebih dari 71 ribu kali itu, Lillian menceritakan bahwa ia hendak memasak sarden namun malah menemukan cacing ketika sarden dituangkan ke piring. Cacing tersebut ditemukan pada produk ikan sarden kalengan dengan merek Farmer Jack Mackerel.

Mendengar kabar ini, pihak dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kota Pekanbaru langsung memberi respons dan menindaklanjuti penemuan tersebut dengan melakukan inspeksi mendadak dan uji laboratium. Hasilnya menunjukkan sedikitnya ada tiga merek ikan sarden kalengan yang positif mengandung cacing.

BACA Juga :   9 Potret kemesraan Kevin Julio & Ghea Suketcha yang jarang terekspos

Dilansir dari hellosehat.com, Selasa (27/3), brilio.net sudah merangkum tiga fakta yang perlu diketahui seputar isu cacing di dalam sarden kalengan.

1. Tidak ada cacing di sarden kalengan, melainkan di beberapa produk ikan makarel kalengan.  

foto: cms.ctahr.hawaii.edu

Meski sama-sama produk ikan kalengan, namun menurut penjelasan pihak BPOM sebenarnya tidak ditemukan cacing di produk ikan sarden kalengan. Produk yang terdapat cacingnya ternyata adalah tiga merek ikan makarel kalengan.

Tiga merek ikan makarel yang mengandung cacing ini adalah Farmerjack, IO, dan HOKI. Ketiga produk ini telah ditarik dari peredaran karena tidak layak konsumsi.

2. Cacing dalam ikan makarel kalengan ini sudah mati.

BACA Juga :   Kabarnya Gedung Perkantoran Ini Dikosongkan Karena Keangkerannya. Ah, Masa Sih?