Heboh jaket Jokowi dihina, begini penjelasan sang seniman

Posted on

Brilio.net – Jaket denim yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat touring ke Sukabumi beberapa waktu lalu ramai menjadi perbincangan warganet. Jaket tersebut memiliki motif peta Indonesia di bagian depan dan pada bagian belakang tersusun kata ‘Indonesia’ di atas warna dasar bendera Indonesia, Merah Putih. Banyak pengguna media sosial yang melayangkan pujian pada motif jaket denim milik Jokowi tersebut.

Meskipun banyak warganet yang terkesima dengan penampilan Jokowi, sebuah akun Instagram @sr23_official justru mempermasalahkan motif peta Indonesia terbelah karena jaket yang dikenakan Jokowi tidak terkancing.

Unggahan akun tersebut pun sempat membuat anak sulung Jokowi, Gibran emosi lantaran tak hanya menghina orangtuanya tapi juga melecehkan karya anak bangsa. Kekesalan Gibran yang ia tuangkan di akun Instagramnya pun mengundang beragam reaksi warganet. Tak terkecuali para seniman yang membuat jaket tersebut.

BACA Juga :   Guys, Ini 15 Negara yang Paling Berbahaya Dikunjungi Buat Traveling. Pikir Lagi Deh Kalau Mau ke Sana!

Melalui akun Instagramnya, para seniman lukis tangan yang membuat hasil karya pada jaket denim Jokowi bernama Never Too Lavish akhirnya memposting video proses pembuatan dilengkapi dengan penjelasan filosofi pada motif-motif yang terdapat dalam jaket tersebut.

foto: Instagram/@nevertoolavish

Pada bagian depan menggambarkan peta Indonesia yang menggunakan nuansa Merah Putih. Yang bermaknakan negara kita Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau,” tulis @nevertoolavish pada keterangan captionnya yang menjelaskan filosofi pada gambar peta Indonesia di bagian depan jaket, seperti dikutip brilio.net, Selasa (10/4).

foto: Instagram/@nevertoolavish

Pada Bagian belakang tersusun kata “Indonesia” diatas warna dasar bendera Indonesia, Merah Putih dengan menyematkan keberagaman budaya di setiap hurufnya yaitu: Tarian Saman, Kain Sasirangan khas Kalimantan Selatan, Tarian yang berasal dari Bali, Wayang Kulit, Barong, Lompat Batu dari Nias, Candi Borobudur, Batik Benowo serta Budaya Papua,” lanjutnya menjelaskan filosofi gambar di bagian belakang jaket.

BACA Juga :   4 Proyek eksperimen tikus ini gila abis, ada yang glow in the dark

foto: Instagram/@nevertoolavish

Filosofi dari konsep ini adalah Bendera Merah Putih sebagai bendera Indonesia yang dapat menyatukan belasan ribu pulau dan keberagaman budaya yang ada di Indonesia,” imbuhnya memberikan penjelasan tentang makna Bendera Merah Putih.