Hei Mahasiswa Baru, 6 Saran ini Mesti Kamu Pertimbangkan Supaya Masa Kuliahmu Tak Berlalu Sia-sia

Posted on


Featured Image

Kata orang, masa SMA adalah yang paling indah terlewati. Barangkali kamu akan berubah pikiran ketika menempuh masa kuliah. Banyak hal yang bisa kamu lakukan karena segala kesempatan terbuka lebar.

Berkuliah dan hidup di perantauan akan memberikan banyak pengalaman bermanfaat yang kelak berguna untukmu. Namun, sejauh mana manfaat itu hanya kamu yang bisa menentukan sendiri. Masing-masing orang punya pengalaman dan tantangan berbeda. Kalau boleh Hoopsbyjudy beri saran, agar masa kuliahmu tak berlalu begitu saja ada baiknya kamu pertimbangkan 6 saran nakal dibawah ini.

1. Usahakan dapat IPK bagus di awal semester, agar setelahnya kamu bisa menyibulkan diri dengan kegiatan positif yang kamu sukai

Syaratnya rajin masuk dan tak absen kumpul tugas via unsplash.com

Pada semester awal, mata kuliah yang ditawarkan masih terbilang mudah meraih nilai kalau kamu benar serius mengikuti prosesi perkuliahan. IP yang bagus di awal semester ini akan berguna depannya karena nilai tersebut bisa menolongmu. Kamu tidak akan lagi kelabakan ketika mulai sibuk di semester selanjutnya. Kalau toh ada nilai B dan C dalam IPK karena kesibukan organisasi atau traveling bersama teman, IPK-mu tak akan berada di ambang batas.

2. Jangan berteman dengan mereka yang baik saja. Mereka yang nakal biasanya punya banyak wawasan dan link yang kelak berguna

Berteman dengan semua orang via unsplash.com

Banyak mahasiswa terlalu pemilih dalam berteman. Kebanyakan dari mereka suka terjebak dengan penampilan dalam menilai. Padahal mereka-mereka yang kamu anggap nakal seringkali adalah orang yang loyal dan setia dalam berteman.

Wawasan mereka juga biasanya luas karena pengalaman hidupnya sudah banyak. Tak ada salahnya berteman dengan mereka. Ambil yang baik-baik saja, yang buruk dibuang. Toh yang punya kehendak untuk bertindak baik atau buruk adalah dirimu sendiri bukan orang lain.

3. Jangan bangga atau minder dengan universitas tempatmu kuliah. Universitas tak akan menentukan kesuksesanmu

Kesuksesan diukur berdasar kemampuan via www.pexels.com

Banyak orang yang membangga-banggakan universitasnya dengan merendahkan yang lain. Tak jarang mereka yang direndahkan akhirnya minder hanya karena kuliah di universitas swasta. Hey! Gini lho! Kesuksesan tak ditentukan hanya berdasar pada universitas di mana kamu menempuh kuliah, melainkan dari bagaimana pengetahuan dan kemampuan yang kamu miliki.

Percuma ijazahmu kalau kamu tidak punya keahlian. Buktinya banyak lulusan universitas ternama yang menganggur, dan sebaliknya yang dari universitas biasa justru sukses dalam berkarir.

4. Nilai bukan segalanya, pemahaman yang utama. Jangan takut IP jelek kalau terlalu sibuk berorganisasi

Pemahaman via www.pexels.com

Sedikit klise namun ampuh sebagai bahan kontemplasi. Buat apa punya nilai bagus tapi bukan dari hasil kerjaan sendiri alias menyontek. Buat apa lulus cepat namun skripsi hasil jiplakan. Banyak kesalahan pada mahasiswa yang berjuang mati-matian untuk mendapat nilai baik tapi dengan cara yang salah.

Sekilas, hasil tersebut memuaskan namun sejatinya itu tak lebih dari sekedar pepesan kosong. Waktumu sia-sia untuk membanggakannya karena itu tak akan berguna sebab dalam hidup yang terpenting bukan seberapa bagus nilaimu namun seberapa paham.

5. Cuti kuliah nggak selamanya buruk. Beri waktu jeda untuk dirimu sendiri supaya kamu siap lulus dan mulai melangkah menuju dunia yang sesungguhnya

Cuti? via www.pexels.com

Rutinitas kuliah yang monoton acapkali membuat mahasiswa jenuh. Ketika pikiran manusia sudah jenuh rasanya mau melakukan apa saja malas, mau dipaksain juga hasilnya buntu. Maka dari itu ketika kamu sedang dalam fase itu, tak ada salahnya untuk kamu rehat terlebih dahulu dengan mengambil cuti. Gunakan sebaik-baiknya untuk menyederhanakan lagi pikiranmu. Kalau pikiran segar niscaya apapun yang kamu lakukan akan berguna.

Sekarang kamu sudah menapaki jenjang perkuliahan, waktu di mana kamu harus benar-benar mandiri, mengurus segala sesuatunya sendiri di tanah rantauan. Jauh dari orangtua menuntutmu menjadi lebih dewasa. Dan dengan beberapa saran di atas semoga masa kuliahmu menjadi lebih berkesan dan berguna.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya