Hindari 5 makanan ini saat sahur kalau tidak mau kehausan saat puasa

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Bagi sebagian orang hal terberat yang dirasakan saat berpuasa bukanlah menahan rasa lapar, melainkan harus menahan rasa haus selama seharian. Belum lagi jika orang tersebut mempunyai aktivitas yang cukup menguras tenaga atau berada di luar ruangan.

Menahan rasa haus memang menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang selama berpuasa. Tapi tahu nggak sih ternyata selain karena tidak adanya asupan cairan selama hampir seharian, rasa haus dapat semakin terasa karena jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Beberapa jenis makanan ini justru bakal membuat kamu merasa lebih haus saat berpuasa dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya. Lalu apa saja ya jenis-jenis makanan tersebut?

Berikut 5 jenis makanan yang perlu kamu hindari jika tidak mau kehausan saat berpuasa yang dirangkum Hoopsbyjudy dari resepkoki.id, Senin (4/6).

1. Makanan pedas.

foto: nasikotakwawes.com

Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas dan merasa mulut terasa terbakar tentunya kamu bakal mencari minuman untuk meredakan rasa pedas tersebut. Hasrat untuk minum pun akan semakin meningkat saat kamu kepedasan. Nah kamu pasti nggak mau dong merasakan hal ini saat berpuasa? Untuk itu, ada baiknya menghindari makanan-makanan pedas saat sahur. Tidak hanya membuat kamu cepat haus, makanan pedas juga berpotensi menaikkan asam lambung.

2. Makanan yang terlalu manis.

foto: bango.co.id

Makanan manis atau yang mengandung gula dianggap dapat memberikan asupan energi selama berpuasa. Akan tetapi mengonsumsi makanan manis terlalu banyak saat sahur ternyata justru dapat membuat kamu cepat merasa haus. Salah satu jenis makanan manis yang sering dikonsumsi adalah nasi putih yang memiliki kandungan glukosa cukup tinggi. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengurangi porsinya saat sahur atau menggantinya dengan nasi merah yang merupakan karbohidrat kompleks dan rendah gula.

3. Makanan mengandung MSG dan kadar garam tinggi.

foto: zonamakan.blogspot.com

Sudah menjadi pengetahuan umum jika makanan bercita rasa gurih dan asin memang dikenal dapat membuat cepat haus. Maka dari itu ada baiknya kamu mengurangi mengonsumsi jumlah makanan gurih dan asin saat sahur. Tapi bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan garam dan menyantap makanan gurih sama sekali lho ya. Cukup dengan memperhatikan keseimbangan menu sahur dan mengurangi jumlah makanan gurih yang kamu konsumsi saja.

4. Makanan bersantan.

foto: dapurku.co.id

Makanan bersantan biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga dapat membuat cepat merasa lelah dan haus saat berpuasa. Selain itu, sama seperti makanan pedas, makanan bersantan juga memiliki potensi menaikkan asam lambung jika dikonsumsi saat sahur. Makanan bersantan yang perlu dihindari saat sahur adalah makanan yang kandungan santannya cukup tinggi, seperti opor, gulai dan rendang.

5. Minuman berkafein.

foto: rd.com

Bukan hanya makanan saja yang perlu dihindari, ternyata jenis minuman berkafein pun perlu untuk dihindari saat sahur. Minuman berkafein seperti teh, kopi dan cokelat ini bersifat diuretik pada tubuh, yang dapat meningkatkan kebutuhan kamu untuk buang air kecil. Sehingga banyak cairan dalam tubuh yang terbuang dan kemudian membuat tubuh merasa kekurangan air dan membutuhkan air minum.

 

 

(brl/red)

WHAT DO YOU THINK