Identik dengan kaki lima, 4 makanan khas Indonesia ini sudah mendunia

Posted on

Brilio.net – Tak hanya dikenal karena kebudayaannya yang beragam. Indonesia juga mendapat tempat di hati masyarakat dunia karena kulinernya yang khas. Kaya akan rempah dengan racikan yang khas membuat banyak orang ingin menikmati rasa lezatnya. Sudah bukan rahasia lagi, jika Indonesia dikenal memiliki aneka ragam kuliner yang melegenda dan sayang banget buat dilewatkan. Setiap kota atau daerah memiliki kuliner khas yang beraneka ragam. Baik dari segi rasa, bentuk, bahan hingga cara pengolahannya.

Tak cuma populer di negeri sendiri, banyak masakan khas Nusantara yang sudah sampai mancanegara. Bukan cuma wisatawan asing yang sedang ke sini yang merasa jatuh cinta dengan kuliner Indonesia, tapi juga sudah banyak makanan Indonesia yang dijajakan di negara lain.

BACA Juga :   Kecelakaan lalu lintas paling parah, bikin 47 tulang pria ini patah

Uniknya, tak cuma menu mewah dengan harga fantastis, di antara jenis menu yang menjadi primadona di mancanegara adalah makanan yang biasanya dijajakan oleh penjual kaki lima. Yup, makanan yang biasa dijual di pinggir jalan itu memang nggak kalah lezat dari resto. Nah, berikut brilio.net rangkum, aneka kuliner Indonesia yang biasa dijajakan di kaki lima kini naik kelas hingga mancanegara.

1. Batagor

Foto: Instagram/@jogjaculinary

Bakso tahu goreng atau yang kerap disingkat batagor, merupakan makanan asal Bandung yang telah mendunia. Padahal makanan yang terbuat dari tahu diisi dengan adonan ikan tengiri ini biasa dijajakan di pinggir jalan dengan gerobak sederhana. Usaha batagor ‘Yoel’s’ di Kota Cimahi salah satunya. Produknya sudah diimpor sampai ke Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Taiwan, Qatar, Australia, dan Kanada.

BACA Juga :   Jadi sepasang kekasih di film, ini 8 pose mesra Aura Kasih-Morgan Oey

Ketenaran penganan ini membuat salah satu resto Indonesia di kota Seattle, Amerika Serikat, juga menjual penganan ini. Menu batagor lezat juga sudah hadir di restoran Nusantara, Berlin, Jerman. Di New York, sebuah resto bernama Bali Nusa Indah juga menyajikan menu batagor.

 

2. Penyetan

Foto: Instagram/@jogjabikinlaper

Di mana pun, menu satu ini selalu menjadi primadona. Terutama olahan ayam penyet. Mulai dari anak kuliahan hingga pekerja kantoran menyukainya. Makanan yang harganya cukup terjangkau ini rasanya bertambah lezat ketika dipadukan dengan sambal yang pedas. Nggak cuma jadi favorit orang Indonesia, penyetan juga sudah sampai mancanegara lho. Sebut saja, Ayam Penyet Ria yang sudah bertumbuh pesat di beberapa daerah di Indonesia dan mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Australia dan Hongkong. Ada juga D’Penyetsz yang sudah mempunyai outlet di Malaysia, Brunei, dan Myanmar.